Pinhome

Kesehatan

Intip Khasiat Ampuh Kapur Barus untuk Tubuh!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Punya persediaan kapur barus di rumah? Kapur barus atau yang biasa kita kenal sebagai kamper ternyata memiliki banyak manfaat lho, Pins! Umumnya, kapur barus digunakan untuk pengharum kamar mandi, mencegah pertumbuhan jamur di lemari, menghilangkan bau sepatu bahkan mengusir serangga di rumah kamu. Tapi nyatanya, kapur barus juga memiliki khasiat bagi tubuh. Apa saja?

Kapur barus berasal dari pohon kapur barus atau Cinnamomum camphora. Kapur barus alami hanya dapat digunakan untuk mengusir serangga. Namun, kapur barus yang dijual di pasaran juga memiliki aroma yang dapat menghilangkan bau tak sedap. Tahukah kamu, ternyata kapur barus mempunyai khasiat buat kesehatan kita. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah khasiat kapur barus yang sudah dirangkum oleh Pinhome untuk kamu.

Manfaat Kapur Barus Bagi Kesehatan

Mengatasi gangguan pernapasan

Bagi Pins yang mempunyai gangguan pernapasan, kamu bisa gunakan kapur barus untuk meredakannya. Caranya rebuslah kapur barus, setelah mendidih hiruplah uapnya. Uap tersebut dapat menghilangkan sesak yang disebabkan oleh lendir atau dahak. Kapur barus memiliki sifat dekongestan yang dapat membuka aliran udara pada saluran pernapasan yang terganggu. Selain meredakan gangguan pernapasan kapur barus juga dapat membantu mengobat flu, asma, bronkitis atau sinus.

Menghilangkan rasa gatal

Kapur barus dapat menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Caranya dengan campurkan kapur barus dengan air, lalu oleskan larutannya pada permukaan kulit yang merah atau bintik – bintik.

Baca juga: 5 Fungsi Kapur Barus Yang Harus Kamu Ketahui

Menyembuhkan luka bakar

Kapur barus dapat menyembuhkan luka bakar. Caranya mudah, campurkan kapur barus dengan air lalu biarkan mengental. Pins bisa oleskan krim secara rutin pada bagian kulit yang terbakar. Kapur barus membantu luka bakar cepat mengering dan membantu kulit membentuk jaringan baru.

Mengurangi rasa sakit pada sendi

Kapur barus dapat mengurangi rasa nyeri pada otot yang disebabkan rematik maupun keseleo. Pins bisa campurkan kapur barus dengan minyak kelapa, setelah itu gunakan untuk memijat bagian tubuh yang nyeri, jika dilakukan secara berkala maka dapat membantu permasalahan syaraf lho, Pins.

Melembabkan kulit yang kering

Jika kaki kamu kering, kamu bisa gunakan kapur barus untuk melembabkan kulit. Caranya, dengan melarutkan kapur barus dengan air, lalu rendam kaki dan gosok menggunakan bath sponge agar sel-sel kulit mati kamu terkelupas. Lakukan satu minggu sekali.

Menghilangkan infeksi jamur pada kuku

Kulit pada jari kaki merupakan bagian kulit yang paling rentan terkena infeksi jamur. Infeksi jamur ditandai dengan kuku yang mengeras dan warna yang mulai mengusam. Campurkan kapur barus dengan cairan lemon, minyak kayu putih, atau mentol terlebih dahulu lalu oleskan pada kuku yang terinfeksi jamur.

Menyehatkan rambut

Kapur barus memiliki khasiat kecantikan juga lho Pins, yaitu dapat menyehatkan rambut kamu. Campurkan kapur barus dengan minyak kelapa lalu oleskan dengan sedikit pijatan pada kulit kepala. Campuran ini membuat rambutmu tidak mudah rontok dan bercabang. Kapur barus dapat meningkatkan peredaran darah sekitar kulit kepala dan memberi nutrisi pada folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.


Ternyata kapur barus punya banyak fungsi kesehatan ya Pins, semoga artikel ini membantu!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel