BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Hiasan di Ruang Tamu Minimalis yang Simpel
0
0

15 Hiasan di Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 30, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
hiasan ruang tamu minimalistop-right-banner

Salah satu bagian dalam rumah yang paling pertama di lihat adalah ruang tamu. Ruang tersebut menjadi ruang dimana kesan akan sebuah rumah terlihat. Walau tidak sedikit pula yang menjadikan ruang tamu sebagai ruang keluarga, namun ruang tersebut biasanya didesain menarik agar tampilan rumah sedap dipandang. Hiasan di ruang tamu minimalis menjadi penyelamat untuk ruang tamu yang menarik.

Apa Pins pernah mendatangi suatu rumah tanpa adanya hiasan dinding dalam ruang tamu? Sebagian besar penghuni pasti memilikinya walaupun bisa dikatakan minim. Hiasan di ruang tamu minimalis misalnya, bisa dibuat tanpa pajangan maupun benda-benda. Dekorasi yang menarik pun dapat membuat ruang tamu milikmu mampu mencuri perhatian.

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu wajib tahu fitur terbaru Pinhome yaitu PinValue yang memungkinkan kamu mencari tahu harga estimasi properti. Bagi kamu yang sedang mencari hunian secondary seperti rumah bekas di Bekasi di Bekasi Timur Regency 5 ataupun rumah di Mutiara Gading City bisa menggunakan fitur ini.

Baca juga:

Referensi Hiasan di Ruang Tamu Minimalis

Apa saja dekorasi hiasan di ruang tamu yang cocok ditempatkan dalam hunian? Berikut ini beberapa referensi yang bisa kamu lakukan untuk ruang tamu di hunian mu:

1. Hiasan DIY di Ruang Tamu

hiasan ruang tamu minimalis
Source : The Spruce

Penggunaan barang-barang bekas pakai maupun yang dibuat sendiri sedang marak akhir-akhir ini. Selain mengurangi dampak pencemaran lingkungan, hiasan tersebut dapat membuat rumah yang monoton terlihat unik. Material yang tidak biasa digunakan, dapat menjadi hal istimewa ketika dipajang pada dinding ruang tamu. 

Coba selaraskan dengan perabot di dalamnya, agar tampilan lebih maksimal. Seperti penggunaan bahan rotan pada ruang tamu di atas, terlihat homey dan nyaman bukan? Kamu pun bisa menggunakan kreasi yang lebih simpel buatan tangan seperti seni makrame dari bahan tali. Kerajinan tangan satu ini cocok ditempatkan pada hunian rustic pula lho!

Baca Juga:

2. Lukisan Unik yang Menarik Perhatian

Source : Spacejoy

Nah, hiasan dinding di ruang tamu minimalis bisa mencuri perhatian dengan lukisan unik dan menarik. Baik gambar artistik maupun tulisan kaligrafi bisa Pins sematkan disana. Tambahkan beberapa aksesoris dengan warna senada seperti karpet, tanaman hias, maupun rak buku serbaguna.

Hal tersebut akan membuat ruang tamu milikmu nyaman dan tamu betah berlama-lama disana. Apa hal ini menjadi merugikan? Pins jangan sengaja menghias ruang tamu dengan sembarangan untuk menjauhi tamu ya datang lho

3. Hiasan Kaca Agar Lebih Luas

hiasan ruang tamu minimalis
Source : Spacejoy

Sering melihat kaca menjadi hiasan dinding dalam hunian? Penggunaan material kaca pada hunian selain dapat menimbulkan kesan modern juga dapat membuat ruang terlihat lebih luas, apalagi bila kaca yang dipasang berukuran besar. Dalam desain kontemporer bergaya elegan pun kaca bisa kamu gunakan. 

Kaca dengan bentuk lingkaran misalnya, padukan dengan perabot berwarna mencolok yang berpenampilan elegan. Ini akan membuat ruang tamu sempurna. Walau tetap minimalis, namun ruang terlihat mewah. Tidak hanya sampai disitu Pins, kaca pun bisa ditempatkan sebagai dekorasi lewat partisi ruangan. Partisi berbahan kaca pun mampu meyamarkan ruang di dalamnya. Kamu bisa menjaga privasi untuk ruang keluarga agar tidak terlihat oleh tamu.

Baca juga:

4. Permainan Warna Cat dinding

Source : Spacejoy

Hunian minimalis erat kaitannya dengan penggunaan warna monokrom. Hitam putih menjadi warna dominan yang biasanya berada pada tampilan rumah baik eksterior maupun interior. Hiasan di ruang tamu pun tidak hanya sekedar hal-hal yang dipajang saja, penggunaan warna cat dinding juga termasuk di dalamnya. 

Seperti penggunaan warna cat dinding hitam. Meskipun banyak yang tidak menyukainya karena terkesan panas dan gelap, ruang tamu dengan cat hitam pasti akan mencuri perhatian para tamu. Apalagi bila Pins mengetahui penempatan terbaik dan perpaduannya dalam ruang, justru ruang tamu milik Pins akan terlihat simpel namun tetap nyaman.

5. Taman Vertikal

hiasan ruang tamu minimalis
Source : Apartmenttherapy

Pajangan dinding, hingga pewarnaan dinding sudah dibahas, kini saatnya menggunakan hiasan yang menimbulkan suasana sejuk dan asri dalam ruang yaitu menggunakan tanaman hias. Tanaman tersebut dapat Pins buat dengan desain vertikal maupun berada pada sudut-sudut ruang.

Salah satu contoh menarik untuk penerapan desain ini adalah jumlah tanaman yang sebanding dengan luas ruang. Jangan sampai ruang tamu mu penuh dengan tanaman yang justru akan membuat tidak nyaman. Pastikan tampilannya simpel namun tetap menarik ya!

Baca juga: 

6. Karpet Lembut Berwarna Mencolok

Source : Apartmenttherapy

Nah, ada lagi nih Pins! Hiasan menarik dalam ruang tamu yang biasanya terlupakan. Karpet ruang tamu yang cenderung menjadi pijakan justru dapat dibuat mencolok dengan desain yang tidak biasa. Hal ini bisa Pins padukan dengan perabot minimalis yang simpel. 

Karpet akan menjadi pusat perhatian dalam dekorasi ruang tamu. Salah satu contoh pengaplikasiannya adalah perpaduan warna pelangi pada karpet dengan furnitur warna polos berwarna abu-abu, krem maupun putih gading.

Usahakan untuk membuatnya tetap nyaman dengan penambahan bantal-bantal sederhana yang bisa dipakai pada karpet maupun sofa sehingga bila teman dekatmu hadir, kalian bisa lesehan di bawah sambil menyantap cemilan ringan.

Baca juga:

7. Rak Koleksi Miniatur

hiasan ruang tamu minimalis
Source : Apartmenttherapy

Tidak hanya tampil di ajang pencarian bakat, ruang tamu pun bisa menjadi ajang tampil barang-barang koleksi milik kamu. Kamu yang mempunyai kegemaran mengoleksi barang unik, bisa kamu pajang dengan rapi pada rak yang tersedia di dalam ruang tamu. Usahakan untuk membuat rak dengan desain simpel agar koleksimu lebih menonjol.

Namun, agar koleksi milikmu tidak gampang berdebu dan kotor, Pins bisa menambahkan penutup kaca pada rak. Apalagi bila barang-barang tersebut berukuran kecil, ada baiknya menggunakan penutup ya.

8. Memajang Foto di Dinding

Source : Unsplash

Foto adalah hiasan dinding yang mungkin paling sering kamu temukan di dalam banyak rumah. Pins dapat mempercantik ruang tamu dengan menempel beberapa pigura yang berisikan foto diri sendiri, keluarga, kolega, atau lainnya di dinding. Usahakan untuk menggunakan pigura dengan warna yang senada agar lebih seragam.

Foto yang ditempelkan di dinding ini akan membuat dinding ruang tamu lebih hidup dan menambah nilai estetik pada ruang.

Baca Juga: Rekomendasi Partisi Ruang Tamu Sebagai Penyekat Antar Ruang

9. Memajang Lukisan

Source : Amazon

Inspirasi hiasan di ruang tamu minimalis modern selanjutnya adalah lukisan. Sama seperti foto, lukisan juga menjadi salah satu hiasan dinding yang paling sering digunakan untuk menghias dinding ruang tamu. Lukisan dalam ukuran kecil hingga besar, lukisan makhluk hidup, benda mati hingga lukisan abstrak dapat Pins gunakan untuk ruang tamu.

Hiasan dinding ini dapat menambah nilai estetika pada ruang tamu kamu. Selain itu, lukisan juga dapat menjadi solusi bagi Pins yang membutuhkan hiasan di ruang tamu kecil.  Pins dapat juga dapat membuat lukisan sendiri agar lebih hemat dengan menggunakan kanvas dan cat air untuk melukis.

Baca Juga: Simak 8 Desain Ruang Tamu Minimalis Yang Bikin Kamu Betah Di Rumah

10. Kata-Kata Motivasi

Source : Ubuy Indonesia

Selain foto dan lukisan, hiasan di ruang tamu minimalis modern lain yang dapat Pins coba adalah quotes atau kata-kata mutiara. Mirip dengan foto, biasanya hiasan dinding ini dimasukkan ke dalam pigura agar lebih rapi.

Pins dapat menemukannya dengan mudah di berbagai toko dekorasi rumah atau toko online. Tidak hanya toko, Pins bahkan juga dapat membuatnya sendiri lho! Pins hanya perlu mencari kata-kata mutiara yang ingin Pins pajang di dinding kemudian print menggunakan kertas HVS atau kertas karton HVS. Jangan lupa untuk siapkan pigura untuk membuat quotes yang akan dipajang menjadi lebih rapi.

11. Memasang Stiker

Source : Tenstickers Indonesia

Inspirasi hiasan di ruang tamu minimalis modern selanjutnya adalah stiker. Ya, stiker memang sering digunakan untuk menghias dinding, tidak hanya pada ruang tamu namun juga pada ruangan lain seperti kamar tidur. Stiker sangat cocok bagi Pins yang mencari dekorasi hiasan di ruang tamu kecil, karena tidak membutuhkan ruangan yang cukup luas. Caranya tempelnya yang mudah dan praktis juga sangat mempermudah kamu yang ingin hiasan di ruang tamu simple.

Nah kamu dapat mencoba cara yang satu ini agar membuat dinding ruang tamu lebih ramai dan hidup. Usahakan pilih stiker yang berwarna netral gelap agar membuat stiker lebih menyatu dengan konsep warna ruang tamu.

12. Kolase

Hiasan Dinding Ruang Tamu
Source : Pinterest

Kolase merupakan karya seni rupa yang dibuat dari tempelan potongan, pecahan atau kepingan berbagai benda menjadi suatu bentuk tertentu. Tempelan potongan ini dapat berupa daun, bunga, kain, kaca, biji-bijian, foto, majalah dan masih banyak lagi. Pins dapat menempelkan kolase-kolase sebagai hiasan dinding ruang tamu kamu agar lebih estetik.

Kolase bisa menjadi solusi bagi Pins yang membutuhkan hiasan dinding ruang tamu kecil dengan harga yang terjangkau. Hal ini karena Pins dapat membuat kolase sendiri tanpa harus membelinya di toko dekorasi rumah. Pins dapat menyiapkan bingkai dan latar yang terbuat dari karton. Kumpulkan potongan, pecahan atau kepingan yang ingin Pins tempelkan ke dalam kolase. 

13. Dekorasi Ambalan

Source : Pinterest

Ambalan seringkali dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang kecil seperti foto, aneka pajangan cinderamara, patung kecil, dan aksesoris pemanis ruangan lainnya. Biasanya letaknya menempel pada dinding yang cukup tinggi sehingga memberikan kesan melayang.

Ambalan tidak harus mahal dan kamu pun bisa membuatnya sendiri. Usahakan tidak terlalu ramai hiasan yang akan dipajang agar tetap memberikan kesan yang bersih dan ambalan tidak menanggung beban yang berat.

14. Lampu LED

Source : LovePROPERTY

Lampu LED seringkali dijadikan hiasan di ruang tamu yang minimalis bagi generasi milenial dewasa ini. Selain bentuknya yang kecil, berupa light strips, LED sangat mudah di aplikasikan dan disembunyikan agar tidak langsung terlihat. LED ternyata berperan besar dalam menentukan nuansa ruang. Pilihan varian warna lampu yang mudah diatur akan membuat hiasan satu ini lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan mood kamu.

15. Makrame

Source : Popbela

Teruntuk Pins yang memiliki model rumah dengan nuansa bohemian atau natural, mungkin bisa mencoba makrame sebagai salah satu alternatif hiasan di ruang tamu minimalis yang murah tapi indah. Makrame sendiri meruaka sebuah kerajinan tangan berupa tali temali yang dibentuk sedemikian rupa menjadi pola dan bentuk yang beragam.

Itulah 15 hiasan di ruang tamu minimalis yang dapat Pins aplikasikan pada hunian. Ada baiknya untuk menampilkan dekorasi yang simpel agar ruang tidak terlihat penuh dan sesak. Ingat, kesan pertama interior rumah dapat terlihat dari ruang tamu lho Pins! Jadi usahakan untuk membuatnya tidak berlebihan ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Source Feature Image: Pexel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download