Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Apakah Memberi Insentif Adalah Pilihan yang Tepat?

Finansial

Apakah Memberi Insentif Adalah Pilihan yang Tepat?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Bagi seorang karyawan, insentif termasuk salah satu kata favorit dan paling ditunggu-tunggu. Insentif adalah sebuah kabar gembira bagi siapa pun karena hal ini menjadi bukti bahwa seseorang telah bekerja dengan baik di sebuah perusahaan. Pemberian insentif akan membuat karyawan merasa dihargai atas pekerjaan yang telah dilakukan.

Pinhome – Pada dasarnya, insentif merupakan sebuah berbagai hal yang bisa didapatkan karyawan di luar gajinya. Pihak perusahaan akan memberikan keuntungan ini setelah melihat kinerja dari pegawainya. Apabila karyawan tersebut bekerja dengan baik, maka ada kemungkinan bahwa perusahaan akan memberikan insentif.

Baca Juga: Tips Menabung Untuk Milenial Agar Bisa Membeli Rumah

Hal yang perlu dipahami yaitu bahwa pemberian intensif tidak hanya dilihat dari pekerjaan yang telah dilakukan. Ada berbagai pertimbangan lain yang dilakukan sebelum membuat keputusan tersebut. Selain itu, insentif juga ternyata menguntungkan bagi perusahaan, lho!

Yuk, Pins lebih mengerti tentang insentif, jenis-jenisnya, serta efektivitas dari pemberiannya!

Mengerti Apa Itu Insentif

(Investopedia)

Setiap orang pasti ingin usaha yang dilakukannya dihargai oleh orang lain. Tak terkecuali seorang karyawan yang bekerja kepada perusahaan. Walaupun seorang pekerja sudah mendapatkan gaji, sebuah bonus di luar itu akan memberikan rasa dihargai karena mendapat imbalan atas kinerja yang telah dilakukan.

Karyawan yang merasa kerja kerasnya dihargai menjadi lebih termotivasi sehingga akan meningkatkan produktivitasnya. Hal ini sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI mengartikan insentif sebagai tambahan penghasilan baik berupa uang, barang, atau lainnya yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja.

Walaupun gaji dan insentif memiliki pengertian yang sedikit mirip yaitu sebagai balasan jasa kepada karyawan, keduanya tetaplah berbeda. Gaji merupakan hak seorang pekerja dan harus dibayarkan oleh perusahaan. Besarannya pun sudah ditentukan sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak. Sedangkan insentif adalah bonus di luar gaji dan jumlah serta waktu pemberiannya tidak menentu.

Jenis-jenis Insentif

(Business News Today)

Baca Juga: Ini Keuntungan Jadi Rekan Pinhome Biar Makin Sukses Di Tahun 2021!

Banyak orang yang mengira bahwa insentif diberikan dalam bentuk uang dan dikirimkan langsung ke karyawan. Hal tersebut tidaklah salah, namun kenyataannya ada banyak jenis insentif yang diberikan perusahaan. Secara umum, bonus ini dibagi menjadi dua yaitu:

  • Insentif Finansial

Sesuai dengan namanya, insentif finansial merupakan imbalan yang diberikan dalam bentuk uang di luar gaji karyawan. Bentuk dari insentif ini juga berbeda-beda, bisa cash langsung atau kebutuhan finansial lainnya yang menyangkut kesejahteraan karyawan seperti jaminan hari tua, asuransi kesehatan, rekreasi, dan sebagainya.

  • Insentif Non Finansial

Jenis insentif berikutnya yaitu non finansial yang terkadang juga disebut sebagai insentif immaterial. Insentif immaterial adalah bentuk imbalan lain yang diberikan perusahaan di luar keuangan. Seorang karyawan bisa memperoleh insentif jenis ini dalam bentuk pemberian title, promosi jabatan, atau lingkungan kerja.

Banyak orang yang tidak menyadari tentang insentif non finansial ini. Padahal, keberadaan imbalan jenis ini sangatlah penting baik bagi karyawan maupun perusahaan. Misalnya saja yaitu hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. Tanpa adanya hal ini, karyawan tidak akan nyaman bekerja dan bisa berakhir dengan resign. Keluarnya pekerja tersebut tentunya juga berdampak negatif ke perusahaan.

,

Manfaat Pemberian Bagi Karyawan dan Perusahaan

(Deakin University)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, insentif memiliki manfaat baik untuk karyawan maupun perusahaan. Keuntungan kedua pihak tersebut saling berhubungan dan berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas serta kemampuan.

  • Manfaat untuk Karyawan

Insentif bertindak sebagai sebuah pemacu semangat bagi karyawan. Hasil tambahan yang diperoleh akan meningkatkan motivasi bagi pekerja sehingga kinerjanya pun juga akan semakin baik. Insentif adalah hal yang penting untuk diberikan jika perusahaan ingin karyawannya untuk tetap produktif.

Di samping motivasi, insentif juga merupakan bentuk nyata dari balas jasa yang diberikan perusahaan. Seorang karyawan yang kinerjanya dihargai akan berpikir bahwa kerja kerasnya terbalas. Hal ini akan meningkatkan kualitas pekerjaan yang dilakukan dengan harapan bahwa pekerja bisa mendapatkan pendapatan tambahan.

  • Manfaat untuk Perusahaan

Bagi perusahaan, pemberian insentif kepada karyawan akan memiliki efek yang baik. Pekerja akan lebih bekerja keras atau bahkan bersaing dengan karyawan lain supaya bisa mendapatkan penghasilan lebih. Hal ini tentunya akan memberi dampak positif bagi perusahaan karena memiliki pekerja yang giat.

Pekerja yang mendapat insentif akan memiliki etos kerja yang lebih baik. Hal ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan karena karyawannya menjadi lebih disiplin dalam bekerja.

Mengefektifkan Insentif

(LinovHR)

Insentif adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan sehingga perusahaan juga mendapatkan manfaatnya. Namun, di sisi lain, pemberian bonus ini juga memiliki risiko apabila tidak diterapkan dengan baik. Pemberian insentif kemudian tidak lagi menguntungkan namun memberi kerugian bagi perusahaan.

Hal yang mungkin akan sering muncul ketika membahas tentang insentif yaitu tolak ukur yang diberikan perusahaan. Karyawan harus mengetahui standar kompensasi yang diberikan karena hal ini akan menjadi masalah apabila ada pekerja lain yang mendapatkan insentif lebih tinggi. Jika perusahaan tidak memberikan standar yang jelas, sistem bonus bisa menurunkan kinerja pegawai karena munculnya kecurigaan dan kecemburuan.

Supaya perusahaan tidak menderita kerugian akibat sistem insentif yang tidak efektif, ada beberapa hal yang bisa diperhitungkan ketika memberikan bonus kepada karyawan, di antaranya yaitu:

  • Melihat kinerja serta prestasi yang didapat oleh karyawan. Ketika ada seorang pegawai yang berhasil menyelesaikan sebuah proyek besar dengan sukses, maka perusahaan bisa memberikan insentif sesuai dengan capaian tersebut.
  • Efisiensi pekerja ketika menyelesaikan tugasnya juga bisa menjadi pertimbangan lain. Setiap orang memiliki kecepatan yang berbeda dan pekerja yang pekerjaannya lebih efisien berhak mendapatkan bonus.
  • Pertimbangan lainnya bisa dilihat dari jabatan atau senioritas karyawan. Perusahaan bisa mempertimbangkan kualitas hidup karyawan berdasar jabatan yang dipegang di perusahaan.
  • Memberikan insentif secara layak dan adil merupakan hal yang paling penting. Jangan sampai pegawai merasakan ketidakadilan yang akan menjadi bumerang bagi perusahaan.

Pemberian insentif ternyata tidak hanya bermanfaat bagi karyawan namun juga berguna untuk perusahaan. Yuk, Pins lebih semangat bekerja supaya bisa mendapatkan bonus ini!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel