Pinhome

Uncategorized

Inilah Ukuran Kamar Tidur yang Ideal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kamar tidur merupakan ruangan yang sangat pribadi di dalam rumah. Kamar tidur juga ruangan yang bukan hanya dijadikan untuk beristirahat, namun banyak aktivitas yang dapat dilakukan di dalam tempat tidur. Maka kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin untuk membuat pemiliknya betah melakukan aktivitasnya dalam kamar tidur, seperti menentukan ukuran kamar, perabotan di dalam kamar dan fasilitas lainnya.

Menentukan ukuran untuk membuat kamar tidur yang ideal memang terkadang gampang-gampang susah dalam prosesnya, karena pertimbangan ukuran untuk sebuah kamar yang dibutuhkan sangat dipengaruhi oleh ukuran dari bidang tanah yang akan dibangun, kebutuhan lain dari ruangan-ruangan yang diperluhkan di dalam rumah dan juga fungsi dari kamar tidur tersebut. Agar ukuran kamar tidur ideal yang ingin buat, berikut ini ada beberapa cara menentukan ukuran kamar tidur yang sangat ideal :

Ukuran Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama adalah kamar tidur paling utama yang ada di dalam rumah. Biasanya kamar tidur utama digunakan oleh pasangan suami dan istri. Kamar tidur utama biasanya juga diisi dengan berbagai macam fasilitas dan perabotan, juga tempat tidur yang ukurannya lebih besar dari kamar tidur lain. Maka ukuran kamar tidur yang tepat bagi kamar tidur utama adalah minimal seluas 11,15 m2 dengan panjang tiap sisinya yang terpendek setidaknya 2,85 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran Kamar Tidur Anak

Kamar tidur adalah salah satu bagian yang paling penting dalam proses tumbuh kembang anak, karena di dalam kamar tidur anak biasanya menghabiskan waktu untuk belajar, bermain dan juga instirahat. Sebaiknya untuk mendesain kamar tidur anak harus dapat mengakomodasi aktivitas dan memberikan kenyamanan saat berada di dalam kamar. Maka untuk ukuran dari kamar tidur anak juga harus diperhatikan. Ukuran kamar tidur bagi anak yang ideal adalah memerluhkan ruang setidaknya 7,43 m2 dengan panjang tiap sisinya yang terpendek setidaknya 2,50 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran Kamar Tidur Pembantu

Pada kamar tidur bagi pembantu memiliki fasilitas dan perabotan yang lebih sedikit dari kamar utama maupun kamar anak. Pembantu lebih banyak melakukan aktivitas sehari-harinya dilakukan diluar kamar, sehingga barang perabotan dan fasilitasnya jarang digunakan. Ukuran kamar tidur pembantu setidaknya menggunakan ruangan seluas 5-6 m2 dengan panjang sisi terpendek 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran di atas didapatkan dari perhitungan kebutuhan ruang gerak dalam kamar tersebut. Lebih lanjutnya Anda dapat menyesuaikan ukuran kamar dengan ukura perabotan yang ada dalam kamar. Setiap kamar tidur harus dapat memberi suasana nyaman untuk beristirahat. Semoga tips tersebut berguna bagi Anda.

Tags :

Bagikan Artikel