Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Inilah Tren Shopping Online Ala Generasi Milenial

Inilah Tren Shopping Online Ala Generasi Milenial

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 13 December 2020 ∙ 8 menit membaca

Maraknya konsumsi shopping online oleh beberapa kalangan baik orang tua, dewasa, maupun generasi milenial menjadi salah satu latar belakang kemudahan dalam mengakses teknologi saat ini.

Umumnya, generasi milenial melakukan shopping online bukan didasarkan pada kebutuhan semata, melainkan demi kesenangan dan gaya hidup sehingga menyebabkan cenderung lebih boros dan konsumtif.

Secara deskriptif, perilaku konsumtif dalam shopping online pada generasi milenial ditunjukkan oleh adanya intensitas belanja mereka yang terhitung tidak wajar.

Generasi milenial ini cenderung dapat berbelanja online beberapa kali dalam sebulan dan menghabiskan dana mulai dari Rp 45.000,- hingga Rp 300.000,- dalam sebulan.

Umumnya, jenis barang yang sering dibeli seperti kosmetik maupun fashion item.

Shopping online atau yang lebih dikenal dengan berbelanja online sudah tidak asing lagi bagi generasi milenial di zaman sekarang.

Generasi milenial sekarang lebih memilih shopping online dibandingkan dengan belanja langsung ke pusat perbelanjaan, supermarket atau minimarket.

Hal ini disebabkan dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Generasi milenial pun dapat dengan mudah membeli barang yang diinginkan lewat online shop baik melalui social media seperti, Instagram, Facebook atau di berbagai E-Commerce.

Shopping online di online shop menyediakan banyak layanan dan barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Selain fiturnya menarik, yang membuat banyak generasi milenial gemar shopping online adalah tersedianya promo menarik seperti gratis ongkos kirim, flash sale, cashback dan diskon hingga 70% tanpa minimal belanja.

Barang yang disediakan pun sama menariknya, banyak sekali barang edisi terbatas atau limited edition, atau juga barang murah dengan kualitas terbaik.

Review penilaian yang baik juga menjadi alasan generasi milenial dalam berbelanja online.

Adapun, persoalan-persoalan yang sering dihadapi oleh generasi milenial ketika berbelanja online adalah produk yang diterima tidak sesuai dengan gambar yang diposting, lamanya waktu pengiriman, repson yang lambat dari online shop tersebut dalam menanggapi order konsumen, dan ongkos kirim yang tergolong mahal.

Selain itu, sebagian besar generasi milenial sayangnya melupakan alasan utama mengapa mereka harus membeli barang-barang di online.

Sehingga biasanya justru tidak akan bermanfaat ke depannya dan hanya membuat mereka semakin boros dan konsumtif.

Buat generasi milenial, shopping online telah seperti kegiatan yang rutin dilakukan dan kadang menjadi aktivitas yang menghibur.

Entah memang membeli barang sesuai kebutuhan atau hanya keinginan belaka. Aktivitas shopping online ini diketahui semakin meningkat saat kondisi seperti sekarang ketika sebagian besar orang harus melakukan Work From Home atau WFH.

Dalam bertransaksi ketika shopping online, tentunya kamu harus cermat dalam memilih barang yang hendak dibeli.

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, promo dengan pembelian dalam jumlah yang banyak, atau promo flash sale yang sedang berlangsung.

Ada baiknya kamu harus tetap memperhatikan kegunaan dan tujuan membeli produk tersebut. Berikut adalah beberapa tips penting, yang dapat dilakukan oleh generasi milenial ketika sedang melakukan shopping online:

1. Pastikan Tempat Shopping Online Mempunyai Reputasi Positif

Ketika sedang melakukan shopping online, hal yang perlu diperhatikan adalah reputasi positif dari toko online tersebut.

Setiap toko online biasanya memiliki kolom komentar yang berisi ulasan pelanggan terhadap produk yang mereka beli.

Jika kamu menemukan banyak komentar positif, itu menandakan bahwa situs tersebut sudah dipercaya oleh para konsumen yang membelinya.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada keluarga, teman, atau mereka yang pernah melakukan transaksi di situs tersebut, serta meminta saran dan rekomendasi mereka.

Alasan memilih seller dengan reputasi terbaik, adalah untuk menghindari resiko terjadinya penipuan.

Misalnya barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan atau deskripsi yang disampaikan.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu mencermati seller yang sudah terpercaya yang menampilkan foto barangnya dengan jelas dan bukan foto hasil curian untuk mencegah terjadinya penipuan.

Lihat juga testimoni atau review dan rating dari konsumen. Ciri situs belanja terpercaya adalah direkomendasikan oleh banyak orang dan review konsumen positif.

2. Penawaran Harga Yang Menarik

Harga menjadi salah satu penentu utama saat melakukan transaksi online. Oleh karena itu, pastikan situs yang kamu kunjungi memiliki harga pasti.

Tanpa biaya-biaya yang muncul di belakangan dan akhirnya menjadikan total pembayaran berbeda dari yang tertera di awal.

Memilih harga yang jujur ketika shopping online merupakan hal yang penting, yakni ketika harga pertama yang kamu lihat saat membeli barang adalah harga yang dibayar di akhir, tanpa biaya tambahan apapun.

Hal ini perlu diperhatikan karena tidak sedikit tempat lain yang menawarkan harga yang terlihat lebih murah di awal, tetapi pada saat sampai di akhir, akan melakukan pembayaran, harga justru membengkak karena adanya tambahan pajak, biaya servis, dan lain-lain.

3. Promo Menarik

Selain harga, berbagai macam promo yang menarik juga menjadi pertimbangan penting dalam melakukan pembelian.

Promo ini bermacam-macam, mulai dari kupon diskon, promo kartu kredit, cashback hingga gratis ongkir tanpa minimal belanja.

Promo ini, menjadi keuntungan untuk kamu ketika melakukan shopping online, jadi lebih murah dibanding belanja offline maupun belanja online tanpa promo.

Karena itu, kamu harus cermat dalam memilih situs untuk melakukan berbelanja online.

Pilihlah situs yang sering memberikan promo untuk penggunanya agar kamu semakin untung dan tentunya menghemat pengeluaran.

Cek harga-harga promo yang tersedia, dan jangan terburu-buru dalam berbelanja.

Selain itu, cek juga promo yang masih berlaku, dan pastikan apakah barang diinginkan termasuk ke dalam promo yang ditawarkan atau tidak.

Atau kamu juga bisa membeli berbagai kupon potongan lainnya dari berbagai situs yang menawarkan.

4. Memilih Online Shop Yang Menawarkan Harga Murah Dan Kualitas Yang Sama

Jangan langsung jatuh hati pada satu online shop saja. Sebaiknya kamu perlu melihat-lihat toko online lainnya yang mungkin menjual produk yang kamu inginkan dengan kualitas yang sama namun harga yang lebih murah.

Jangan langsung tergiur dengan diskon besar-besaran. Kamu juga perlu memeriksa dahulu apakah harga barang sebelum dan setelah diskon benar-benar berbeda.

Karena tidak sedikit dari toko online yang tidak jujur dan hanya menggunakan diskon sebagai taktik untuk menarik pembeli.

Dengan menaikkan harga barang sebelum didiskon sehingga harga setelah diskon tidak jauh berbeda dengan harga normalnya.

Karena itu, penting untuk kamu selalu cek dan ricek sebelum membeli produk yang kamu butuhkan.

5. Pilih Metode Pembayaran Yang Aman

Jangan tergesa-gesa memasukkan nomor rekening tujuan maupun jumlah angka nominal yang harus dibayarkan.

Saat melakukan pembayaran via transfer, pastikan bahwa nama pemilik rekening toko online tersebut, benar-benar sama seperti yang tertera pada metode pembayaran.

Adapun pilihan metode pembayaran lainnya yang aman adalah bayar di tempat atau Cash On Delivery (COD).

Karena dengan metode pembayaran tersebut, dengan terlebih dulu kamu bisa melihat barang yang sudah tiba dan jika dirasa sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa membayar tunai kepada sang kurir yang melakukan pengiriman ke rumahmu.

Setelah melakukan transaksi pembayaran melalui transfer, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi, jika sewaktu-waktu ada komplain terhadap barang yang dibeli.

Jika perlu, simpan juga semua informasi detail terkait transaksi barang yang sudah dibeli, termasuk deskripsi produk dan harga, atau struk ATM bukti transfer ke pembayaran.

6. Selalu Waspada

Berhati-hatilah sebelum melakukan shopping online, usahakan tidak melakukannya di media sosial.

Pasalnya, berbelanja di E-Commerce cenderung lebih aman dibandingkan bertransaksi melalui media sosial. Sekalipun membeli di media sosial, kamu juga harus melihat testimoni dari banyak orang di toko tersebut.

Selalu waspada dalam melakukan shopping online, menjadi poin yang sangat penting untuk kamu.

Selain itu, pembeli juga harus melihat sumber barang yang ingin dibeli. Sebelum membeli, biasakan untuk melihat sumbernya darimana.

Apakah itu penipuan atau bukan, karena tidak sedikit dari mereka yang tertipu karena membeli di media sosial.

Perhatikan garansi pada barang yang ingin kamu beli. Pastikan bahwa barang yang kamu inginkan memiliki garansi, agar kamu benar-benar yakin pada keasliannya.

Pastikan juga online shop pilihanmu melayani return untuk barang-barang yang penampilan atau kualitasnya tidakk sesuai seperti yang digambarkan di situs toko tersebut. Dengan begitu kamu bisa aman melakukan shopping online dimana saja.

7. Cek Kualitas Produk

Saat kamu mau hendak membeli pakaian pilihlah model pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Disini, kamu juga harus tahu model seperti apa yang pas dengan bentuk tubuhmu.

Jika kamu suka dengan model pakaian tertentu jangan lupa perhatikan hal ini karena kamu bisa menentukan cocok tidaknya kamu menggunakan pakaian tersebut.

Jangan lupa juga untuk cek ukuran serta bahan yang digunakan.

Selain model, ukuran pakaian juga menjadi sorotan. Kamu harus tahu ukuran pakaian yang sesuai dengan ukuran badan kamu.

Jika perlu buat catatan detail ukuran pakaian kamu yang lengkap kemudian simpan dengan baik-baik, agar pakaian yang kamu beli pas.

Cara selanjutnya adalah, kamu harus mengetahui bahan yang digunakan pada barang yang ingin kamu beli. Ini penting sekali untuk kamu yang mempunyai alergi terhadap bahan pakaian.

Jika masih bingung dengan bahan yang kelihatan bagus tapi tidak mengetahui bagus atau tidak aslinya, kamu bisa coba cari tahu tentang bahan itu di internet atau dapat tanya langsung dengan seller.

8. Sesuaikan Dengan Kebutuhan.

Sebelum melakukan transaksi ketika melakukan shopping online, kamu harus tahu apa yang menjadi kebutuhanmu.

Beli sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Putuskan apakah kamu benar-benar membutuhkan barang yang akan dibeli ini.

Jika kamu hanya mengikuti keinginan, akan banyak barang yang akan dibeli, padahal anggaran belum tentu memadai.

Tips yang paling ampuh adalah, jangan terlalu sering membuka situs belanja online.

Agar tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan untuk saat ini.

Jika ternyata keperluan yang ingin kamu beli lebih besar dari 10% anggaran budget yang telah kamu buat, maka saatnya kamu membuat skala prioritas.

Nah, sudah paham kan cara shopping online dengan cerdas dan aman. Itulah beberapa tips yang patut kamu perhatikan saat shopping online.

Meski proses shopping online sangat mudah untuk dilakukan, kamu tetap harus berhati hati ketika shopping online, jadilah pembeli yang cermat ya!

Tags :

Bagikan Artikel