Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Inilah Detail Lengkap Surat Keterangan Ahli Waris yang Wajib Diketahui

Finansial

Inilah Detail Lengkap Surat Keterangan Ahli Waris yang Wajib Diketahui

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 15 June 2020 ∙ 6 menit membaca

Saat hal yang tak diinginkan terjadi, hidup harus terus berjalan. Mencairkan dana yang tertahan di bank hingga memindahkan aset-aset yang dimiliki pewaris, semua langkah ini membutuhkan surat keterangan ahli waris. Karenanya, Pins lebih baik tahu bagaimana mengurus surat keterangan ahli waris untuk kelancaran proses di masa mendatang.

Pinhome – Tanpa adanya surat keterangan ahli waris, seseorang tidak bisa mengambil harta warisan milik sang pewaris yang meninggal dunia. Meskipun itu adalah seseorang yang dianggap ahli waris sah, seperti anak, pasangan ataupun orangtua; karena hanya surat pernyataan ahli waris saja lah yang dianggap sah di mata hukum. Jadi, hanya mereka yang tercantum namanya di surat pernyataan ahli waris saja yang dianggap berhak atas warisan yang tertinggal. Sebaliknya, mereka yang namanya tidak tercantum dalam surat keterangan waris, otomatis tidak memiliki kuasa atas harta waris sama sekali.

Pentingnya surat keterangan ahli waris

Kenapa harus ada surat keterangan ahli waris? Sebenarnya, adanya surat ahli waris berkepentingan untuk menunjuk ahli waris secara sah, sehingga saat ahli waris ingin menyelesaikan persoalan yang sifatnya administratif mampu memiliki kekuatan hukum yang sah. Dimulai dari pengambilan dana tabungan pewaris, pengurusan sertifikat tanah atas nama pewaris hingga urusan-urusan lain yang nantinya dialihkan kepemilikannya menjadi menjadi milik pewaris. Biasanya, proses penunjukkan ahli waris yang sah dilakukan oleh pejabat berwenang.

Surat Ahli Waris
(Unsplash)

Hal ini menjadi penting karena akan mencegah berbagai tindakan penyalahgunaan wewenang. Terbayang bagaimana peliknya dan berbagai masalah yang berpotensi timbul jika pencairan dana di rekening bisa dilakukan tanpa sepengetahuan atau kesepakatan sang ahli waris sah. Inilah kenapa harus ada bukti tertulis  yang memiliki kekuatan secara hukum atas ahli waris terpilih sehingga ia berhak mendapatkan kuasa dari pejabat berwenang yang juga bisa dibuktikan oleh beberapa syarat administratif dengan tahapan yang ketat.

Syarat dan langkah mendapatkan surat ahli waris

Berikut beberapa syarat dan langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan surat keterangan waris:

  • Surat permohonan sebanyak 7 rangkap
  • Fotokopi KTP para pemohon ahli waris di kertas A4
  • Fotokopi kartu keluarga pewaris (Almarhum) di kertas A4
  • Fotokopi buku nikah pewaris (Almarhum) di kertas A4
  • Keterangan silsilah keluarga ahli waris dari kelurahan
  • Surat keterangan kematian dan penguburan
  • Bukti catatan sipil kematian
  • Fotokopi akta lahir dari seluruh ahli waris
  • Surat pernyataan ahli waris

Selanjutnya, Pins akan mengurus surat keterangan ahli waris. Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) asli, surat ini dibuat dengan penandatanganan dua orang saksi, pengesahan oleh lurah dan kemudian dikuatkan oleh camat setempat. Untuk mengurusnya, langkah yang harus Pins lakukan adalah:

  • Membawa seluruh 9 poin persyaratan sebelumnya ke RT atau RW setempat untuk mendapatkan surat pengantar dari mereka
  • Membuat surat keterangan lengkap bermaterai dengan ditandatangani oleh seluruh ahli waris dengan disaksikan dan ditandatangani oleh para saksi, dalam hal ini adalah ketua RT dan RW setempat.
  • Mengajukan permohonan tersebut ke kantor kelurahan di bagian pelayanan umum
  • Setelah surat keterangan hak waris telah jadi, Pins harus mengajukan fatwa waris ke pengadilan agama atau pengadilan negeri setempat. Hal ini perlu dilakukan untuk mengesahkan hak yang dimiliki ahli waris. Keseluruhan proses keluarnya fatwa waris ini akan memakan waktu paling lambat enam bulan dengan estimasi biaya tidak lebih dari Rp 150.000. Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 90 ayat 1 dari UU Peradilan Agama. Begitu fatwa waris sudah selesai, Pins bisa mulai mengurus seluruh aset dari pewaris dengan bebas tanpa takut berbenturan dengan perkara hukum apapun.

Jika ingin mengajukan surat keterangan ahli waris, Pins memerlukan surat pernyataan yang memuat identitas dan informasi dai para ahli waris. Pins juga perlu melampirkan detail harga warisan yang akan menjadi objek warisan. Nantinya, surat keterangan ini dikeluarkan oleh kelurahan untuk kemudian disahkan oleh pengadilan.

Penghitungan harta dan hak waris

Setelah mengetahui cara mengurus surat keterangan ahli waris, ada baiknya Pins juga tahu cara menghitung harta waris. Sayangnya, sampai hari ini menghitung harta waris masih dianggap tabu. Padahal, seperti yang kita semua tahu, tidak ada yang pasti soal umur. Hal ini masih lebih baik daripada menyusahkan keluarga yang ditinggalkan.

(Unsplash)

Perencanaan waris sejatinya merupakan tanggung jawab dari pemilik kekayaan. Saat Pins mengetahui detail jumlah kekayaan yang dimiliki, otomatis Pins juga akan menghindarkan konflik di masa mendatang diantara para ahli waris. Harus diakui, konflik ini seringkali terjadi. Berikut beberapa cara menghitung harta warisan yang perlu Pins ketahui :

Hitunglah jumlah kekayaan bersih

Kekayaan bersih sejatinya merupakan jumlah harta atau aset yang dimiliki oleh pemilik kekayaan setelah dikurangi dengan jumlah utang. Harta juga mencakup obligasi, kepemilikan saham, tanah, rumah, mobil dan piutang. Harta dan aset yang diakui meliputi uang tunai, investasi yang sedang berjalan, rumah atau properti lain, mobil, tanah, dan lainnya. Sedangkan utang meliputi cicilan kredit mobil, kartu kredit, utang bank, dan lainnya.

Jika semua sudah tercatat, jumlahkan keseluruhannya. Kurangi dengan nilai aset dengan total utang. Jika total aset yang dimiliki lebih besar dari jumlah utang, maka keuangan Pins berada dalam kondisi sehat dan sebagai pewaris, Pins bisa mewariskan aset kekayaan pada ahli waris dengan tenang tanpa beban pikiran apapun. Jika ahli waris masih lajang, Pins bisa mencantumkan nama orantua ataupun saudara kandungnya.

Pil pahit utang dan piutang

Ketika ahli waris menerima warisan, tidak hanya harta yang ia terima, tapi juga utang dari pewaris. Hal ini hanya terjadi jika ada utang atau kredit yang belum terlunasi semasa pewaris hidup. Sebaliknya, hal ini juga berlaku pada piutang. Apabila Pins memberi utang pada seseorang, maka ahli waris Pins dapat mewarisi piutang tersebut.

Menggolongkan ahli waris

Di Indonesia sendiri, pembagian harta warisan bisa diatur berdasarkan aturan agama Islam ataupun merunut kepada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1991 tentang Penyebarluasan Kompilasi Hukum Islam yang menjelaskan:

  • Dalam hubungan darah, ahli waris dari laki-laki, seperti ayah, anak laki-laki, saudara laki-laki, paman dan kakek. Ayah mendapat sepertiga bagian bila pewaris tidak memiliki anak. Jika ada, ayah mendapat seperenam bagian.
  • Ahli waris dari perempuan, mencakup ibu, anak perempuan, saudara perempuan dari nenek. Anak perempuan tunggal berhak mendapat separuh bagian. Anak perempuan dengan dua bersaudara atau lebih mendapat dua pertiga bagian. Anak perempuan bersama anak laki-laki berarti 2:1.
  • Jika yang menerima masih dibawah umur, yang mendapatkan warisan hanya anak, ayah, ibu, janda ataupun duda. Ibu mendapat seperenam bagian bila ada anak atau dua saudara atau lebih, akan tetapi bila tidak ada anak atau dua orang saudara atau lebih ibu mendapat sepertiga bagian. Kemudian, ibu mendapat sepertiga bagian dari sisi sesudah diambil janda atau duda kalau dibagi bersama dengan ayah.

Sementara itu, duda mendapat separuh bagian jika pewaris tak meninggalkan anak dan bila pewaris meninggalkan anak, duda mendapat seperempat bagian. Janda mendapat seperempat bagian jika pewaris tak meninggalkan anak, dan jika pewaris meninggalkan anak janda mendapat seperdelapan bagian.


Membicarakan tentang warisan, ahli waris, dan surat keterangan waris memang sering dianggap tabu, Pins. Tapi informasi-informasi tadi sangat penting untuk dipahami agar tak malah menjadi masalah di masa mendatang, kan?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel