Inilah 5 Penyebab Asam Urat Pada Kaki yang Perlu Diketahui

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 7 July 2022 ∙ 3 menit membaca

Memiliki kaki yang kerap terasa ngilu atau kesemutan memang menjadi sebuah hambatan kesehatan. Rasanya sangat tidak nyaman karena bisa mengganggu aktivitas. Nama penyakit tersebut adalah asam urat. Lalu, apa saja penyebab asam urat pada kaki? 

Mengapa efeknya bisa jadi begitu besar? Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak uraian berikut ini:

1. Minuman Alkohol

Dikatakan berkali kali bahwa alkohol banyak membawa dampak negatif pada tubuh. Hal paling besar yang dapat ditimbulkan dari efek alkohol adalah kerusakan tubuh. Itu semua karena seluruh zat berbahaya yang terkandung bersama cairan alkohol.

Kerusakan yang dibawa oleh efek minuman beralkohol dapat menyentuh beberapa organ dalam. Misalnya hati, ginjal, bahkan jantung.

Tidak hanya itu saja, efek jahat alkohol dapat merusak jaringan otot dan syaraf di seluruh tubuh. Alhasil, yang tubuh rasakan adalah nyeri dan tidak nyaman yang berujung asam urat.

2. Daging Hewan

Sebenarnya, daging merupakan salah satu penyokong protein dan kandungan serat yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan protein mampu memberikan tenaga ekstra di luar dari sumber karbohidrat.

Biasanya, protein ini dapat dijumpai di hampir setiap jenis daging, misalnya daging sapi, daging ayam, daging ikan, bahkan dari telur dan jamur. Namun ternyata, tidak semua jenis daging baik untuk tubuh, apalagi ketika daging disantap dengan jumlah yang cukup banyak. 

Keseimbangan kebutuhan tubuh dapat terganggu dan malah menimbulkan penyakit, salah satunya asam urat. Jenis daging yang dapat memicu asam urat adalah jenis daging merah dari sapi dan juga beberapa makanan seafood.

3. Beberapa Jenis Sayur

Lain daging, lain juga dengan sayur. Mungkin bagi beberapa orang, sayur merupakan salah satu makanan yang termasuk direkomendasikan untuk dikonsumsi. Di samping mengandung banyak zat yang bergizi, sayur juga memiliki vitamin beragam.

Hal itu pada dasarnya memang sangat bagus untuk tubuh. Namun, seperti poin yang dijelaskan sebelumnya, sayur ternyata dapat menjadi salah satu penyebab asam urat pada kaki.

Khususnya sayuran hijau. Meskipun ini tidak berlaku pada seluruh jenis sayuran hijau, melainkan hanya beberapa saja seperti kembang kol dan bayam. Apalagi jika sudah memiliki asam urat, lebih baik hindari makanan sayur ini.

4. Minuman Bersoda

Apabila alkohol sudah jelas dilarang, maka ini ada juga larangan yang dikeluarkan untuk minuman soda. Selama ini soda dikenal sebagai jenis minuman ringan yang cocok diminum kapan pun.

Namun, walaupun ringan, tidak semua orang cocok dengan kandungan soda seperti gas dan pemanis buatan yang mengalir di dalamnya. Faktor pengkonsumsian soda yang berlebih rupanya bisa memicu pembentukan uric acid dalam jumlah yang lebih dari biasanya.

Uric acid yang berlebihan inilah yang ternyata mampu membuat bengkak persendian. Akhirnya, yang tubuh rasakan adalah gejala nyeri sendi yang berakar dari asam urat

5. Adanya Keluhan Medis

Penyebab asam urat di kaki yang terakhir adalah faktor medis. Semua manusia memiliki daftar riwayat medisnya masing masing. Ada yang sehat lahir batin, namun ada pula yang memiliki riwayat sakit di beberapa titik tubuh.

Salah satunya ada riwayat sakit otot atau linu persendian. Contoh penyakit di atas dapat membuat seseorang jadi lebih berkemungkinan tinggi untuk terkena asam urat di kaki.

Ada juga yang disebabkan oleh beberapa disfungsi organ seperti ginjal atau kelenjar tiroid. Satu lagi, obesitas juga masuk ke daftar penyebab utama asam urat yang menyerang titik di kaki.

Baru saja penyebab asam urat pada kaki disebutkan di atas. Penyakit seperti asam urat tidak akan datang tanpa pemicu yang pasti sudah dilakukan secara berulang. Penting bagi manusia untuk menjaga keseimbangan pola gizi agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia