Inilah 4 Cara Mengobati Radang Sendi Yang Tepat

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 2 August 2022 ∙ 3 menit membaca

Sesuai dengan namanya, radang sendi merupakan sebuah gejala peradangan yang terjadi pada sendi, sehingga sendi terasa kaku dan sulit digerakkan. Jika sedang mengalami radang sendi ringan, bisa mencoba 4 cara mengobati radang sendi di bawah ini supaya cepat sembuh:

1. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan berpengaruh besar terhadap radang sendi, sehingga orang dengan berat badan yang melebihi normal cenderung mudah mengalami radang sendi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan ideal termasuk salah satu cara mengobati radang sendi.

Berat badan yang berlebih dapat memberikan tumpuan lebih banyak pada tulang persendian di bagian lutut, pinggul hingga kaki. Sehingga berat badan ideal menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan bagi penderita radang sendi agar tidak memperparah peradangan sendi.

Bagi penderita radang sendi yang kelebihan berat badan, sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan mobilitas dan mampu mengurangi rasa sakit. Selain itu, dengan memiliki berat badan ideal juga dapat mencegah terjadinya kerusakan sendi di masa depan.

2. Lakukan Akupuntur

Akupuntur sendiri merupakan sebuah pengobatan khas Cina kuno dengan cara memasukkan jarum kecil di titik-titik tertentu pada tubuh. Sistem kerja akupuntur ialah dengan mengalihkan energi dan mengembalikan keseimbangan pada tubuh.

Setelah melakukan akupuntur dinilai mampu mengurangi rasa nyeri yang terjadi di bagian sendi yang mengalami peradangan. Walaupun belum terdapat bukti yang cukup untuk mengkonfirmasi bahwa akupuntur dapat mengobati radang sendi, tetapi dianggap memiliki resiko yang rendah.

Jika hendak mencoba akupuntur, pastikan untuk mencari praktisi akupuntur yang sudah ahli dan berlisensi. Ini supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pasalnya saat ini tidak jarang terdapat oknum-oknum yang membuka praktek akupuntur tanpa memiliki keahlian.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga memiliki sangat bermanfaat untuk kesehatan, terlebih untuk mengatasi radang sendi. Melakukan olahraga secara rutin, selain dapat menurunkan berat badan, juga dapat mempertahankan kelenturan sendi pada tubuh. Sehingga bisa untuk mengatasi sendi yang kaku.

Namun, perlu berhati-hati dalam berolahraga bagi penderita radang sendi. Hal ini karena terdapat beberapa kegiatan olahraga yang justru dapat memperparah radang sendi. Seperti olahraga lari, di mana sendi harus menahan beban badan saat berlari.

Sehingga lebih baik memilih olahraga yang berdampak kecil, seperti aerobik, bersepeda atau berenang. Penderita radang sendi dapat memilih olahraga ringan sesuai dengan kemampuan. Untuk meningkatkan motivasi bisa dengan melakukan olahraga rutin bersama pelatih atau orang lain.

4. Konsumsi Suplemen Herbal

Terdapat berbagai macam suplemen herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengobati radang sendi. Sama halnya dengan akupuntur, mengkonsumsi suplemen herbal juga belum ada bukti ilmiahnya. Hanya saja memiliki resiko yang rendah.

Beberapa suplemen herbal yang bisa dikonsumsi adalah bromelain, jelatang, ginkgo dan masih banyak lagi. Namun, harus diingat bahwa akan lebih baik jika melakukan konsultasi dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Hal ini bertujuan agar penderita radang sendi terhindar dari efek samping atau interaksi dengan obat berbahaya. Pasalnya, terdapat beberapa suplemen herbal yang mungkin saja memiliki efek samping setelah dikonsumsi. Sehingga justru dapat memperparah radang sendi atau memunculkan gejala penyakit lainnya.

Demikianlah 4 cara mengobati radang sendi yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit. Apabila dengan cara-cara tersebut tidak ada perubahan pada radang sendi atau malah semakin parah segera periksakan ke dokter. Agar bisa mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia