Pinhome

Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 30 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Daun kelor kerap digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Tapi tahukah Pins jika manfaat daun kelor juga banyak kesehatan tubuh dan kecantikan? Yuk cari tahu manfaat daun kelor selengkapnya di sini.

Pinhome – Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita tak lagi asing dengan daun kelor.  Daun yang disebut moringa oleifera ini kerap digunakan dalam obat-obatan tradisional hingga dipakai ritual adat. 

Mesk erat dengan mitos, ternyata manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata sebuah fakta, lho, Pins. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi, mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi.

Tanaman tropis ini memiliki ciri khas bentuk daunnya yang berukuran kecil. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur. Cara mengolah daun kelor juga beragam, mulai dari menjadikannya jamu, teh herbal, suplemen, maupun menjadikannya sebagai bahan masakan. 

Lalu, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan? 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Daun Kelor
(Wikipedia)

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman. Sebuah penelitian menyebutkan jika ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

Selain melindungi dari kuman, daun kelor juga bisa melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV). Jadi, mengonsumsi daun kelor dalam berbagai olahan dapat membuat tubuh lebih sehat, ya, Pins! 

Sumber Vitamin dan Mineral 

Manfaat Daun Kelor
(Blibli)

Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan penting seperti zat besi, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan zinc, sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C juga terkandung dalam daun kelor.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat Daun Kelor
(Healtline)

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor dapat meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini. 

Baik untuk Wanita yang Mengalami Menopause 

Manfaat Daun Kelor
(Tribunnews)

Pada usia menopause, kadar antioksidan di tubuh akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Nah, dengan mengonsumsi daun kelor dalam bentuk bubuk, dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause.

Antioksidan ini akan berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Menjaga Fungsi Otak dan Meningkatkan Daya Ingat 

Manfaat Daun Kelor
(Diadona)

Kandungan antioksidan dan zat lain di dalam daun kelor ternyata bermanfaat untuk menjaga fungsi otak, lho, Pins. Hal ini bisa mendukung 

Selain itu, kandungan antioksidan dipercaya dapat membantu kinerja otak,meningkatkan memori, meredakan stres dan peradangan di otak. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang cukup bisa menurunkan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer. 

Memperlambat Penuaan 

(Feramoringa.com)

Selain itu kesehatan, manfaat daun kelor juga baik untuk kecantikan. Pasalnya, daun kelor membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi kerutan serta noda. 

Pins bisa menjadikan daun kelor sebagai minyak kelor dan bubuk daun kelor  pada wajah untuk mencegah keriput dan kerusakan akibat radikal bebas di kulit. Kalau menggunakannya secara rutin, dijamin penuaan akan lebih lama datang. 

Menghilangkan Jerawat 

(100percentpure.com)

Punya masalah jerawat di wajah, Pins? Daun kelor bisa jadi solusinya. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun kelor untuk wajah agar terhindar dari jerawat dengan mengoleskan minyak kelor pada wajah.

Sifat antibakteri dari daun kelor dapat membuat jerawat berkurang dan hilang.  Selain minyak, kamu juga bisa menggunakan masker wajah pada area yang bermasalah. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit sebelum melakukan sendiri ini, ya! 

Menjaga Kesehatan Rambut

Healthline

Tak cuma untuk wajah, kamu juga bisa merasakan manfaat daun kelor untuk rambut. Kandungan protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. 

Untuk dijadikan perawatan kulit dan rambut, Pins bisa menjadikan daun kelor sebagai masker rambut seminggu sekali sebelum keramas. 

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan, Pins. Sebenarnya masih banyak manfaat daun kelor lainnya yang dipercaya baik untuk meredakan peradangan, mengurangi kolesterol, mengatasi disfungsi ereksi, hingga mencegah kambuhnya gejala asma.

Semoga bermanfaat! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Linda

Editor: Rizko

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia