Blog›Lifestyle›Edukasi›Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya
0
0

Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 12, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Adat Sumatera Utaratop-right-banner

Apa Pins tahu bahwa rumah adat Sumatera Utara itu mempunyai ragam jenis yang berbeda? Tidak hanya Rumah Bolon, masih banyak lagi jenis rumah adat Sumatera Utara. Mari kita lihat yuk, apa saja jenisnya!

Pinhome – Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menarik untuk dibahas. Provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia ini menyimpan ragam keunikan yang sayang bila dilewatkan. Dengan Medan sebagai Ibukotanya, Sumatera Utara menjadi provinsi multietnis dengan mayoritas Suku Batak, Nias, Melayu dan Siladang sebagai suku penduduk aslinya.

Tidak hanya sampai disitu, alunan musik dan kebudayaannya yang kental pun, membuat Sumatera Utara dikenal hingga pelosok Indonesia. Hal menarik lainnya selain kesenian dan budaya yang kental dimiliki, Sumatera Utara juga mempunyai jenis rumah adat yang beragam. Penasaran? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Arsitektur yang dapat Pins lihat dari ciri khas rumah Sumatera Utara adalah bangunannya yang berbentuk persegi panjang dengan banyak tiang penyangga mirip dengan rumah panggung. Bila Pins ingin memasukinya, Pins akan menjumpai anak tangga yang dibuat untuk memasuki rumah dengan jumlah yang ganjil.

Perlu diketahui bahwa mayoritas rumah adat di daerah Suku Batak memang unik dan mempunyai ciri khas untuk masing-masing rumah adat. Walaupun berasal dari provinsi yang sama, tetapi rumah adat khas Sumatera Utara tidak hanya berasal dari Suku Batak saja, masih banyak ragam lainnya dan memiliki filosofi yang berbeda-beda. Apa saja ya Pins? Terlampir gambar rumah Sumatera Utara beserta penjelasannya.

Baca Juga: Umpasa Batak (30 Peribahasa dan Pepatah Bahasa Batak)

Rumah Adat Bolon

Rumah Adat Sumatera Utara
Source : Bramblefurniture.com

Pertama ada rumah adat Bolon dari kelompok Suku Batak. Salah satu suku yang paling terkenal di Provinsi Sumatera Utara ini menjadikan Rumah Bolon sebagai lambang ciri khas rumah adat khas Sumatera Utara. Atap rumah adat Bolon berbentuk runcing seperti pucuk melambangkan kerbau yang berdiri dengan tegak. Ini adalah ciri khas bagi rumah adat dari kelompok Suku Batak yang terkenal. 

Penduduk Suku Batak Percaya bahwa atap rumah adat lancip seperti itu dapat menghalau badai angin kencang sekaligus sebagai bentuk rasa syukur untuk mendoakan keturunan para penghuni rumah selanjutnya sukses dan makmur. Saking sakralnya tidak sedikit dari masyarakat yang menyimpan benda-benda keramat di bagian atap rumah lho Pins.

Baca Juga: Keunikan Rumah Adat Baileo Asal Maluku

Rumah Adat Siwaluh Jabu

Rumah Adat Sumatera Utara
Source : Ruangarsitek.id

Selanjutnya ada rumah adat dari daerah Karo yang disebut dengan Siwaluh Jabu. Salah satu nama rumah Sumatera Utara ini memiliki struktur bangunan yang paling besar dibanding rumah adat lainnya di Provinsi Sumatera Utara. Rumah adat asal Karo dapat menjulang tinggi sampai 12 meter dan dibangun menggunakan bahan alam yang ada tanpa mengubah bentuknya. Seperti kayu, ijuk dan batu.

Hal menarik dari rumah adat Siwaluh Jabu adalah ruang bagian bawah yang selalu dibuat dengan beberapa tiang penyangga. Ruang tersebut melambangkan keburukan dan kejahatan. Maka dari itu, mayoritas masyarakat Karo menjadikan ruang tersebut sebagai tempat menyimpan hewan peliharaan.

Baca juga: 15 Contoh Kearifan Lokal di Indonesia Unik dan Mempesona

Rumah Adat Omo

Rumah Adat Sumatera Utara
Tanoniha.net

Ketiga, ada Rumah Adat Omo yang berasal dari Suku Nias. Rumah adat Omo terbagi atas dua jenis yang berbeda sesuai dengan kastanya dalam masyarakat. Omo Hada yang dijadikan rumah untuk penduduk dan masyarakat Suku Nias. Sedangkan Omo Sebua menjadi tempat tinggal petinggi atau pemimpin masyarakat Suku Nias.

Ciri khas dari nama rumah adat Sumatera Utara Omo adalah bangunannya yang menjulang tinggi di atas tiang-tiang tebal yang besar yang dibangun secara tidak beraturan. Kegunaannya adalah tahan terhadap gempa. Bila Pins ingin melihat secara langsung rumah adat Suku Nias ini, Pins dapat berkunjung ke Desa Adat Bawomataluo yang berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. 

Baca Juga: Bahan Kain Ulos | Kain Khas Batak yang Jadi Kebanggan

Rumah Adat Bagas Godang

Rumah Adat Sumatera Utara
Source : Wikipedia.id

Untuk gambar rumah adat Sumatera Selatan selanjutnya, Pins dapat menemukan rumah adat bernama Bagas Godang yang berasal dari Suku Mandailing. Rumah Sumatera Utara ini memiliki bangunan yang mirip dengan rumah adat daerah Sumatera Utara lainnya dengan menggunakan kayu dan atap yang menjuntai. 

Satu hal yang membedakannya dari rumah Sumatera Utara lainnya adalah mayoritas keseluruhan bagunan menghadap ke sebuah halaman yang luas yang biasa dipakai oleh masyarakat untuk prosesi adat yang disebut Alaman Bolak.

Baca Juga: Tips Menghemat Listrik

Rumah Adat Melayu Deli

Source : Langkahilmu.com

Di posisi ke-5 ada rumah adat Sumatera Utara dari Suku Melayu bernama Melayu Deli. Rumah adat ini dapat Pins jumpai dengan mudah di Kota Medan. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan masyarakat Suku Melayu menjadi suku yang mempunyai andil terbesar terhadap Kota Medan, Sumatera Utara.

Hal unik yang menjadi ciri khas rumah Melayu Deli adalah bagunannya yang berwarna cerah perpaduan hijau kuning dan juga ornamen yang ada pada atap yang pastinya mencolok. Selain itu dinding dan atapnya terbuat dari kayu dan ijuk. Menarik sekali bukan Pins?

Baca Juga: Fitur Penting yang Harus Ada Pada Rumah Orang Lansia

Rumah Adat Jerro

Source : Wisata.id

Terakhir ada nama rumah adat Sumatera Utara dari suku Pakpak yaitu Jerro. Rumah Adat Jerro berbentuk seperti kapal dengan dua sisinya yang lancip. Tidak hanya sampai disitu, rumah Sumatera Utara satu ini juga menyimpan banyak arti yang mendalam. 

Lengkungan pada atap memiliki arti berani mengambil resiko, dua buah tiang besar yang memiliki arti kerukunan rumah tangga, tanduk kerbau yang memiliki semangat kepahlawanan dan simbol segitiga sebagai gambaran susunan kekeluargaan masyarakat suku Pakpak yang terbagi atas tiga bagian yaitu, Senina, Berru dan Puang, 

Itulah ragam rumah Sumatera Utara beserta penjelasanya. Mulai sekarang Pins sudah mengetahui, apa saja ragam nama rumah adat Sumatera Utara beserta filosofinya yang unik. Bila Pins sedang bermain ke Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk melihat secara langsung ragamnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan Pins ya!

Baca Juga: Furnitur Ramah Lingkungan | Ciri dan Fungsinya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download