Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Tips Properti

Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 29 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Apa Pins tahu bahwa rumah adat Sumatera Utara itu mempunyai ragam jenis yang berbeda? Tidak hanya Rumah Bolon, masih banyak lagi jenis rumah adat Sumatera Utara. Mari kita lihat yuk, apa saja jenisnya!

Pinhome – Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menarik untuk dibahas. Provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia ini menyimpan ragam keunikan yang sayang bila dilewatkan. Dengan Medan sebagai Ibukotanya, Sumatera Utara menjadi provinsi multietnis dengan mayoritas Suku Batak, Nias, Melayu dan Siladang sebagai suku penduduk aslinya.

Tidak hanya sampai disitu, alunan musik dan kebudayaannya yang kental pun, membuat Sumatera Utara dikenal hingga pelosok Indonesia. Hal menarik lainnya selain kesenian dan budaya yang kental dimiliki, Sumatera Utara juga mempunyai jenis rumah adat yang beragam. Penasaran? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Arsitektur yang dapat Pins lihat dari ciri khas rumah Sumatera Utara adalah bangunannya yang berbentuk persegi panjang dengan banyak tiang penyangga mirip dengan rumah panggung. Bila Pins ingin memasukinya, Pins akan menjumpai anak tangga yang dibuat untuk memasuki rumah dengan jumlah yang ganjil.

Perlu diketahui bahwa mayoritas rumah adat di daerah Suku Batak memang unik dan mempunyai ciri khas untuk masing-masing rumah adat. Walaupun berasal dari provinsi yang sama, tetapi rumah adat khas Sumatera Utara tidak hanya berasal dari Suku Batak saja, masih banyak ragam lainnya dan memiliki filosofi yang berbeda-beda. Apa saja ya Pins? Terlampir gambar rumah Sumatera Utara beserta penjelasannya.

Rumah Adat Bolon

Rumah Adat Sumatera Utara
(Bramblefurniture.com)

Pertama ada rumah adat Bolon dari kelompok Suku Batak. Salah satu suku yang paling terkenal di Provinsi Sumatera Utara ini menjadikan Rumah Bolon sebagai lambang ciri khas rumah adat khas Sumatera Utara. Atap rumah adat Bolon berbentuk runcing seperti pucuk melambangkan kerbau yang berdiri dengan tegak. Ini adalah ciri khas bagi rumah adat dari kelompok Suku Batak yang terkenal. 

Penduduk Suku Batak Percaya bahwa atap rumah adat lancip seperti itu dapat menghalau badai angin kencang sekaligus sebagai bentuk rasa syukur untuk mendoakan keturunan para penghuni rumah selanjutnya sukses dan makmur. Saking sakralnya tidak sedikit dari masyarakat yang menyimpan benda-benda keramat di bagian atap rumah lho Pins.

Rumah Adat Siwaluh Jabu

Rumah Adat Sumatera Utara
(Ruangarsitek.id)

Selanjutnya ada rumah adat dari daerah Karo yang disebut dengan Siwaluh Jabu. Salah satu nama rumah Sumatera Utara ini memiliki struktur bangunan yang paling besar dibanding rumah adat lainnya di Provinsi Sumatera Utara. Rumah adat asal Karo dapat menjulang tinggi sampai 12 meter dan dibangun menggunakan bahan alam yang ada tanpa mengubah bentuknya. Seperti kayu, ijuk dan batu.

Hal menarik dari rumah adat Siwaluh Jabu adalah ruang bagian bawah yang selalu dibuat dengan beberapa tiang penyangga. Ruang tersebut melambangkan keburukan dan kejahatan. Maka dari itu, mayoritas masyarakat Karo menjadikan ruang tersebut sebagai tempat menyimpan hewan peliharaan.

Rumah Adat Omo

Rumah Adat Sumatera Utara
Tanoniha.net

Ketiga, ada Rumah Adat Omo yang berasal dari Suku Nias. Rumah adat Omo terbagi atas dua jenis yang berbeda sesuai dengan kastanya dalam masyarakat. Omo Hada yang dijadikan rumah untuk penduduk dan masyarakat Suku Nias. Sedangkan Omo Sebua menjadi tempat tinggal petinggi atau pemimpin masyarakat Suku Nias.

Ciri khas dari nama rumah adat Sumatera Utara Omo adalah bangunannya yang menjulang tinggi di atas tiang-tiang tebal yang besar yang dibangun secara tidak beraturan. Kegunaannya adalah tahan terhadap gempa. Bila Pins ingin melihat secara langsung rumah adat Suku Nias ini, Pins dapat berkunjung ke Desa Adat Bawomataluo yang berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. 

Rumah Adat Bagas Godang

Rumah Adat Sumatera Utara
(Wikipedia.id)

Untuk gambar rumah adat Sumatera Selatan selanjutnya, Pins dapat menemukan rumah adat bernama Bagas Godang yang berasal dari Suku Mandailing. Rumah Sumatera Utara ini memiliki bangunan yang mirip dengan rumah adat daerah Sumatera Utara lainnya dengan menggunakan kayu dan atap yang menjuntai. 

Satu hal yang membedakannya dari rumah Sumatera Utara lainnya adalah mayoritas keseluruhan bagunan menghadap ke sebuah halaman yang luas yang biasa dipakai oleh masyarakat untuk prosesi adat yang disebut Alaman Bolak.

Rumah Adat Melayu Deli

(Langkahilmu.com)

Di posisi ke-5 ada rumah adat Sumatera Utara dari Suku Melayu bernama Melayu Deli. Rumah adat ini dapat Pins jumpai dengan mudah di Kota Medan. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan masyarakat Suku Melayu menjadi suku yang mempunyai andil terbesar terhadap Kota Medan, Sumatera Utara.

Hal unik yang menjadi ciri khas rumah Melayu Deli adalah bagunannya yang berwarna cerah perpaduan hijau kuning dan juga ornamen yang ada pada atap yang pastinya mencolok. Selain itu dinding dan atapnya terbuat dari kayu dan ijuk. Menarik sekali bukan Pins?

Rumah Adat Jerro

(Wisata.id)

Terakhir ada nama rumah adat Sumatera Utara dari suku Pakpak yaitu Jerro. Rumah Adat Jerro berbentuk seperti kapal dengan dua sisinya yang lancip. Tidak hanya sampai disitu, rumah Sumatera Utara satu ini juga menyimpan banyak arti yang mendalam. 

Lengkungan pada atap memiliki arti berani mengambil resiko, dua buah tiang besar yang memiliki arti kerukunan rumah tangga, tanduk kerbau yang memiliki semangat kepahlawanan dan simbol segitiga sebagai gambaran susunan kekeluargaan masyarakat suku Pakpak yang terbagi atas tiga bagian yaitu, Senina, Berru dan Puang, 

Itulah ragam rumah Sumatera Utara beserta penjelasanya. Mulai sekarang Pins sudah mengetahui, apa saja ragam nama rumah adat Sumatera Utara beserta filosofinya yang unik. Bila Pins sedang bermain ke Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk melihat secara langsung ragamnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan Pins ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel