Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Ini Dia Penjelasan Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Ini Dia Penjelasan Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 7 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Energi matahari bagi manusia mempunyai peran penting. Tidak hanya sekadar mengeringkan pakaian atau sumber cahaya, energi matahari juga bisa mendukung keberlanjutan kehidupan manusia bahkan bisa berpengaruh terhadap kebugaran tubuh manusia. Nah, ternyata energi matahari itu memiliki banyak manfaat lho untuk manusia. Apa lagi ya manfaat energi matahari bagi manusia Pins? Simak terlebih dahulu yuk penjelasan manfaat energi matahari yang baik untuk manusia di bawah ini!

Pinhome – Kesibukan di pagi hari memang terkadang membuat Pins lupa untuk sejenak merasakan energi matahari yang telah disediakan oleh pencipta. Padahal manfaat dari energi matahari untuk tubuh itu sangat banyak dan tersedia secara gratis. Penasaran apa manfaat energi matahari bagi manusia? Lihat yuk informasinya dibawah ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Energi Matahari Yang Baik Untuk Alam

Sumber Terciptanya Moda Kehidupan

(sanspower.com)

Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi kehidupan manusia kian beragam. Berawal dari manfaat energi matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan kini manfaatnya lebih besar sebagai pendorong moda kehidupan. Seperti halnya sumber air minum dalam kehidupan, ekosistem, hingga penggunaan energi bagi transportasi.

Baca Juga: 7 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia, Hewan Dan Tumbuhan

Panel surya yang kini dapat digunakan untuk penyerapan energi matahari, dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah penggunaan panel surya pada hunian yang dapat berfungsi sebagai sumber listrik yang ramah lingkungan maupun memanaskan air untuk mandi. Ketersedian energi yang tak terbatas ini dapat bermanfaat bila Pins dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

Baik untuk Tulang dan Kulit

(Sociolla)

Apa Pins sering melihat para manula menjemur diri? Atau para bayi baru lahir yang sengaja dijemur di bawah terik sinar matahari pagi? Nah, sebenarnya selain memang bagus untuk kesehatan dalam tubuh secara keseluruhan, manfaat energi matahari bagi manusia juga pada kekuatan tulang dan kulit. Energi matahari menghasilkan vitamin D yang baik untuk daya tahan tulang. 

Para manula yang sudah mulai banyak pengeroposan dan para bayi yang sedang dalam tahap pertumbuhan sangat memerlukannya. Penyerapan kalsium dan fosfor yang dihasilkan dari matahari dapat berfungsi baik bagi pertumbuhan fisik manusia.

Menguatkan Sistem Imun dalam Tubuh

manfaat energi matahari bagi manusia
(IDNtimes.com)

Dalam masa pandemi seperti ini pasti Pins mulai banyak belajar, mengapa sangat diperlukan menjemur badan di bawah sinar matahari setiap harinya bagi kesehatan. Salah satunya memang menguatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan energi matahari yang baik, Pins akan lebih cepat penyembuhannya bila sampai terkena penyakit.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Mematikan

manfaat energi matahari bagi manusia
(Lifestyle Okezone)

Siapa yang tidak tahu penyakit kanker? Penyakit yang tergolong mematikan ini memang belum jelas asal muasalnya. Konon sel kanker ini memang sudah ada pada tubuh setiap manusia, yang berbeda hanya ganas atau tidaknya. Nah, salah satu manfaat energi matahari bagi manusia adalah menurunkan resiko terkena penyakit kanker ganas yang dapat mengancam tubuh. 

Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak

manfaat energi matahari bagi manusia
(unsplash.com)

Selain baik bagi tulang, vitamin D yang dikeluarkan dari energi matahari juga dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak pada tubuh. Perkembangan sel hipokampus yang berada pada otak dapat ditingkatkan melalui paparan sinar matahari yang baik secara rutin. Hipokampus sendiri merupakan salah satu sel pada otak yang berperan menyimpan memori jangka panjang. Nah, siapa yang sering lupa? Atau sulit mengingat? Bisa dicoba untuk rutin berjemur ya!

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat energi matahari bagi manusia
(Kompas Lifestyle)

Manfaat energi matahari bagi manusia memang sangat banyak, tidak terkecuali untuk membantu menurunkan berat badan. Menarik sekali bukan? Otak yang berfungsi sebagai pengatur tubuh mempunyai ragam sel dengan fungsinya masing-masing. Seperti sel hipotalamus yang berfungsi mengatur kadar lapar dalam tubuh serta membantu kinerja organ-organ sel lainnya dalam tubuh. Bila Pins jarang terkena paparan sinar matahari secara rutin, akan memperpanjang rasa lapar karena kadar serotonin dalam otak berkurang.

Meningkatkan Mood

manfaat energi matahari bagi manusia
(Unsplash.com)

Mood yang baik memang berasal dari kinerja otak yang baik. Dengan seringnya terpapar energi matahari yang baik, maka fungsi otak akan bekerja dengan maksimal. Selain itu hangatnya matahari pagi juga menenangkan tubuh lho! Sempatkanlah walau hanya sebentar untuk merasakan manfaat energi matahari yang besar ini.

Menyembuhkan Depresi Ringan

manfaat energi matahari bagi manusia
(Ladders)

Nah, bagi Pins yang sedang merasakan depresi berkepanjangan, cobalah untuk rutin berjemur di bawah terik sinar matahari pagi. Antidepressant yang muncul dari sinar matahari, membuat Pins merasa tenang dan nyaman. Hal tersebut dapat membantu proses penyembuhan untuk Pins yang sedang depresi. 

Memperpanjang Usia Kehidupan

manfaat energi matahari bagi manusia
(Unsplash.com)

Untuk manfaat energi matahari bagi manusia satu ini memang hal yang tidak bisa dipercaya. Tetapi dengan ragam kebaikan yang dihasilkan dari energi matahari, membuat fungsi-fungsi organ di dalam tubuh bekerja maksimal. Hal tersebut erat keterkaitannya dengan kehidupan manusia. 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

manfaat energi matahari bagi manusia
(Lifepack)

Nitrit oksida adalah molekul yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan berfungsi penting bagi aliran darah dalam tubuh. Bila Pins mempunyai penyakit darah tinggi, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi secara rutin. Fungsi dari nitrit oksida akan menjadi lebih aktif bekerja di dalam tubuh dengan terkena sinar matahari. 

Manfaat energi matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan memang tidak ada habisnya ya Pins! Bagaimana? Apa Pins masih mau melewatkan setiap pagi tanpa menyerap sedikit energi matahari? Energi matahari pagi yang baik untuk tubuh dapat Pins dapatkan bila Pins rajin untuk meluangkan waktu walau hanya sedikit. Jangan sampai Pins menyesal di kemudian hari ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel