Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Penjelasan Apa yang Dimaksud Dengan Listrik Statis

Lifestyle

Ini Dia Penjelasan Apa yang Dimaksud Dengan Listrik Statis

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Kumpulan dari muatan listrik di dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir maupun tetap (statis) adalah apa yang yang dimaksud dengan listrik statis. Listrik statis pun dapat timbul dari gesekan benda-benda yang menghasilkan muatan listrik tanpa adanya elemen pembangit listrik itu sendiri.

Pinhome – Di dalam pelajaran fisika, tentu Pins pernah mendengar istilah listrik statis dan dinamis. Perbedaan arti listrik statis dan dinamis terletak pada pengalirannya. Bila dijelaskan secara singkat, pengertian listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir dan pengertian listrik dinamis adalah listrik yang mengalir. 

Seorang ahli fisika bernama Charles Coulomb (1736-1806 M) mengatakan, bahwa gaya tarik menarik timbul akibat suatu bentuk bermuatan listrik yang saling mendekat dan gaya tolak menolak timbul akibat suatu benda yang bermuatan listrik menjauh. Bila gaya tersebut bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan benda tersebut bergerak. Ini merupakan pemaparan mengenai sifat listrik statis yang dapat membantu anda mengerti apa yang dimaksud dengan listrik statis.

(Universitas Brawijaya)

Bila diambil dalam sebuah contoh yang lebih nyata dalam kehidupan sehari-hari, Pins pun akan lebih mengerti mengenai mekanisme dari arti listrik statis itu sendiri. Beberapa fenomena benda sehari-hari yang dapat mengalirkan listrik statis akan Pinhome bahas selengkapnya di bawah ini. Semoga dapat membantu Pins untuk lebih mengerti apa yang dimaksud dengan listrik statis ya!

Proses Terjadinya Listrik Statis

Seperti yang telah disinggung dalam kutipan di atas, listrik statis bisa terjadi akibat gesekan atau gosokan dua benda secara bersamaan. Listrik yang dihasilkan dari gesekan kedua benda tersebut akan bertahan secara sementara pada benda yang menghantarkan arus listrik. Hal ini dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apa Pins sadar akan hal tersebut? 

Arti aliran listrik statis skala besar dapat Pins lihat dari fenomena terjadinya petir. Petir terjadi karena adanya loncatan muatan listrik statis. Kemudian untuk contoh aliran listrik dalam skala kecil, Pins dapat melihat dari gesekan benda sehari-hari di rumah yang dapat menimbulkan arus listrik. Benda seperti apa? Terlampir penjelasan contohnya!

Gesekan Antara Kaos Kaki dan Karpet

apa yang dimaksud dengan listrik statis
(freepik.com)

Benda pertama yang tidak luput dari aliran listrik statis di kehidupan sehari-hari adalah gesekan antara kaos kaki dan karpet. Apa Pins pernah merasakannya? Secara tidak langsung gesekan antara kaos kaki dan karpet dapat menciptakan aliran listrik statis yang tidak disengaja. Bagaimana mekanismenya?

Saat anda mulai menggesekkan kaos kaki yang sedang anda pakai pada karpet secara perlahan dan berulang, cobalah untuk menyentuh benda logam di sekitar anda. Jika anda tidak merasakan sengatan listrik akibat pergesekan benda tersebut, ulangi kembali. Bila sudah berhasil, bahan logam yang anda sentuh akan terasa menyengat pada jari karena terjadinya kejutan listrik yang mengalir di dalam tubuh. Hal tersebut dapat menjelaskan pengertian listrik statis yang mengalir di dalam tubuh.

Gesekan Antara Balon dan Kain Wol

apa yang dimaksud dengan listrik statis
(freepik.com)

Untuk melakukan percobaan mengenai aliran muatan listrik statis, Pins dapat mencoba menyediakan bahan-bahan ini. Balon karet yang sudah dipompa atau tiup, kaleng minuman kosong, dan kain wol. Setelah kedua bahan ini siap, mulai gosok kedua benda ini secara perlahan dalam waktu kurang lebih 10 menit. 

Setelahnya, letakan balon yang sudah digosok dengan kain wol di dekat kaleng kosong. Jika kaleng minuman bergerak menjauhi balon, itu artinya aliran muatan listrik statis telah terjadi pada balon. Apa yang dimaksud dengan listrik statis telah terjadi pada balon dan kain wol saat terjadi gosokan yang disengaja.

Gesekan Antara Rambut dan Sisir

(freepik.com)

Gesekan antara rambut dan sisir menjadi salah satu contoh benda sehari-hari yang dapat menimbulkan listrik statis. Apa Pins secara tidak sadar pernah merasakan hal tersebut? Saat anda menyisir rambut, interaksi muatan listrik antara sisir dan rambut akan bekerja menghasilkan muatan listrik negatif dan positif. 

Ini yang membuat rambut halus bisa berdiri tegak sendiri saat sisir dilepaskan perlahan. Menjelaskan pengertian listrik statis yang terjadi pada kedua benda di atas memang terkadang tidak mudah. Beberapa orang masih tidak percaya dengan adanya aliran listrik yang terjadi antara rambut dan sisir.

Kedekatan Antara Tangan Dengan Layar Televisi

(freepik.com)

Selanjutnya untuk hubungan kedekatan antara tangan dan layar televisi dapat dilihat saat anda menyentuhnya. Ketika tangan anda didekatkan kepada tv yang baru saja dimatikan, rambut halus yang ada pada tangan akan berdiri. Hal ini dapat menjelaskan pengertian listrik statis yang dihantarkan melalui media rambut pada layar televisi. Apa Pins juga pernah merasakannya?

Kain Sutera dan Kaca

(freepik.com)

Pada saat gesekan terjadi antara permukaan kaca dan juga kain sutera, atom yang keluar dari kedua benda semakin berdekatan. Atom sutera yang memiliki kekuatan lebih besar dalam menghantarkan listrik mengambil elektron yang ada pada kaca. Kain sutera yang menerima elektron dari kaca pada akhirnya bermuatan negatif sedangkan kaca yang telah kehilangan elektronnya menjadi bermuatan positif. 

Jadi, bagaimana Pins? Penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan listrik statis sudah dipaparkan di atas beserta contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kini Pins pun akan lebih memahami arti listrik statis yang ada dalam kehidupan. Semoga artikel di atas dapat menamba pengetahuan Pins akan listrik statis ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel