BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia List Gambar Rumah Kampung Sederhana tapi Cantik
0
0

Ini Dia List Gambar Rumah Kampung Sederhana tapi Cantik

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
gambar rumah kampung sederhana tapi cantiktop-right-banner

Memiliki rumah adalah impian semua orang, baik yang dibangun di perkotaan maupun pedesaan. Bagi orang-orang yang menyukai ketenangan, mungkin lebih memilih membangun rumah di desa atau kampung. Pada dasarnya, perbedaan mendasar dari rumah kampung dan rumah perkotaan adalah, suasana alamnya. Apakah kamu salah satu orang yang menyukai rumah kampung? Yuk lihat gambar rumah kampung sederhana tapi cantik.

Pinhome – Jika di desa suasana masih asri, sedangkan di kota cenderung sudah tercemar polusi. Sedangkan dari bentuknya, rumah kampung cenderung lebih sederhana daripada rumah perkotaan. Untuk beberapa orang, bentuk rumah kampung itu tidak menarik, kalah dibandingkan dengan rumah perkotaan. Namun, tergantung dengan selera dari masing-masing individu.

\”…Hanya bilik bambu tempat tinggal kita,

Tanpa hiasan, tanpa lukisan

Beratap jerami, beralaskan tanah

Namun semua ini punya kita

Memang semua ini milik kita, sendiri

Lebih baik di sini, rumah kita sendiri

Segala nikmat dan anugerah yang kuasa

Semuanya ada di sini…\”

Pins, ada yang membaca tulisan tersebut sambil bernyanyi? Nah, tepat sekali. Tulisan tersebut merupakan potongan lirik dari lagu Rumah Kita, dari Grup band God Bless. Sebuah lagu yang akan membuat terutama anak rantau kangen dengan rumah di kampung halaman.

Baca Juga: Mempelajari Nama Rumah Adat Betawi Beserta Gambar Filosofinya

Sebagai gambaran rumah kampung sederhana tapi cantik, Pins dapat membayangkan suasana setiap pagi hari, tenang, udara segar, kabut turun dan suara-suara dari hewan, seperti sapi, kerbau, kucing, burung terdengar dengan jelasnya.

Suasana rumah yang tenang, nyaman, walaupun bentuknya sederhana. Kali ini, Pinhome akan memberikan gambaran rumah kampung sederhana, namun cantik. Siapa tahu bisa menjadi referensi untuk Pins dalam membangun rumah.

Baca Juga: Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Rumah Kampung yang Panjang

Ini Dia List Gambar Rumah Kampung Sederhana tapi Cantik
Source : Pinterest

Rumah kampung panjang ini biasanya mudah ditemukan di kampung-kampung. Lokasi gambar rumah di kampung ini biasanya terletak di tengah-tengah lahan hijau yang luas, didominasi dengan warna coklat dan putih. Bahan yang digunakan adalah kayu. Sehingga rumah ini akan menjadi pusat perhatian.

Dengan model yang panjang, biasanya rumah panjang ini akan terdiri dari beberapa pintu dan jendela yang besar. Kemudian di depannya akan terletak kursi dan meja, yang biasanya akan digunakan untuk bersantai. Kemudian di halamannya terdapat pohon-pohon besar yang rindang. Semakin menambah suasana nyaman dari rumah panjang tersebut. Dan biasanya di sebelah kanan atau kirinya, akan ada kandang untuk ternaknya.

Rumah Kampung tradisional Jawa

Source : Pinterest

Salah satu gambar rumah kampung sederhana tapi cantik berikutnya adalah rumah kampung sederhana tapi cantik yang paling mudah dikenali adalah bentuk rumah kampung adat jawa. Atap dari rumah kampung Jawa ini biasanya beratapkan limas. Dengan bentuk limasnya yang bermacam-macam, seperti Joglo, semi Joglo.

Bagian limasan ini sendiri terlihat lebih agak modern, dengan garis tegas pada penampilan luarnya. Sementara untuk bagian kanan kirinya, biasanya akan terdapat peneduh yang lebar, hingga sampai ke depan rumah. Bahan yang sering digunakan adalah kayu jati, dengan dominan warna coklat.

Rumah Kampung dengan model Panggung

Source : Pinterest

Rumah kampung sederhana berikutnya adalah rumah panggung, dimana rumah panggung ini pada dasarnya tidak menempel pada tanah. Ketinggian rumah panggung bervariasi, tergantung dari lokasinya, berkisar 50 cm bahkan ada sampai dua meter.

Rumah kampung dengan bentuk panggung ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari rumah Joglo. Biasanya bagian rumah utamanya akan terletak lebih diatas, dibandingkan dengan bagian yang lain. Kemudian untuk masuk ke dalam rumahnya, akan membutuhkan tangga.

Untuk pondasi yang digunakan adalah fondasi umpak batu, dinding gedeg bambu atau papan kayu, tiang kayu atau bambu, lantai dari palupuh bambu, rangka atap kayu atau bambu, penutup rangka atap daun kirai atau genteng.

Untuk menghubungkan antara elemen struktur satu dengan yang lain, akan menggunakan paku dan tali pengikat. Keuntungan dari rumah panggung ini sendiri adalah, lebih mudah beradaptasi terhadap gaya gempa.

Namun kekurangan yang sering terjadi adalah, kurangnya ventilasi pada jenis rumah panggung ini. Pancahayaan alami dari sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tidak memenuhi syarat.

Rumah Kampung dengan pendopo yang luas

Source : Pinterest

Gambaran rumah kampung sederhana tapi cantik berikutnya adalah rumah kampung dengan pendopo yang luas. Pendopo rumah sendiri biasanya terletak di depan dan akan mempunyai ukuran yang luas.

Pendopo ini biasanya dimanfaatkan untuk menerima tamu, atau bersantai. Semakin luas pendoponyanya, biasanya akan memberikan gambaran pemilik rumah kampung tersebut adalah orang yang kaya raya. Jaman dahulu, hanya orang-orang dari keturunan kerajaanlah yang mempunyai rumah dengan pendopo yang luas.

Kemudian di dekat pendopo tersebut, biasanya rumah utama dari pemilik rumah. Dan disekitarnya akan terdapat rumah-rumah kecil dengan fungsi yang berbeda-beda. Sementara di bagian belakangnya terdapat kandang hewan ternak.

Rumah Kampung dengan halaman yang luas

Source : Pinterest

Jika sebelumnya Pins sudah mendapatkan penjelasan rumah kampung dengan pendopo yang luas, sekarang saatnya gambaran rumah kampung sederhana tapi cantik yang memiliki halaman yang luas. Halaman rumah kampung ini biasanya akan ditumbuhi oleh rumput yang segar. Dan disekelilingnya akan terdapat beberapa pohon yang besar-besar. 

Sementara rumahnya sendiri akan terletak agak menjorok dibagian belakang, dengan jendela yang besar-besar, sehingga cahaya matahari akan dengan mudahnya masuk ke dalam rumah. Warna-warna dominan yang sering dipakai adalah warna putih dan coklat.

Rumah Kampung modern

Source : Pinterest

Pernahkah kamu membayangkan rumah kampung tapi dibuat dalam versi modern? Tidak semua rumah kampung itu selalu tradisional atau sederhana. Dengan pergeseran jaman, sekarang sudah banyak rumah – rumah kampung modern, yang dibuat dengan model yang sederhana dan cantik namun memiliki unsur-unsur modern.

Saat ini sebagian orang yang tinggal di kampung adalah orang-orang modern yang mungkin pernah tinggal di daerah perkotaan. Sehingga kondisi tersebutlah yang memadukan antara rumah kampung dengan desain yang lebih modern.

Setelah melihat gambar rumah kampung sederhana yang cantik tersebut, Pins akan tertarik untuk tinggal dikampung? Atau akan membangun rumah kampung di kota? Apapun pilihannya, sesuaikan dengan kebutuhan Pins ya.


Temukan beragam pilihan rumah dan apartemen terlengkap seperti Apartemen Emerald Bintaro di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download