Pinhome

Finansial

6 Ilmu Finansial dari Drama Korea Itaewon Class

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Apakah Pins tahu kalau ilmu terkait keuangan itu bisa didapat dimana pun? Sebut saja salah satu serial dari Korea Selatan, Itaewon Class, yang sukses mencuri perhatian publik di awal tahun 2020 lalu. Drama yang merupakan adaptasi dari komik daring (webtoon) ini berhasil mendapatkan rating nasional Korea sebesar 16,548% untuk episode terakhirnya.

Pinhome – Serial yang dibintangi oleh Park Seo Joon tersebut ditayangkan oleh stasiun TV Korea JTBC pada Januari – Maret 2020. Namun, kalau kamu masih belum sempat menontonnya, drama ini masih bisa diakses melalui layanan streaming seperti Netflix.

Itaewon Class tidak hanya menarik perhatian para pecinta Drama Korea. Banyak orang yang sebelumnya belum pernah menonton satu pun K-Drama yang akhirnya ikut menikmati serial ini. Tontonan ini menyajikan sebuah contoh riil tentang permasalahan finansial dari seseorang sekaligus memberikan berbagai ilmu yang dapat diterapkan di kehidupan nyata.

Sambil menyelam minum air, Pins bisa mendapatkan hiburan sekaligus belajar tentang ilmu finansial dari drama ini. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Film Korea Terbaik Dari Tahun 2019, 2020 Hingga 2021

Sekilas Tentang Drama Korea Itaewon Class

(Netflix)

Tokoh utama dalam serial ini bernama Park Saeroyi. Ia diceritakan sebagai seorang anak yang putus sekolah di masa SMA setelah ayahnya meninggal akibat kecelakaan. Ia kemudian berniat untuk menjadi sukses sebagai bentuk balas dendam kepada Perusahaan Jangga yang merupakan penyebab kematian ayahnya.

Park Saeroyi bertekad untuk merebut Perusahaan Jangga dari tangan Keluarga Jang. Guna memenuhi ambisinya itu, ia mulai bekerja keras dan membangun usaha sendiri. Selama menghadapi masa-masa itu, Park Saeroyi didukung dan dibantu oleh orang-orang kepercayaannya.

Meniru Park Saeroyi, Pilih Investasi Ketika Punya Uang

(Detik)

Baca Juga: Film Dengan Genre Dan Cerita Yang Serupa Squid Game

Sebelum bisa memulai bisnis pertamanya, Park Saeroyi bekerja selama 7 tahun sebagai awak buah kapal. Hasil pemerasan keringat miliknya itu kemudian tidak hanya ditabung namun ia pindah wujudkan menjadi sebuah kafe.

Selain itu, setelah ayahnya meninggal, Park Saeroyi mendapatkan kompensasi asuransi. Uang tersebut tidak ia gunakan untuk foya-foya melainkan dibelikan saham Perusahaan Jangga. Hal itu merupakan salah satu langkah awalnya untuk mengakuisisi Perusahaan Jangga.

Apabila Pins ingin melipatgandakan uang yang saat ini dimiliki, pilihan untuk investasi baik membangun bisnis atau membeli saham merupakan hal yang tepat. Melalui kedua cara ini, uang yang kamu miliki akan terus berputar.

Saat ini pun, bagi para pemula sudah tersedia layanan reksadana yang memungkinkan kamu untuk mulai investasi dalam jumlah sedikit. Keamanannya pun tidak perlu diragukan karena reksadana sudah dikelola oleh pihak profesional.

Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

(Klook)

Bagi kamu yang sudah nonton Itaewon Class, pastinya akan tahu kalau sang tokoh utama dalam drama ini bukanlah orang dengan pemikiran sejengkal. Supaya bisa memenuhi ambisinya, Park Saeroyi sudah merencanakan impiannya secara realistis bahkan untuk jangka waktu lebih dari 10 tahun ke depan.

Kalau Pins belum punya rencana keuangan masa depan, bisa mulai memikirkannya dari sekarang. Tak perlu seambisius Park Saeroyi, kamu bisa mulai dengan rencana yang jelas seperti mengambil KPR.

Perencanaan finansial jangka panjang juga bisa dijadikan goals yang akan kamu raih. Mudahnya yaitu, untuk bisa mencapai rencana A, berarti Pins harus memiliki uang sekian. Supaya bisa mendapatkan uang sejumlah tersebut, hal-hal yang yang perlu dilakukan adalah A, B, C, D. Hal ini selain sebagai penumbuh semangat, juga bisa menjadi latihan pengelolaan keuangan.

Seperti di Itaewon Class, Asuransi Itu Penting!

(Face to Feet)

Ayah Park Saeroyi juga mengajarkan ilmu keuangan yang penting yaitu mengenai asuransi. Setelah kecelakaan yang merenggut nyawanya, Mr. Park masih bisa memberikan tunjangan finansial kepada anaknya melalui kompensasi asuransi miliknya.

Berbekal uang asuransi tersebut, Park Saeroyi kemudian bisa membeli saham milik Perusahaan Jangga. Uang dari ayahnya itu bisa terus berputar dan bertambah yang juga berpengaruh pada kesuksesan Park Saeroyi di masa mendatang.

Mengatur Strategi Saat Berbisnis

(xTinTin)

Jika Pins memilih untuk memulai bisnis baru, maka pikirkanlah berbagai strategi yang diperlukan. Supaya bisa mendapatkan strategi yang pas, awali dengan skala bisnis yang kecil dulu. Seperti di Itaewon Class, Park Saeroyi mulai dari sebuah pub kecil. Lalu dari situ, ia mulai mengerti berbagai kekurangan dari bisnisnya.

Tujuan dari sebuah bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan dan hal tersebut didapat dari konsumen. Park Saeroyi menyadari hal itu dan kemudian melakukan perubahan pada bisnisnya. Ia menyesuaikan produk dan layanan dengan pasar yang dituju. Selain itu, ia juga memanfaatkan teknologi digital guna mendongkrak popularitas bisnisnya.

Sukses Itu Tidak Bisa Diperoleh Sendiri

(Soompi)

Saat menaiki tangga kesuksesan, Park Saeroyi tidak melakukannya secara sendiri. Ia memiliki Lee Ho Jin, seorang temannya yang paham dalam bidang saham dan investasi.

Berbagai keputusan keuangan yang diambil oleh Park Saeroyi tidak lain merupakan hasil dari diskusinya bersama dengan konsultan kepercayaannya tersebut. Bantuan tersebut sangatlah penting karena akan mempengaruhi langkah-langkah penanganan ketika menghadapi krisis. Jadi, kalau Pins berniat membuka bisnis, jangan ragu untuk minta nasihat dari orang yang lebih ahli.

Pemahaman mengenai ilmu finansial itu penting untuk kelangsungan hidup saat ini maupun di masa mendatang. Kamu bisa mulai menerapkan berbagai poin di atas untuk membantu keuanganmu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel