Pinhome

Tips Properti

Ilmu Bangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Ilmu bangun rumah adalah cabang keilmuan yang mempelajari tentang bagaimana cara membangun tempat tinggal dengan biaya murah, indah, waktu pengerjaan cepat serta konstruksi yang kuat. Seiring  perjalanan waktu maka terjadi perkembangan teknologi sebagi hasil dari olah pikir manusia dan izin tuhan sehingga hal-hal yang dahulunya tidak mungkin lalu menjadi sesuatu yang biasa saja. Untuk itu diperlukan ilmu terbaru agar tetap dapat mengikuti perkembangan tersebut. Termasuk juga dalam dunia pembangunan yang dapat dilihat perkembanganya misalnya pada variasi jenis material bangunan baru, penggunaan metode pelaksanaan terbaik serta bermacam alat pertukangan yang dapat memudahkan kita dalam membangun rumah. Lalu apa saja yang termasuk ilmu rumah? Untuk mengetahuinya maka kita perlu melihat seperti apa tahapan dalam wewujudkan hunian idaman keluarga ini.

Tahapan membangun rumah tinggal

  1. Persiapan pembangunan, misalnya angan-angan untuk memiliki rumah idaman, menabung untuk membangun rumah, menyiapkan tanah yang akan dibangun dan bermacam persiapan lain yang dapat memudahkan langkah dalam mewujudkan tempat tinggal terbaik.
  2. Perencanaan rumah, langkah selanjutnya adalah merencanakan seperti apa rumah yang akan dibangun, hasil perencanaan minimal berupa gambar bangunan, RAB rencana anggaran biaya bangunan, spesifikasi material yang akan digunakan.
  3. IMB Izin mendirikan bangunan, sebelum membangun rumah maka perlu mengurus terlebih dahulu macam-macam izin yang diperlukan sehingga tidak terjadi gangguan seperti penyegelan saat proses pembangunan berlangsung.
  4. Pendatangan material bangunan, beberapa jenis bahan bangunan harus didatangkan sebelum proses pembangunan dimulai, namun banyak juga yang keberadaanya menyesuaikan jenis pekerjaan yang sedang berlangsung.
  5. Penyiapan tenaga kerja, apakah mau dikerjakan dengan pengawasan sendiri, menggunakan jasa mandor, pemborong atau kontraktor bangunan.
  6. Pembangunan rumah, setelah tempat tinggal direncanakan dengan baik dan matang maka dapat dijadikan sebagai acuan membangun rumah. Dengan adanya gambar bangunan maka segala keinginan kita bisa dituangkan secara tertulis dalam bentuk gambar sehingga mudah dipahami tukang bangunan untuk diwujudkan sebagai bangunan nyata.
  7. Pemeliharaan rumah, banyak yang bilang bahwa memelihara itu lebih sulit dari membangun, jadi perlu diperhatikan masalah pemeliharaan rumah agar tetap awet tahan lama serta dapat berfungsi dengan baik.
  8. Renovasi rumah, adakalanya setelah rumah tinggal terbangun maka terjadi kerusakan atau kurang sesuai dengan kebutuhan keluarga, oleh karena itu perlu dilakukan renovasi dengan baik untuk menghasilkan bangunan terbaik.

Dari tahapan membangun rumah tinggal diatas maka dapat kita lihat gambaran umum tentang ilmu bangun rumah, selamat mewujudkan rumah idaman, semoga cepat tercapai apa yang menjadi cita-cita.

Tags :

Bagikan Artikel