Ikan Hias Sumatra

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari βˆ™ August 11, 2022 βˆ™ 6 menit membaca

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam kekayaan faunanya. Salah satunya adalah Ikan Sumatra. Dimana ikan tersebut merupakan sebuah ikan yang memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil. Walaupun ukurannya yang tergolong kecil, akan tetapi ikan ini sering kali digunakan sebagai hiasan aquarium.

Jenis Jenis Ikan Sumatra

Ikan Sumatra merupakan sebuah ikan yang memiliki nama lain Puntius Tetrazona, Sumatra Barb ataupun Tiger Barb. Sama seperti namanya bahwa ikan ini merupakan ikan yang berasal dari daerah Sumatra. Bahkan tak jarang ada yang menyebutkan bahwa ikan ini berasal dari daerah Kalimantan.

Ikan ini termasuk kedalam golongan ikan kecil. Dimana ukuran tubuhnya adalah sekitar 70 mm. Karakteristik yang dimiliki oleh ikan ini adalah pada corak tubuhnya. Warna tubuh dari ikan ini adalah berwarna lebih kekuning-kuningan akan tetapi ada sebuah garis vertikal yang berjumlah 4 buah.

Letak dari garis tersebut biasanya terletak pada bagian mata hingga ekornya. Untuk bagian ekor, sirip samping, dan juga bagian mulutnya lebih berwarna merah. Dan untuk sirip bagian atasnya berwarna hitam dan memiliki sedikit garis merah.

Ikan ini memiliki berbagai macam jenisnya, jika anda hendak melakukan budidaya sebaiknya anda mengetahui jenis yang dimiliki oleh ikan ini. Berikut adalah penjelasan terkait dengan jenis dari ikan tersebut.

1. Ikan Sumatra Albino

Jenis ikan Sumatra albino ini memiliki warna pada tubuhnya yang lebih dominan adalah warna putihnya. Pada jenis ini ikan tersebut juga memiliki sebuah garis vertikal.

Ikan Sumatera Albino

Walaupun garis vertikal dari ikan ini termasuk berwarna putih. Akan tetapi putih yang dimilikinya termasuk lebih putih daripada warna dari tubuhnya.

2. Ikan Sumatra Albino Pink

Walaupun termasuk sama-sama jenis albinonya. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dari jenis albino yang biasa. Pasalnya warna tubuh yang dimiliki oleh ikan ininlebih dominan pada warna merah muda.

Ikan Sumatra Albino Pink

Selain itu ikan jenis ini memiliki sebuah warna merah cerah pada bagian mulutnya. Bukan hanya pada bagian mulutnya saja, pasalnya pada bagian sirip bawah, ekor, sirip punggung dari ikan ini juga memiliki warna merah terang.

3. Ikan Sumatra Galak

Ikan sumatera galak

Ikan Sumatra jenis apapun ternyata memiliki sifat yang agresif dan tentunya dari sifat inilah yang membuat pergerakan dari ikan tersebut terkesan lebih gesit dibandingkan dengan ikan lainnya.

4. Ikan Sumatra Hijau

Sama seperti namanya bahwa ikan Sumatra hijau memiliki warna dominan pada tubuhnya adalah warna hijau. Dimana warna ini biasanya akan dikombinasikan dengan warna lain seperti warna merah yang terletak pada bagian sirip bawah.

Ikan Sumatera Hijau

Tidak seperti dengan jenis lainnya, pasalnya ikan jenis ini tidak memiliki garis vertikal yang berada pada tubuhnya. Dengan begitu warna yang dimiliki oleh ikan ini adalah warna hijau pada tubuhnya.

5. Ikan Sumatra Balon

Ikan ini memiliki sebuah warna yang dominan yaitu warna tubuh yang kekuning-kuningan. Selain itu ikan ini juga memiliki 4 buah garis vertikal yang terdapat pada bagian tubuhnya. Bagian yang terdapat garis vertikal tersebut adalah pada bagian mata, sirip, ekor, dan juga bibir.

Ikan Sumatera Ballon

Perlu anda ketahui bahwa warna yang terdapat pada bagian sirip atas dari ikan ini memiliki warna hitam. Sedangkan pada bagian mata, ekor, bibir, dan juga sirip bagian bawah memiliki warna yang lebih kemerah-merahan.

6. Ikan Sumatra Balon Slayer

Dan jenis ikan yang terakhir adalah ikan Sumatra balon slayer. Jika dilihat dari karakteristik warna dari ikan ini memang terlihat sama dengan ikan balon pada umumnya. Akan tetapi ikan Sumatra balon slayer sedikit memiliki perbedaan pada bagian sirip dan ekornya.

Ikan Sumatra Balon Slayer

Untuk ukuran sirip dan ekor dari ikan jenis ini termasuk lebih panjang dibandingkan dengan ikan jenis balon pada umumnya.

Harga Ikan Sumatra

Karena ikan ini memiliki berbagai macam jenis dengan karakteristik yang berbeda. Tentunya harga yang ditawarkan dari ikan ini akan berbeda tergantung dari jenisnya. Berikut adalah kisaran harga yang bisa anda jadikan acuan bila ingin melakukan pembelian.

1. Kisaran harga yang dimiliki oleh ikan Sumatra balon adalah sekitar Rp. 10.000 hingga 42.000.
2. Harga dari jenis ikan Sumatra balon slayer memiliki kisaran harga mulai dari Rp. 50.000 sampai pada harga Rp. 100.000.
3. Harga ikan Sumatra albino tergolong sangat terjangkau. Harga yang dimiliki oleh ikan ini adalah mulai dari harga Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000.
4. Harga ikan Sumatra albino pink hampir sama dengan jenis albino yaitu mulai dari harga Rp. 4.000 hingga Rp.5.000.
5. Harga ikan Sumatra hijau adalah berkisar dari harga Rp. 3.500 hingga Rp. 5.000.

Cara Membedakan Ikan Sumatra Jantan Dan Betina

Secara fisik bisa diperhatikan dengan baik sehingga mudah untuk membedakan manakah yang jantan dan betina berikut ini penjelasannya :

Ikan Sumatera Jantan

Betina

Warna garis diperut memudar ukuran tubuhnya membulat juga melebar dan warna di mulut tidak cerah

Jantan

Warnanya lebih terang terutama di menjelng masa pemijahan masa kawin. Warna merah pada bibir dan sirip lebih terlihat jelas. Ukuran tubuh jantan terlihat lebih panjang dibanding ukuran ikan sumatera betina.

Cara Budidaya atau Ternak Ikan Sumatra Pada Aquarium

Jika anda hendak melakukan budidaya ikan Sumatra maka sebaiknya bibit ikan yang anda gunakan adalah sudah berusia 5 sampai 9 bulan. Hal ini dilakukan agar ikan akan mudah untuk melakukan pemijahan.

Telur yang dihasilkan oleh ikan ini biasanya berjumlah 400 buah telur. Bahkan tak jarang ditemukan juga bahwa ikan ini bisa menghasilkan telur dengan jumlah 800 buah. Untuk pertumbuhan dari telur yang dihasilkan adalah sekitar 1 sampai 3 hari lamanya.

Pertumbuhan dari telur ikan ini sangat dipengaruhi oleh suhu dan kualitas air yang ada di dalam aquarium. Ketika sudah menginjak usia 3 sampai 4 hari maka telur akan berkembang menjadi sebuah larva dan sudah mulai belajar untuk bergerak.

Dan jika sudah memasuki usia 1 bulan maka warna dari anakan ikan tersebut akan lebih mudah untuk dilihat. Ketika proses pemijahan ada beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Hal pertama yang harus anda sediakan adalah aquarium dengan ukuran 15 liter. Akuarium tersebut hanya digunakan untuk 1 pasang indukan saja.

2. Pilihlah ikan dengan jenis kelamin jantan yang memiliki perilaku gesit dan warna yang ada pada tubuhnya terlihat cerah. Sedangkan untuk jenis kelamin betina sebaiknya anda memilih jenis ikan dengan ukuran tubuh yang tergolong gemuk.

budidaya ikan sumatra

3. Sebisa mungkin tidak menggunakan substrat pada bagian dasar aquarium. Anda bisa menggunakan jaring pemisah pada bagian dasar aquarium.

Ternak Ikan Sumatra

4. Masukkan tanaman air dengan bentuk daun yang tergolong kecil.
5. Untuk air yang ada di dalam aquarium memiliki komposisi seperti 50 % air aquarium lama, 25 % air hujan, dan 25 % air biasa.
6. Untuk suhu dalam aquarium berkisar dari 25 hingga 270 C.
7. Ketika semua bahan sudah dipersiapkan dengan baik, maka anda bisa mulai memasukkan indukan.
8. Jika proses bertelur sudah selesai maka anda bisa memindahkan indukan kedalam aquarium lainnya.
9. Amati perkembangan telur.
10. Jika usia dari larva sudah memasuki usia 1 minggu maka anda bisa memberikannya pakan.

Makanan Ikan Sumatra

Ikan ini merupakan salah satu ikan yang bisa memakan apa saja atau omnivora. Baik itu jenis pakan kering seperti pelet, jenis pakan hidup seperti cacing darah, bahkan pakan dalam jenis alami seperti tumbuhan yang ada di dalam aquarium.

Cacing Sutra

Walaupun bisa memakan segala jenis pakan, akan tetapi sebaiknya anda memberikan pakan dalam jenis makanan hidup setiap satu minggu sekali.

Baca Juga : Ikan Sili

Prospek dari budidaya ikan Sumatra memanglah terlihat memiliki masa depan yang baik. Pasalnya ikan ini memang sering kali dicari oleh mereka yang gemar menggunakannya sebagai ikan hias. Jadi jangan ragu lagi untuk melakukan budidaya ikan tersebut.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Halaman rumah masih terasa kosong? Untuk memberikan suasan hunian yang sejuk dan fresh, kamu bisa m

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan (KBP) adalah kawasan perumahan terpadu yang berlokasi di Bandung Barat, Jawa

Properti
Properti 4 List Perumahan Baru di Purwokerto

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa tengah. Kota ini tengah

Properti
Properti 14 Daftar Perumahan Baru Menarik di Kawasan BSD

Mencari hunian yang nyaman dan strategis di wilayah BSD? Tidak perlu khawatir! Kini semakin banyak

Finansial
Finansial Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Ingin beli hunian impian dengan cara investasi? Pins bisa memanfaatkan investasi emas sebagai tabun

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia