Ikan Hias Ringau

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari βˆ™ August 8, 2022 βˆ™ 6 menit membaca

Ikan Ringau atau Tiger Fish atau ikan harimau atau Datnioides microlepis dalam bahasa latinnya mungkin belum banyak yang tahu.

Ikan ini belum bisa disebut sebagai ikan yang langka, dan banyak ditemukan di sungai yang ada di Kalimantan. Ikan ini mempunyai bentuk corak warna yang khas dan menarik yakni loreng-loreng mirip seperti harimau.

Kalangan lokal telah biasa menangkap dan bahkan menyantap ikan Ringau atau si loreng Tiger Fish ini. Namun akhir-akhir ini terjadi kehebohan, akibat harga jual ikan Ringau ini yang tembus hingga mencapai 25 juta seekor.

Habitat Ikan Ringau

Ikan ringau dia alam liar biasanya hidup di aliaran sungai, Terutama sungai yang didalamnya ada banyak sisa pohon mati (hutan rawang) atau batang pohon ranting yang tenggelam di aliran sungai.

Ikan Ringau atau Tiger Fish

Ikan Ringau atau Datnioides microlepis nama latinnya yang sering juga disebut sebagai ikan harimau atau Tiger fish ini sebenarnya adalah ikan konsumsi yang bisa ditangkap di sungai-sungai yang ada di Kalimantan, namun karena warna dan bentuknya yang unik dan menarik, yakni loreng-loreng mirip hewan harimau maka Datnioides microlepis atau Ikan Ringau ini pun lantas layak juga dijadikan koleksi sebagai ikan hias.

ikan ringau

Ikan Ringau ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran sekitar 45 cm dan berat badan yang mencapai hingga 10 Kg.

Ikan Ringau air tawar ini menjadi peluang bisnis baru yang sangat bagus karena mempunyai harga ekonomis tinggi, ikan ini juga bisa menjadi ikan hias maupun untuk konsumsi.

Ikan ini mempunyai panjang hingga 28 cm. Ikan Ringau ini termasuk ikan air tawar dan ikan dalam yang tenang serta lebih suka untuk bersembunyi.

Dikarenakan harganya yang cukup mahal akhir-akhir ini maka orang pun mulai cukup banyak yang membudidayakannya. Hasil budidaya ikan Ringau atau Tiger fish ini memang cukup menguntungkan. Dengan patokan tinggi rendahnya harga berdasarkan pada ukurannya.

Cara dan Tips Budidaya Ikan Ringau

Guna membudidayakan ikan Ringau atau ikan harimau atau tiger fish atau Datnioides microlepis ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar namun hasilnya cukup menggiurkan sehingga tak heran yang berminat untuk membudidayakannya.

Sebagai lahan budidaya ikan Ringau atau Tiger fish ini cukup perlu pekarangan atau suatu lahan kecil sebagai kolamnya. Lalu hal awal yang harus disediakan untuk membudidayakan tiger fish atau ikan Ringau ini yang pertama ialah bibit unggulnya.

bibit ikan ringau

Penting sekali memilih bibit unggul ikan Ringau atau Tiger fish yang terbaik yang tersedia. Pilih bibit ikan tiger fish atau ikan Ringau yang sehat dan jelas corak pola warnanya.

Kemudian berikutnya perlu juga beberapa barang umum untuk budidaya ikan Ringau yakni seperti timba, dan jaring, juga paralon serta selang untuk saluran airnya, dan berbagai peralatan untuk membersihkan kolam, juga jerigen, dan pompa air, serta buat kolam ikannya sebagai tempat pemeliharaannya.

Kolam Tanah Ternak Lele

Pemeliharaannya juga mudah yakni jaga makannya serta kebersihan kolamnya. Lalu untuk pemasarannya setelah panen juga cukup mudah, karena selain sebagai ikan hias, maka tiger fish atau Ringau ini juga banyak yang mencarinya untuk dikonsumsi.

Aneka Jenis Ikan Ringau atau Tiger Fish

Ikan Ringau atau Tiger fish atau ikan harimau atau yang nama lainnya adalah Datnioides ini juga terdiri dari beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

Ikan Ringau Jenis Datnioides Pulcher

Jenis tipe ikan Ringau yang pertama ini ialah merupakan tiger fish atau ikan Ringau yang memiliki warna badan yang cantik. Ikan Ringau jenis Datnioides Pulcher ini asalnya dari Siam di Asia tenggara serta ada juga yang bisa ditemui di sungai yang ada di daerah Thailand, dan Laos, juga Kamboja, serta Vietnam.

Ikan Ringau Datnioides Pulcher

Namun sayangnya populasi jenis ikan Ringau tipe Datnioides Pulcher ini termasuk langka dan juga sudah mulai terancam punah. Sehingga hal ini lalu membuat ikan Ringau atau tiger fish jenis Datnioides Pulcher ini menjadi tiger fish atau ikan Ringau dengan harga yang paling mahal.

Sedikitnya jumlah populasi ikan Ringau atau tiger fish jenis Datnioides Pulcher ini adalah akibat terjadinya over fishing guna diperdagangkan dan juga akibat rusaknya habitat asli jenis ikan Datnioides Pulcher ini.

Sementara yang berusaha membudidayakannya jarang atau bahkan tidak ada. Sehingga dari hari ke hari ikan Ringau jenis Datnioides Pulcher ini pun mulai mengalami kelangkaan.

Ikan Ringau jenis Datnioides Microlepis

Ikan Ringau atau tiger fish jenis Datnioides microlepis ini ialah merupakan jenis ikan Ringau atau ikan harimau yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Hal ini karena memang habitat asli ikan Ringau jenis ini memang asalnya adalah dari Indonesia, tepatnya di berbagai sungai yang ada di Kalimantan, terutama Kalimantan Barat.

ikan ringau Datnioides Microlepis

Corak warna dasar Ikan Ringau atau Tiger fish jenis Datnioides microlepis ini memang tidak terlalu cerah dengan corak loreng atau belang yang berjumlah lebih banyak.

Ikan Datnioides microlepis ini juga biasanya disebut juga sebagai ikan Ringau Sumatra serta ikan Ringau Kalimantan.

Hal ini dikarenakan ikan jenis Datnioides microlepis bisa dengan mudah ditemui di pulau Kalimantan dan juga di pulau Sumatera.

Adapun letak perbedaan antara ikan Ringau Kalimantan dan dengan ikan Ringau Sumatra itu ialah Pada warna tubuh ikan Ringau Kalimantan yang lebih berwarna corak oranye jika dibandingkan dengan warna corak tubuh ikan Ringau Sumatra yang lebih pada corak warna yang lebih kuning.

Ikan Ringau Jenis Datnioides Undecimradiatus

Ikan Ringau atau tiger fish jenis Datnioides Undecimradiatus ini tipenya memiliki warna badan yang keemasan dengan tone warna yang cerah dan corak loreng atau belangnya yang ada di bagian tubuhnya yang sangat tipis dan juga berjumlah lebih jarang jika dibandingkan dengan jenis tipe ikan Ringau atau tiger fish jenis yang lainnya.

Datnioides Undecimradiatus

Ikan Ringau jenis Datnioides Undecimradiatus ini dapat ditemukan di sungai yang ada di negara Thailand, atau lebih tepatnya ada di sungai Mekong.

Ikan Ringau Jenis Datnioides Campbelli

Tiger fish atau ikan Ringau jenis tipe Datnioides Campbelli ini merupakan jenis tipe ikan Ringau yang memiliki corak belang pada bagian tubuhnya yang agak tidak jelas dan tegas bentuknya sehingga terkesan agak kotor atau sedikit kusam.

Datnioides Campbelli

Namun meskipun demikian ikan Ringau jenis Datnioides Campbelli ini tetap cukup banyak juga peminatnya yang mencari. Ikan Ringau atau tiger fish jenis tipe Datnioides Campbelli ini habitat asalnya dari sungai yang ada di Papua Nugini.

Baca Juga : Ikan Platy

Ikan Ringau Jenis Datnioides Polota

Ikan Ringau atau Tiger fish Jenis Datnioides Polota ini cukup banyak tersebar dan mudah ditemukan di beberapa negara yakni seperti ada di Myanmar atau lebih tepatnya di Yangon dan di Sungai Salwen, lalu di India tepatnya ada di Chilka Lake, dan Hooghly Rivers, serta Mahanadi, juga di Bangladesh atau di Sungai Ganges Delta, dan di Vietnam ada di sungai Mekong Delta.

Datnioides Polota

Kalau di Thailand terdapat di Danau Songkhla, dan Tha Taphal serta Sungai Chao Pharaya, dan di Malaysia ada di Bernam, dan Perak, juga di sungai Malaka, dan Serawak serta Sungai Rajang, dan di Singapura berada di pulau Ubin.

Lalu juga di Indonesia yakni ada di Sungai Batang Hari, dan di pulau-pulau lainnya di Indonesia yakni seperti di Sumatra, berada di sungai Kapuas serta Sungai Barito serta ada di Kalimantan juga. Potensi ikan ini jika dibudidayakan ikan Ringau ini kemungkinan akan memberi hasil yang sangat menguntungkan.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 8 Daftar Perumahan di Kelapa Gading

Kelapa Gading merupakan salah satu daerah di Jakarta Utara yang terkenal dengan kawasan perumahanny

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 5 List Perumahan Murah di Daerah Sawangan Depok

Perumahan murah di Sawangan Depok bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mencari hunian dengan harg

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Halaman rumah masih terasa kosong? Untuk memberikan suasan hunian yang sejuk dan fresh, kamu bisa m

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan (KBP) adalah kawasan perumahan terpadu yang berlokasi di Bandung Barat, Jawa

Properti
Properti 4 List Perumahan Baru di Purwokerto

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa tengah. Kota ini tengah

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia