Ikan Hias Oscar

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari βˆ™ August 10, 2022 βˆ™ 6 menit membaca

Ikan Oscar mungkin belum atau tidak sepopuler ikan hias lainnya di Indonesia. Ikan dengan nama latin Astronotus Ocellatus ini habitat aslinya adalah di sungai sungai Amerika Utara yaitu Peru, Kolumbia, Ekuador, Brazil, French Guiana dan Amazon.

Ikan Oscar juga dikenal sebagai ikan hias predator. Ikan Oscar cenderung memiliki sifat agresif sehingga pemeliharaannya juga memerlukan tempat khusus. Ikan Oscar juga bisa mencapai besar maksimal 40 cm dengan berat sekitar 3 kg. sedangkan untuk umur hidupnya bisa mencapai 10 tahun.

Ukuran Maksimal Ikan Oscar

Pertumbuhan ikan ini tergolong cepat, apabila makanan tercukupi serta kolam yang nyaman bagi ikan oscar mampu berkembang mencapai ukuran maksimal kurang dari 33 cm.

Jenis

Ikan Oscar dapat dijadikan ikan hias karena memiliki corak yang cantik. Jenis – jenis ikan Oscar juga beraneka ragam. Jenis ikan Oscar yang paling populer di dunia ada 4 jenis. Berikut ini deretan Ikan Oscar favorit pecinta ikan hias dunia.

1. Oscar Batik

Ikan Oscar batik merupakan jenis ikan yang paling diminati para pecinta ikan hias. Ikan Oscar ini memiliki corak Batik sesuai dengan namanya. Warna ikan Oscar batik didominasi warna hitam dengan bintik orange.

ikan oscar batik

Para pemula kadang mengira bahwa ikan Oscar batik sama dengan Ikan Oscar Tiger. Namun, jika diperhatikan, Oscar Batik memiliki corak yang cukup berbeda dengan ikan Oscar Tiger.

2. Oscar Paris

ikan oscar paris

Ikan Oscar Paris merupakan jenis ikan Oscar yang paling populer di dunia. Pasalnya, ikan Oscar Paris memiliki corak dan warna yang sangat beraneka ragam.

3. Oscar Tiger

Ikan Oscar Favorit pecinta ikan hias dunia lainnya adalah ikan Oscar tiger. Ikan Oscar Tiger ini memiliki corak yang unik mirip seperti Harimau.

ikan Oscar tiger

Dengan warna dasar hitam dan belang orange bagai Harimau, menjadikan Ikan Oscar Tiger terlihat garang dan unik.

4. Oscar Albino

Jenis ikan Oscar terakhir yang paling banyak dicari adalah Ikan Oscar Albino. Ikan Oscar Albino termasuk ikan Oscar termahal dan paling sulit dikembangbiakkan. Ikan ini dinilai sebagai ikan Oscar paling cantik.

Oscar Albino

Ikan Oscar Albino memiliki warna dasar putih dengan mata merah dan sirip lebar menjadikan ikan ini terlihat sangat anggun. Corak bintik bludru warna merah terang pada tubuhnya menjadikan Ikan Oscar Albino semakin cantik dan memesona.

Harga Ikan Oscar

Untuk harga, ikan Oscar memiliki harga cukup tinggi dibandingkan dengan ikan hias jenis lainnya. Harga ikan Oscar juga tergantung pada jenisnya.

Untuk ikan Oscar Batik harga ikan Oscar ini sekitar 75 ribu rupiah per ekor. Tingginya harga ikan Oscar karena budidaya ikan Oscar yang memerlukan perawatan khusus.

Harga ikan Oscar murah lainnya yaitu Oscar Paris. Ikan Oscar Paris memiliki harga 70 ribu rupiah per ekor. Ikan Oscar Paris merupakan jenis ikan Oscar dengan harga paling murah.

Sedangkan untuk harga tertinggi dipegang oleh Ikan Oscar Albino dengan kisaran harga sekitar 130 ribu rupiah per ekornya. Ini karena ikan Oscar Albino merupakan ikan Oscar yang paling sulit dibudidayakan.

Untuk jenis ikan Oscar Tiger, memiliki harga middle. Untuk satu ekor ikan Oscar tiger, dibanderol seharga 90 ribu rupiah per ekor sehingga masih sangat terjangkau. Untuk jenis ikan Oscar lainnya adalah sekitar 60 ribu hingga 140 ribu rupiah tergantung dari corak dan jenisnya.

Cara Budidaya Ikan Oscar

Budidaya Ikan Oscar tergolong sulit dilakukan. Namun, jika Anda dapat membudidayakan Ikan Oscar tentunya akan lebih menjanjikan. Sedikit berbeda dengan ikan lainnya, Ikan Oscar cukup pemilih dalam hal pasangan.

Ikan Oscar juga baru bisa dikawinkan saat sudah memasuki usia 2 tahun sehingga cukup memakan waktu. Berikut ini adalah cara membudidayakan ikan Oscar.

Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Jantan

Dua Lubang anus dan kelamin berukuran lebih kecil agak keluar memanjang

Betina

Dua Lubang anus dan meletakkan telur berukuran sama besar

Memilih Indukan Berkualitas

Untuk membudidayakan ikan Oscar maka diperlukan indukan berkualitas. Pilih indukan yang sudah dewasa atau berusia sekitar 2 tahun. Pilih indukan dengan corak terbaik dan sehat. Indukan harus memiliki ukuran tinggi sekitar 10 cm dan panjang sekitar 15 cm.

indukan ikan oscar

Karena ikan Oscar pemilih, maka pada satu tempat bisa masukkan 5 ikan betina dan 5 ikan jantan. Biarkan ikan Oscar memilih pasangannya sendiri nantinya.

Tahap Pemijahan

Kolam atau media pemijahan harus dipersiapkan dengan baik. Siapkan tempat pemijahan dengan ukuran 1.5 m X 1 m X 0.5 m. lalu isi dengan air setinggi 30 hingga 40 cm. Air yang digunakan harus air yang sudah diendapkan selama 24 jam.

Jika kolam pemijahan dan indukan sudah siap, maka tahap pemijahan bisa dilakukan. Masukan batu ceper dan tutup sebagian. Tahap pemijahan berlangsung pagi dan sore hari.

Bila ikan betina sudah dibuahi maka pindahkan ke dalam akuarium berukuran 70 cm X 40 cm X 40 cm. Setelah 3 hari telur akan menetas dan masukkan emalin atau methylene blue.

Pemeliharaan Benih

Benih ikan Oscar tidak perlu diberi makanan hingga umur 4 hari. Setelah berumur 5 hari maka berikan rotifer. Pemberian makan harus tepat waktu agar benih tidak saling memakan.

Setelah benih berumur 2 minggu berikan pakan berupa kutu air dan cacing rambut. Setelah berusia 25 hari ikan Oscar bisa dipindahkan ke kolam yang lebih besar.

Pembesaran

Untuk tahap pembesaran. Ikan Oscar bisa dipindahkan ke akuarium berukuran 2m 1m 1m dengan kedalaman air 25 sampai dengan 25 cm. gunakan air yang sudah diendapkan 24 jam.

Satu akuarium bisa diisi 300 ekor anakan Oscar hingga ikan berumur 1 bulan.Setelah itu kurangi jumlahnya hingga 200 dan seterusnya secara bertahap. Pada usia 5 bulan, mulai pisahkan ikan Oscar calon indukan.

Makanan Ikan Oscar

Untuk makanan, ikan Oscar di habitat aslinya adalah ikan kecil, jangkrik, udang, kepiting dan lainnya. Namun, jika membudidayakan ikan Oscar Anda bisa memberikan jenis pakan lainnya.

Untuk benih berusia hingga 5 hari, tidak perlu diberi pakan. Pada usia 5 hari berikan rotifer. Secara bertahap berikan kutu air dan cacing rambut.

Ketika anakan sudah berusia 25 hari hingga 1 bulan berikan udang kali, udang rebon dan pakan kecil jenis lainnya. Secara bertahap ganti pakan anakan sesuai dengan ukurannya. Ikan Oscar termasuk jenis kanibal jadi untuk pemberian pakan jangan sampai terlambat.

Baca Juga : Ikan Molly

Cara Merawat Ikan Oscar Di Akuarium

Setelah siap panen, ikan Oscar bisa dipelihara di akuarium. Pastikan akuarium telah diisi air endapan 24 jam sebanyak 40 hingga 45 galon.

Gunakan akuarium besar karena ikan Oscar bisa tumbuh mencapai 40 cm. akuarium yang sempit akan membuat ikan stres dan mati. Suhu air harus berkisar 23 hingga 27 derajat celcius dengan PH sekitar 6 hingga 7.

Anda bisa meletakkan eceng gondok tanaman air atau batu – batuan menyerupai habitat aslinya agar ikan Oscar bisa hidup lebih lama dan nyaman. Pastikan juga akuarium terjangkau sinar matahari namun jangan berlebihan.

Berikan pakan kesukaannya seperti udang kecil. Anda juga bisa menambahkan alga atau gangga. Bersihkan air akuarium menggunakan kondensor seminggu sekali.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Halaman rumah masih terasa kosong? Untuk memberikan suasan hunian yang sejuk dan fresh, kamu bisa m

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan (KBP) adalah kawasan perumahan terpadu yang berlokasi di Bandung Barat, Jawa

Properti
Properti 4 List Perumahan Baru di Purwokerto

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa tengah. Kota ini tengah

Properti
Properti 14 Daftar Perumahan Baru Menarik di Kawasan BSD

Mencari hunian yang nyaman dan strategis di wilayah BSD? Tidak perlu khawatir! Kini semakin banyak

Finansial
Finansial Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Ingin beli hunian impian dengan cara investasi? Pins bisa memanfaatkan investasi emas sebagai tabun

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia