Ikan Hias Koi

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 11, 2022 ∙ 9 menit membaca

Ikan koi memang menjadi salah satu jenis ikan hias dimana paling banyak diminati oleh para kolektor ikan hias yang ada di Indonesia.

Hal ini bukan tanpa alasan karena secara fisik, jenis ikan hias yang satu ini memang memiliki tampilan yang sangat cantik dan istimewa.

Tidak heran apabila jenis ikan yang satu ini banyak ditemukan di rumah-rumah para pecinta ikan.

Ikan yang berasal dari jepang ini memang dikenal dengan adanya corak unik di setiap badannya sehingga menghasilkan keindahan tersendiri.

Diantara salah satu pilihan ikan hias yang cukup menarik untuk dibudidaya adalah ikan koi. Nah, jika anda memang tertarik untuk membudidayakan jenis ikan ini, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal ikan ini lebih jauh lagi seperti pada ulasan berikut ini.

Ikan Koi adalah Hasil dari Perkawinan Silang

Ikan koi sendiri merupakan hasil dari perkawinan silang ikan mas dengan beraneka warna. Nah, seiring perkembangan zaman, kemudian ikan koi dikembangbiakkan menjadi berbagai jenis pola dan warna yang sangat menarik.

Tentunya perbedaan dari setiap jenis ikan koi adalah didasarkan pada sisik ikan, pola warna, dan lainnya. Sehingga hal tersebut telah membuat ikan koi terlihat semakin menarik dan lebih cantik.

Warna Warni Yang Terdapat Pada Ikan Koi Menunjukkan Keanekaragaman Gen

Nah, tahukah anda bahwa pola warna yang ada pada ikan koi memperlihatkan bahwa ikan tersebut memiliki keanekaragaman gen. Pada warna-warni ikan koi, maka variasi tersebut terjadi karena ekspresi gen yang ada di dalam ikan koi.

Memang keanekaragaman gen ini terjadi terhadap satu jenis spesies dari makhluk hidup saja. Nah, contoh lainnya adalah variasi warna yang terdapat pada bunga mawar.

Ciri Ciri Ikan Koi

Tahukan anda bahwa ada beberapa ciri yang dimiliki oleh ikan koi ini. Salah satunya adalah tubuh yang dimilikinya berbentuk seperti turpedo serta gemuk dan dilengkapi pula alat gerak yang berupa sirip.

Nah, sirip-sirip yang ternyata melengkapi morfologi dari ikan koi seperti sirip punggung, sirip anus, sepasang sirip dada, sirip ekor, dan sepasang sirip perut.

Selain itu, pada sisi badan, dari mulai pertengahan batang hingga batang ekor memiliki gurat sisi yang digunakan untuk menerima getaran suara. Terbentuknya garis ini adalah dari urat-urat pada sebelah dalam sisik dan membayang sampai keluar.

Saat ini, terdapat beberapa jenis ikan koi yang ada di pasaran. Buat anda yang mengaku sebagai pecinta ikan koi, ketahui apa saja jenis-jenisnya.

Jenis Ikan Koi

Setidaknya terdapat puluhan hingga ratusan jenis ikan koi yang ada, tetapi terdapat beberapa jenis koi yang paling banyak dipilih oleh para pecinta ikan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Untuk mendapatkan pemandangan di rumah yang cantik dan tenang, tentunya jenis ikan yang satu ini sangat cocok untuk anda pelihara di rumah. Bingung ingin memelihara ikan koi apa? Anda bisa kok memilih beberapa ikan koi lokal berikut ini.

1. Kohaku

Ikan koi kohaku

Kohaku mempunyai cirikhas warna putih dengan corak merah

2. Showa

Ikan Koi Showa

Sedangkan showa memiliki perpaduan tiga warna dasar putih dengan motif merah dan hitam yang campur abstrak

3. Sanke

Ikan Koi Sanke

Kalau koi sanke memiliki ciri khas warna dasar putih dengan pola warna merah yang tegas juga rapi dan sedikit bercak warna hitam

4. Chagoi

Ikan Koi Chagoi

Ikan koi jenis ini hanya memiliki satu warna dasar saja kombinasi abu dan kuning tipis tanpa corak.

5. Slayer Platinum

Ikan Koi Slayer Platinum

Memiliki ekor dan sirip yang memanjang seperti selendang sehingga ketika berenang terlihat indah gemulai memiliki warna putih perak seperti platinum

6. Tancho

Ikan koi Tancho

Ikan koi tancho mempunyai ciri khas yang berbeda dari koi lainnya yaitu dengan warna putih pada bagian badan, sirip sampai ekor. Sedangkan pada kepala terdapat pola merah yang tegas seperti memakai topo.

7. Asagi

Ikan Koi Asagi

Ikan koi asagi memilki kepala purih lalu corak yang biru pada sisik bagian leher sampai badan pangkal seperti tato, sedangkan ekor dan sirip ada perpaduan warna putih dan pada perut dan samping warna merah.

Asagi yang bagus perhatikan ringnya jangan ada corak warna yang tercampur. sirip atas dan kepala hanya putih saja.

8. Koi Goromo

Jenis ikan diatas yang pertama adalah Koi Goromo. Ini merupakan ikan dimana memiliki tepi biru atau hitam ditambah dengan corak berwarna merah.

Ikan koi goromo

Efek cluster seperti anggur juga terlihat jelas pada koi jenis ini. Adapun ikan koi jenis ini memiliki harga sekitar 1 jutaan. Tentu ini sepadan dengan keindahan tampilan yang dimiliki.

9. Ogon

Untuk anda yang ingin memiliki ikan dengan tampilan elegan, maka koi Ogon ini dapat menjadi pilihan yang terbaik. ini merupakan jenis koi yang berkembang karena adanya persilangan antara koi berpunggung kuning dan Shiro-Fuji.

koi ogon

Adapun warna dari koi Ogon ini adalah putih keemasan dimana memberikan perpaduan yang cantik. Untuk harganya, koi ini memang terbilang cukup mahal.

10. Goshiki

Koi jenis ini memiliki tampilan yang cukup unik dimana terdapat topi merah diatasnya dengan warna dasar abu-abu.

koi goshiki

Selain itu, anda juga dapat menemukan adanya sirip pada jenis ikan ini berwarna putih. Sementara garis punggungnya juga terdapat garis pendek dengan warna putih susu.

Dibandingkan dengan jenis sebelumnya, goshiki ini memang memiliki harga lebih murah.

11. Kinginrin

Ciri ciri dari ikan koi yang satu ini dapat dilihat melalui bentuk tubuhnya yang menyerupai ikan mas.

koi kinginrin

Selain itu, warna kulitnya yang kekuningan memang tidak terlalu memperlihatkan apabila ini merupakan jenis ikan koi.

Ikan kinginrin ini pun ternyata juga ikan yang dihasilkan dari persilangan.

12. Taisho Sanke

Ini merupakan jenis ikan koi yang tertua dan banyak diburu oleh para kolektor ikan di dunia.

koi taisho sanke

Hal ini bukan tanpa alasan karena jenis ikan koi satu ini mempunyai corak yang cukup unik dimana memiliki dasar putih yang solid dengan adanya pola overlay merah yang berada diatas putih.

Cara Budidaya Ikan Koi

Sudah mengetahui apa saja jenis-jenis ikan koi bukan? saatnya mengetahui bagaimanakah cara budidaya dari ikan koi ini.

Sebenarnya cara untuk budidaya ikan ini sangat mudah dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan.

1. Memilih jenis indukan yang berkualitas

Tahap pertama yang penting diperhatikan ketika akan melakukan budidaya ikan koi ini adalah dengan memilih jenis indukan yang berkualitas terlebih dahulu.

Indukan koi

Indukan ini sendiri ternyata mempunyai peran yang sangat penting karena akan mempengaruhi keturunan yang akan dihasilkan nantinya.

Untuk itulah sebaiknya anda memilih jenis indukan yang benar-benar berkualitas. Jika anda masih ragu, cobalah untuk meminjam indukan dari teman anda yang sudah melakukan budidaya ikan koi terlebih dahulu.

Pastikan apabila indukan jantan maupun betina memang sudah sama-sama matang.

2. Pakan Yang Baik Untuk Induk Ikan Koi Mengandung Protein Sebesar 30% ke Atas

Umumnya makanan untuk ikan koi digunakan agar dapat merangsang pertumbuhan, menjaga kesehatan ikan, dan meningkatkan kualitas warna. Maka dari itu, tidak hanya pakan yang terdapat unsur-unsur esensial saja, namun juga harus memperhatikan waktu pemberian makanannya secara tepat.

Ketika pemberian pakannya, maka harus selalu dijaga komposisinya secara seimbang. Salah satunya adalah protein. Protein ini terdiri oleh asam amino. Tentunya 13 asam amino esensial wajib terkandung di dalam makanan ikan koi.

Hal ini dikarenakan protein dapat memberikan hasil yang sangat impresif terhadap pertumbuhan Ikan koi. Selain itu, protein juga bisa menghasilkan sperma atau telur yang lebih baik, dan bisa memperbaiki jaringan yang telah rusak.

Kekurangan asam amino atau protein akan membuat ikan ini tumbuh lebih lambat. Bahkan masalah tersebut bisa membuat kelainan bentuk dari tulang belakang.

Yang pasti sangat baik ketika anda memilih makanan ikan ini berupa pellet yang mempunyai persentase protein tinggi, yaitu diatas 30%. Anda bisa mendapatkan protein alami dari hewan, salah satunya adalah ulat sutera.

3. Siapkan media kolam untuk ikan koi

Langkah berikutnya adalah anda dapat menyiapkan kolam untuk ikan koi. Terdapat beberapa jenis media yang biasanya digunakan sebagai media untuk ikan koi mulai dari kolam tanah, aquarium bahkan terpal. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

a. Aquarium

Apabila anda menggunakan aquarium maka anda harus memperhatikan ukurannya. Buatlah aquarium minimal 1,5 meter dengan lebar 1 meter dan kedalaman air sekitar 50 cm agar ikan dapat bergerak bebas dan leluasa.

koi di aquarium

Jenis media yang satu ini sangat cocok apabila anda tidak memiliki lahan yang luas untuk membangun kolam di luar rumah.

b. Kolam terpal

Jika anda memiliki lahan di luar rumah untuk pembuatan kolam ikan koi, maka anda juga dapat membangun kolam yang terbuat dari bahan terpal.

Ternak Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Kolam ini sendiri juga dapat menjadi tempat tinggal nyaman bagi ikan koi. Adapun ukuran dari kolam terpal adalah 4 meter x panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter.

c. Kolam beton

Untuk anda yang ingin melakukan budidaya di kolam beton maka anda dapat membuat kolam dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 3×5 m.

kolam beton

Pembuatan kolam beton ini biasanya memiliki tujuan sebagai media pembesaran ikan setelah benih dipelihara.

d. Kolam tanah

Media lainnya yang dapat anda gunakan untuk budidaya ikan koi adalah kolam tanah. Budidaya ikan di kolam tanah ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya di kolam lainnya.

Kolam Tanah Ternak Lele

Untuk membuat kolam kecil tanah ini, anda dapat menyiapkan lahan sekitar 2x1x0,6 meter dan dapat digunakan untuk 100 ekor koi dengan ukuran 5-7 cm. pastikan air sudah diendapkan terlebih dahulu jika menggunakan media ini.

4. Tahap pemijahan ikan koi

Tahap yang berikutnya adalah tahap pemijahan ikan koi ini merupakan tahap yang penting untuk diperhatikan.

Dalam tahap pemijahan ini bisa menggunakan kolam yang terbuat dari semen untuk menjaga sisik ikan agar tidak rusak apabila terjadi gesekan ketika proses pemijahan.

pemijahan ikan koi

Adapun ukuran kolam biasanya sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Kolam sebaiknya juga harus mempunyai saluran masuk dan keluar.

Jenis filter kolam ikan koi

Sudah mengetahui bagaimana tahap budidaya ikan koi bukan? nah, langkah berikutnya, anda wajib mengetahui apa saja jenis filter kolam ikan koi tersebut.

Keberadaan filter ini sendiri ternyata sangat penting karena akan membuat ikan koi tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut ini beberapa jenis media filter kolam ikan koi.

1. Japmat

Japmat japanese mata sendiri merupakan salah satu media filter yang cukup popular dan banyak digunakan.

filter japmat

Produk yang satu ini sendiri ternyata memiliki fungsi yang sangat penting yakni buat menyaring kotoran kasar yang ada di kolam renang.

2. Brush

Ini merupakan media filter mekanis dimana dapat digunakan pada kolam koi. Jika dilihat, maka bentuk dari filter ini seperti kemoceng yang terbuat dari benang nilon pada setiap sudutnya.

filter brush

Dengan filter inilah memungkinkan proses penyaringan kotoran kasar dari ikan bisa dilakukan dengan baik.

3. Bio ball

filter bio ball

Media filter popular lainnya yang digunakan untuk kolam ikan koi adalah bioball ini merupakan filter biologis dimana dapat digunakan untuk tempat tinggal dan berkembangnya bakteri maupun mikroorganisme yang dibutuhkan dalam proses filtrasi.

Baca Juga : Ikan Koki

ikan hiasMemiliki ikan hias memang menjadi salah satu cara buat menambah estetika pada rumah anda. Ikan koi merupakan pilihan ikan hias terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Demikian cara budidaya jenis ikan hias yang satu ini dimana wajib diketahui.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia