Ikan Hias Guppy

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 11, 2022 ∙ 7 menit membaca

Saat ini banyak orang yang memelihara hewan sebagai teman jalan-jalan atau sekedar hiburan di rumah. Hewan peliharaanpun lebih beragam, tak hanya hewan darat yang bisa diajak jalan namun juga hewan untuk hiasan rumah seperti ikan.

Bentuknya yang kecil, lincah dan imut membuat ikan banyak dipilih untuk hiasan rumah. Apalagi perawatannya yang mudah dan hidupnya tidak membutuhkan banyak ruang juga menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai ikan untuk dipelihara. Hewan yang sering dipelihara untuk hiasan rumah adalah ikan guppy.

ikan guppy adalah ikan hias air tawar. Banyak nama yang melekat untuk ikan guppy ini seperti ikan seribu, ikan cere atau ikan suwadakar sedangkan nama latin dari ikan guppy ini adalah Poecilia reticulata.

Ikan ini mempunyai karakter mudah berkembang biak dan beradaptasi dimana kelebihan inilah yang membuat ikan guppy banyak disukai.

Sehingga perawatan untuk ikan ini termasuk mudah dan simpel. Ikan guppy mempunyai ciri badan yang kecil, panjang badan ikan guppy betina adalah 4-6 cm, sedangkan panjang ikan guppy jantan adalah 2,5-3 cm dengan panjang tubuh ini jenis ikan guppy jantan dan betina mudah dibedakan.

Ikan guppy masuk sebagai ikan hias dengan ornamen badannya yang cantik dan berwarna menyala dan ekor yang lebar melebihi badannya sehingga tampak indah.

Bisa dibilang jika ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang banyak dipelihara. Ukuran tubuh ikan guppy biasanya hanya sebesar 2,5 cm.

Tak hanya itu saja, pasalnya ikan ini juga memiliki warna tubuh yang begitu cantik dan mencolok.

Ciri Ciri Ikan Guppy

Ikan ini juga memiliki karakteristik sirip dengan warna yang begitu cantik. Beberapa warna yang dimiliki oleh ikan ini adalah kuning, hijau, biru, hingga beberapa warna yang saling berpadu padan.

Selain itu ikan ini juga memiliki karakteristik khusus terkait dengan bentuk ekornya yaitu berbentuk kipas, bulat, dan juga melebar.

Ikan guppy juga menjadi salah satu ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Hal inilah yang membuat ikan guppy menjadi salah satu ikan yang banyak diminati oleh kebanyakan orang.

Jenis Jenis Ikan Guppy

Ikan guppy sendiri memiliki beberapa jenis, tiap jenis memiliki corak dan karakter yang berbeda. Apa sajakah jenis-jenis tersebut, berikut ulasanya ;

1. Ikan Guppy Albino

Ikan Guppy Albino

Ikan guppy albino adalah ikan guppy yang mempunyai warna putih seluruhnya di badannya. Ikan guppy albino merupakan ikan yang kekurangan warna hitam sehingga corak warna ikan guppy albino tidak ada warna mencolok seperti hitam. Warna ikan guppy albino bisa berwarna pink, orange atau merah.

2. Ikan Guppy Cendolan

ikan guppy cendolan

Ikan guppy cendolan adalah jenis ikan guppy yang masuk ke dalam kualitas menengah ke bawah. Nama ikan guppy cendolan ini didapat dari arti rijekan atau barang dengan kualitas yang kurang bagus. Harga ikan ini di pasaran termasuk murah yaitu 15ribu.

3. Ikan Guppy Koi

Ikan guppy koi

Ikan guppy koi adalah ikan guppy yang memiliki corak warna ke-orange an mirip warna ikan koi. Corak warna ke-orange an di badan ikan guppy ini bisa menyeluruh di badan atau hanya dibagian tertentu seperti kepada atau ikan atau dua duanya.

Ikan guppy koi sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti

A. Platinum Koi

guppy platinum koi

B. Ikan Guppy Tuxedo Koi

Ikan guppy Tuxedo Koi

Ikan guppy tuxedo koi ini sudah familiar di kalangan pecinta ikan.

C. Snakeskin Koi

guppy koi snakeskin

Memiliki corak motif seperti sisik ular sehingga guppy jenis ini lebih berbeda dari biasanya.

D. Albino Koi

Albino Koi

Berbeda nama tetap berbeda karakter dari ikan guppy koi, walaupun sama-sama memiliki ciri khas warna orange namun ada perbedaan yang bisa dilihat dari jenis ikan guppy koi.

E. Guppy Blue Dragon

Salah satu ikan guppy termahal, Ikan ini memiliki warna gradasi biru tua, dari kepada yang berwarna muda dan semakin tua ke arah ekor, kemudian warna biru tua yang sangat mengkilap di bagian ekor ikan.

Ikan Guppy Blue Dragon

Karena kecantikan warnanya ikan ini bisa dijual sampai 500 ribu sampai 1 juta rupiah per-ekornya. Wah cukup menarik bukan?

Banyak jenis ikan guppy dijual dengan harga mahal. Hal ini dikarenakan jumlah ikannya di pasaran (semakin langka ikan akan semakin mahal) dan corak ikan guppy.

Beberapa ikan guppy memiliki jenis tertentu dengan corak yang cantik sehingga hal ini membuat ikan guppy mempunyai harga di atas rata-rata. Salah satu ikan guppy yang mahal adalah ikan guppy jenis

Harga Ikan Guppy

Pasaran ikan guppy terkenal dengan ikan yang harganya terjangkau. Di pasaran harga ikan guppy dipatok dengan harga mulai dari 20 ribu sampai dengan 200 ribu.

Modal Usaha Ternak Ikan Guppy

Dengan mudahnya merawat ikan guppy dan banyak peminatnya membuat ikan guppy menjadi peluang usaha untuk menjualnya.

Bahan yang harus dipikirkan sebelum beternak ikan guppy adalah pakan, obat-obatan, vitamin, air dan listrik sedangkan alat yang harus dipikirkan untuk memulai bisnis ikan guppy adalah selang, paralon, kolam, jaring, sewa lahan.

Taruhlah saja modal untuk memulai bisnis adalah 7juta yang terhitung untuk biaya pembuatan kolam dan lain-lain.

Sedangkan biaya operasional seperti penyewaan tanah dll 2 juta, kemudian biaya tambahan seperti makan dan vitamin 7 juta. Dari modal tersebut dapat diketahui estimasi pendapatan perbulan dan keuntungannya.

Cara Budidaya Ikan Guppy

1. Pilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus.

Indukan ikan guppy adalah jantan dan betina. Cara memilih indukan yang bagus adalah dari badan ikan yang tidak ada lecet atau luka, mulus dan aktif. Indukan ikan guppy jantan mempunyai warna yang cerah, gerakan aktif dan badan lebih langsing daripada betina.

indukan guppy

Sedangkan indukan betina badannya lebih besar dan gerakan kurang aktif seperti banyak diam kemudian warna ikan guppy betina tidak semencolok jantan. Keberhasilan budidaya ikan guppy sangat dipengaruhi oleh keadaan ikan guppy jantan.

2 Kolam wadah

Dalam budidaya ikan guppy yang harus diperhatikan adalah wadah untuk ikan hidup. Budidaya Ikan guppy memerlukan empat wadah yang berbeda, fungsi dari wadah inipun berbeda.

wadah ikan guppy

Empat wadah berguna untuk wadah pemisahan, tempat pemijahan, tempat penetasan dan tempat Menyiapkan Ember yang akan digunakan untuk budidaya. Ember dibagi menjadi 4 berdasarkan fungsinya seperti yang sudah dijelaskan seperti di atas.

3. Proses pemisahan

Pisahkan ikan guppy jantan dan betina dalam wadah yang berbeda. Pemisahan ini menggunakan ember dengan tinggi minimal 30cm.

4. Perawatan Dan Suhu Air

Rutin mengganti air selama 3 hari sekali untuk ember jantan dan betina. Kemudian makanan juga harus rutin diberikan.  Ikan guppy di habitat aslinya akan mencari air yang mempunyai suhu hangat.

Sehingga membutuhkan water heater untuk menjaga suhu air seperti perairan alaminya. Suhu ideal ini kisaran 23-27 derajat Celcius.

5. Proses pemijahan

Dilakukan di wadah lain yang telah diisi air yang telah diendapkan sehari. Proses pemijahan dilakukan dengan memasukkan ikan guppy betina di pagi hari kemudian memasukkan yang jantan di sore hari. Pemijahan dilakukan selama 4 sampai 7 hari.

6. Perbandingan ikan guppy dilakukan dengan memasukkan ikan guppy jantan dan betina dengan perbandingan 5 banding 1.

7. Proses penetasan

Dilakukan untuk ikan guppy betina yang sudah dibuahi. Proses penetasan harus dilakukan dengan aerator untuk menjaga kebersihan air. Air harus diganti 3 hari sekali.

8. Proses pendederan

Dilakukan dengan meletakkan anakan guppy di ruang terbuka yang terkena cahaya. Ikan guppy harus terkena cahaya matahari agar bisa membentuk warna corak yang cantik. Selain itu kolam harus diberi tumbuhan air untuk melindungi dari sinar matahari.

Cara Ternak Ikan Guppy

Dalam beternak ikan guppy memerlukan beberapa media yang pas untuk beternak seperti

1. Aquarium

Tempat seperti ini cocok untuk hidup ikan guppy karena habitat asli ikan guppy adalah di air hangat.

Ternak Ikan Guppy Akuarium

Aquarium yang sudah bersih cocok untuk proses penetasan dengan dilengkapi aerator. Selain itu aquarium digunakan untuk perkembangan ikan guppy.

2. Kolam Terpal

Ternak Ikan Air Tawar Kolam Terpal

digunakan untuk proses pemijahan, pemijahan ikan guppy memerlukan ruang tertutup untuk prosesnya.

3. Outdoor

ini adalah wadah untuk anakan guppy. Outdoor dengan tumbuhan air bisa melindungi anakan dari panas matahari. Kolam outdoor ini berguna untuk mendapatkan sinar matahari agar mendapatkan corak yang baik.

5. Kolam

dilakukan untuk proses pemisahan atau juga untuk pertumbuhan ikan guppy.

Makanan Ikan Guppy

Makanan yang cocok untuk ikan guppy adalah pellet sayuran, artemia beku-kering, cacing darah beku kering, cacing tubifex beku kering dan kuning telur.

Baca Juga : Ikan Discus

Sekian ulasan mengenai budidaya ikan guppy, semoga bermanfaat!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia