Ikan Hias Cupang

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 10, 2022 ∙ 16 menit membaca

Ikan cupang bisa disebut sebagai fenomena. Ada banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara ikan cupang sebagai ikan hias.

Ikan cupang merupakan ikan air tawar dengan habitat asalnya terdapat di beberapa negara Asia Tenggara. Nah, untuk anda yang ingin mengenal ikan ini lebih jauh lagi, berikut ulasan selengkapnya.

Nama Latin Ikan Cupang

Di kalangan penggemar, umumnya ikan cupang terbagi ke dalam tiga golongan, ada cupang hias, cupang liar, dan cupang aduan. Namun tahukah anda nama latin dari ikan cupang? Nama latinnya adalah Betta sp.

Hal ini disebabkan karena ikan cupang memiliki banyak penampilan yang sangat menarik. Bagi Anda yang tertarik untuk jenis-jenis dari ikan cupang ini, maka berikut ini adalah ulasannya :

Ciri Ciri Ikan Cupang

Hal pertama yang akan kita pelajari mengenai ikan cupang adalah ciri-ciri dari ikan cupang ini sendiri. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang memiliki ukuran kecil.

Ya, ikan ini memang tidak bisa tumbuh besar seperti ikan nila, ikan koi, dan juga ikan-ikan besar yang sering dipelihara lainnya.

Hal inilah yang membuat Anda memerlukan tempat yang kecil untuk bisa memelihara ikan ini. Ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang langsing kecil dan juga memanjang. Biasanya ikan cupang memiliki sifat yang lebih indah dan juga agresif.

Biasanya jenis dari ikan cupang jantan memang memiliki sifat yang lebih agresif dan cenderung selalu bertarung jika menemukan saingannya. Selain ikan cupang jantan Anda sudah bisa menemukan beberapa ikan cupang betina yang memiliki sifat agresif pada ikan cupang jantan.

Sifat agresif yang dimiliki oleh cupang jantan ini lah yang seringkali membuat ikan cupang sering digunakan sebagai ikan aduan. Akan tetapi selain memiliki sifat agresif yang unik keunikan lain dari ikan cupang ini juga bisa dilihat dari ekor dan sirip yang dimiliki oleh ikan cupang tersebut.

Akan tetapi ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki ekor dan sirip sangat menarik ada juga beberapa ikan cupang yang memiliki bentuk sangat umum.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ikan ini memiliki sirip dan ekor yang indah. Jika Anda ingin tahu lebih dalam mengenai ikan cupang kami akan membahasnya pada sub bab selanjutnya.

Umur Ikan Cupang

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan cupang karena penampilan menariknya, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memeliharanya serta usia hidupnya pada dasarnya ikan cupang memiliki usia yang cukup pendek.

Ikan cupang rata-rata hanya bertahan hidup hingga 3 tahun saja. Meski begitu, ikan cupang dengan jenis berbeda biasanya juga akan memiliki usia yang berbeda. Jenis pakan dan juga lingkungannya juga akan sangat mempengaruhi usia hidup dari ikan cupang yang Anda pelihara.

Pada umumnya, ikan cupang yang dipelihara dengan pengetahuan ini hanya akan bertahan sebentar. Jika Anda bisa memelihara ikan cupang dengan baik Anda bisa mendapati ikan cupang Anda hidup lebih lama.

Untuk mendapatkan ikan cupang yang hidup dengan waktu yang lebih lama pastikan Anda membeli ikan cupang yang masih berada dalam kondisi yang baik.

Salah satu ciri dari ikan cupang yang memiliki kondisi kesehatan yang baik adalah warna yang cerah, mata yang biasa dan sirip yang utuh.

Jika Anda menemukan ikan cupang yang memiliki warna pucat mata melotot dan siripnya robek-robek, maka akan lebih baik bagi Anda untuk menghindari membeli ikan cupang tersebut.

Hal ini disebabkan karena kondisi ini merupakan salah satu tanda bahwa ikan cupang tersebut dalam kondisi yang buruk.

Selain itu ukuran akuarium yang lebih besar juga akan membantu ikan cupang Anda untuk hidup lebih lama lho!

Jenis Ikan Cupang Hias

Nah tiba saatnya kita membahas mengenai jenis-jenis dari ikan cupang Apa saja jenis dari ikan cupang ini?

1. Halfmoon

cupang halfmoon

Ikan cupang pertama yang akan kami bahas adalah ikan cupang halfmoon ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang sangat besar sehingga terlihat menyatu ketika sirip dan ekor berkembang, maka sirip dan ekor tersebut akan membentuk setengah lingkaran sehingga disebut sebagai cupang halfmoon.

1.2. Ikan Cupang Termahal dan Terlangka

Tentunya popularitas ikan cupang hingga kini tidak pernah surut walaupun munculnya jenis-jenis ikan yang lain. Ternyata ada lho ikan cupang termahal dan terlangka. Salah satu ikan cupang termahal adalah ikan cupang halfmoon.

Yang mana harga ikan yang sudah juara adalah sekitar Rp500 ribu/ ekor. Ada pula ikan cupang cagak yang sudah juara bisa mencapai Rp1.200.000/ekor. Selain itu, ikan cupang cagak juga termasuk sebagai ikan yang langka lho di pasaran karena sangat sulit dibudidayakan.

2. Plakat

cupang plakat candy

Ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak di adu sesungguhnya ikan cupang ini memiliki warna tubuh yang unik dan menarik dan cukup mirip dengan ikan koi siripnya memiliki bentuk yang tegas dan sedikit besar.

3. Slayer

cupang slayer

Jenis ikan cupang selanjutnya adalah ikan cupang slayer. Ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang sangat digemari hal ini disebabkan karena ikan cupang ini memiliki ekor dan sirip yang sangat besar dan sangat indah serta memiliki warna yang terang

4. Serit

cupang serit

Ikan cupang serit sering disebut juga dengan ikan cupang crowntail Hal ini disebabkan karena bentuk dari ekor dan sirip nya terlihat seperti mahkota biasanya jenis ikan cupang ini cukup mahal karena penampilannya yang elegan.

5. Ciri Ciri Cupang Avatar

Nah, sudah tahu kan ikan cupang termahal dan terlangka? Kini saatnya membahas tentang ciri-ciri salah satu ikan cupang yang indah, yaitu ikan cupang avatar. Untuk ciri-cirinya sendiri, maka badannya hanya didominasi dengan dua warna saja.

Biasanya mempunyai warna dasar hitam dan totol-totol biru. Tetapi dengan semakin pintarnya para breeder ketika melakukan kawin silang, ciri-ciri dari cupang avatar pun tak lagi didominasi dengan warna tersebut.

Tetapi ada pula yang berwarna hitam dengan kombinasi biru flat. Ikan dengan ciri tersebut kemudian mempunyai nama sendiri, namanya adalah blue black light.

5.1. Avatar Gordon

cupang avatar gordon

Ikan cupang Selanjutnya akan kami bahas adalah ikan cupang Avatar Gordon ikan cupang ini biasanya memiliki warna biru hitam dan merah penampilannya ini membuat ikan cupang yang satu ini menjadi sangat unik dan terkesan elegan.

5.2. Avatar Vampire

cupang avatar vampire

Jika Anda ingin melihat ikan cupang yang memiliki kesan misterius, maka ikan cupang Avatar vampir merupakan salah satu ikan yang harus Anda miliki titik biasanya ikan ini memiliki penampilan yang gelap sehingga membuatnya terkesan misterius.

6. Leopard

cupang leopard

Selanjutnya ikan cupang yang tidak kalah unik adalah ikan cupang Leopard. Ikan cupang Leopard merupakan ikan cupang yang memiliki warna seperti Leopard yaitu warna orange kuning dan juga hitam.

7. Plakat Besgel

cupang plakat besgel

Jenis ikan cupang yang satu ini biasanya didominasi dengan warna biru dan merah akan tetapi ada juga ikan cupang plakat besgel yang memiliki warna hijau yang merupakan salah satu jenis ikan yang cukup jarang ditemukan.

8. Avatar Cooper

cupang avatar cooper

Ikan cupang Selanjutnya akan kami bahas adalah ikan Avatar super. Jenis ikan ini juga biasanya memiliki harga yang mahal karena penampilannya yang unik dan misterius

9. Blue Rim

Berbeda dengan ikan cupang Avatar ikan cupang blue Rim malah memiliki penampilan yang warna yang terang biasanya ikan cupang ini memiliki tubuh berwarna putih dan bagian ujung ekor berwarna biru.

cupang blue rim

Akan tetapi ada juga beberapa jenis blue Rim yang memiliki tubuh putih dengan totol-totol biru abstrak.

10. Sakai fighter

cupang sakai

Jenis ikan yang satu ini merupakan jenis ikan yang memiliki tubuh berwarna hitam dan sirip berwarna gradasi biru tua. Kadang Anda juga bisa menemukan warna merah pada beberapa ikan sakai fighter ini.

11. Cupang Koi

Cupang Koi

Merupakan ikan cupang yang sangat menarik. Tubuhnya memiliki warna dasar putih dengan banyak gradasi warna yaitu merah, biru, orange dan hitam. Anda juga terkadang akan menemukan warna kuning dan hijau pada jenis ikan ini.

12. Ikan Cupang Baby Giant

cupang baby giant

Ikan ini memiliki penampilan yang cukup mirip dengan cupang koi. Biasanya mereka yang belum terbiasa dengan ikan ini akan sulit membedakan keduanya.

13. Blue Rim Ori Thailand

cupang blue rim ori thailand

Jenis ikan ini tampilannya mirip dengan cupang blue rim seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

14. Plakat Multicolor

Cupang Plakat Multicolor

Memiliki warna yang sangat indah. Jika Anda menemukan ikan ini, maka Anda bisa melihat keindahan hampir semua warna di tubuhnya

15. Kachen Worachai

Cupang Kachen worachai

Memiliki warna utama biru, putih dan merah. Ekor dan sirip tidak terlalu panjang tapi sangat menarik penampilannya.

16. Bagan Merah

cupang bagan merah

Sesuai namanya memiliki warna merah. Ada juga yang memiliki warna merah gelap dan oranye kemerahan.

17. Gold Dragon

cupang gold dragon

Sesuai namanya ia memiliki warna keemasan. Ada yang memiliki sirip besar dan ada yang memiliki sirip biasa. Makin besar siripnya makin mulia penampilannya

18. Koi Tiger

cupang koi tiger

Punya warna mirip ikan koi tapi cenderung didominasi warna oranye, hitam, putih.

19. Betta Splendens

cupang betta splendens

Punya sirip dan ekor yang sangat besar dan sangat indah. Sayangnya sering digunakan sebagai ikan aduan.

20. Bangkok

cupang bangkok

Cenderung memiliki warna biru terang, dan merah. Memiliki sirip dan ekor dengan ukuran biasa. Tapi memiliki ekor dengan warna sangat unik biru dan merah bergantian.

21. Black Samurai

cupang black samurai

Jenis cupang ini plakaat dengan warna hitam dengan sisik putih oleh karena itu disebut dengan black samurai perpaduan warna dasar hitam dan putih.

22. Giant

cupang giant

Karakter jenis cupang ini ukuran fisik tubuhnya bisa mencapai 7,5cm lebih besar dari jenis cupang lainnya oleh karena itu cupang ini disebut cupang giant.

23. Nemo

cupang nemo

Sudah pernah nonton kartun tentang petualangan ikan laut yang bernama nemo, ikan ini sesuai karakter tokoh utama yaitu ikan nemo dominasi warna orange dan garis putih.

24. Black Dragon

ikan cupang black dragon

Sesuai dengan namanya corak kombinasi warna ikan cupang ini adalah dominan warna silver putih dengan sirip pada tepian berwarna hitam.

25. Fancy

cupang fancy

Memiliki warna karakteristik dari mulut hingga sampai ekor full warna atau sisik dragonnya digabung dengan warna kombi atau multicolour.

26. Emerald

cupang emerald

Berbeda dengan cupang nemo yaitu cupang emerald memiliki warna pembeda selain orange dan kuning ada tambahan warna bintik bintik putih seperti galaxy.

27. Galaxy

cupang galaxy

Kisaran harga masih stabil sekitar 200ribuan, kenapa ikan jenis ini dinamakan galaxy karena corak warna bentuknya tidak beraturan seperti pemandangan galaxy luar angkasa.

28. Black Mamba

cupang black mamba

Seperti warna cupang black samurai perpaduan warna dasar hitam dengan putih mutiara akan tetapi yang menjadi pembeda black mamba lebih ke bintik bintik corak puith mutiara.

29. Marble

cupang marble

Kenapa dinamakan cupang marble karena mempunyai motif bercak bercak biru di bagian sirip ekor kepala hingga badan.

30. Plakat Koi

cupang plakat koi

Seperti ikan koi yang mempunyai ciri khas perpaduan warna merah dan putih akan tetapi ikan cupang plakat koi bisa berkembang mempunyai warna fullblock dan bisa muncul warna orange biru.

31. Nemo Candy

cupang nemo candy

Nah sudah tahu warna permen, kenapa bisa dinamakan cupang nemo candy karena perpaduan kombinasi warna orange putih dan ditambah lagi warna candy bisa muncul warna merah biru maupun pink

32. Dumbo Ear

cupang dumbo ear

Ciri khas memiliki sirip besar seperti belalai gajah pada saat berenang terlihat lucu seperti kipas yang melambai lambai.

33. Big Ear

cupang big ear

Sama halnya dengan ikan cupang dumbo ear memiliki sirip disamping insang berukuran besar juga akan tetapi versi lebih kecil dari dumbo ear.

34. Lavender

cupang lavender

Warna ikan cupang ini seperti indahnya warna bunga lavender yang mekar yaitu warna ungu dan ada kombinasi warna putih atau abu abu di ujung ekor maupun sirip.

35. Double Tail

ikan cupang double tail

Tahukah kamu ada juga lho jenis ikan cupang double tail, beda dengan lainnya jenis cupang ini seperti mempunyai dua ekor yang mengembang jika diperhatikan dengan seksama.

36. Rose Tail

cupang rosetail

Ketika ekor mengembang jenis cupang rose tail ini memiliki karakteristik lebar dan besar seperti kipas ukuran melebar atau layaknya ekor merak yang anggun.

37. Panda

cupang panda

Sesuai dengan panda warna putih dan ada motif hitam di sekitar mata mirip seperti hewan panda sehingga dijuluki cupang panda.

38. Blue Panda

cupang blue panda

Sama halnya dengan cupang panda akan tetapi yang menjadi perbedaan yaitu warna biru bukan warna hitam sehingga dinamakan blue panda

Cara Memelihara Ikan Cupang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran akuarium yang lebih besar akan membantu ikan cupang Anda hidup lebih lama.

Akan tetapi jika Anda hanya ingin memelihara ikan cupang untuk dijual kembali, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara memelihara ikan cupang berikut ini.

Membuat Akuarium Untuk Ikan Cupang

Untuk membuat akuarium untuk ikan cupang Anda, Anda akan memerlukan kaca, lem silikon, alat lem tembak.

Kaca yang Anda siapkan harus merupakan kaca yang sudah dipotong dengan ukuran sesuai dengan volume yang Anda inginkan.

membuat aquarium cupang

Setelah itu Anda rekatkan dengan menggunakan lem silikon. Setelah kering Anda bisa cek apakah akuarium aman dari segi kebocoran.

Jika sudah, Anda bisa menghiasnya dan mengisinya dengan air dan tanaman hiasan sesuai dengan keinginan.

aquarium cupang

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk diberikan pada ikan cupang antara lain adalah :

  • Tanaman anacharis
  • Tanaman java fern Tanaman amazon sword
  • Tanaman Hygro
  • Tanaman hornwort
  • Dan yang terakhir adalah moss ball

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Untuk membuat ikan cupang Anda lekas besar, Anda harus mengganti setengah air dari aquarium ikan cupang dalam setiap hari saat ingin membesarkan ikan cupang. Hal ini disebabkan karena penggantian air akan membantu produksi hormon lebih cepat.

Selain itu Anda bisa memberikan makanan seperti cacing sutra, kutir, jentik nyamuk, cacing mikro, dan juga kuning telur.

Makanan ini juga akan membantu ikan cupang Anda berwarna lebih cerah dan terang.

Jika Anda tidak sempat memberikan makanan organik pada ikan cupang Anda. Anda juga bisa memberikan makanan pelet.

Salah satu pelet terbaik untuk ikan cupang ini adalah Aqualife betta S2, MeM, Atison’s Betta, NRD, dan juga Monster Pro 03

Masalah Kesehatan Pada Ikan Cupang

Jika Anda mendeteksi masalah kesehatan pada cupang Anda seperti spot putih pada cupang Anda maksimal Anda bisa memberikan obat. Spot putih pada cupang ini biasanya adalah jamur.

Ketika capung Anda terserang jamur, maka obat paling baik untuk cupang Anda ini adalah Ich Guard, Ampisilin, Tetrasilin, dan bettazing.

Penyebab Ikan Cupang Mati

Penyebab ikan cupang ini mati umumnya karena kondisi air terlalu buruk hingga akuariumnya terlalu sempit.

Tentunya hal ini akan membuat ikan mudah stres sampai dapat menyebabkan kematian. Selain itu, kematiannya juga bisa disebabkan karena ikan mengidap penyakit, salah satunya yaitu masalah kandung kemih.

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Tidak hanya membuat ikan terbebas dari penyakit, namun ada banyak manfaat yang dimiliki oleh daun ketapang untuk ikan cupang.

Diantaranya adalah mencerahkan warna dan mempercantik kulit ikan cupang, mengurangi stres ikan cupang, mencegah infeksi jamur maupun penyakit kulit lainnya.

Daun ketapang dapat digunakan sebagai tempat ikan meletakkan telur, dan ternyata daun ketapang kering bisa menghasilkan zat organik, bermanfaat dalam menurunkan kadar dari pH air hingga menyerap zat kimia yang terdapat di dalam air.

Baca Juga : Ikan Cere

Proses Mengawinkan dan Pemijahan Ikan Cupang

Untuk memijahkan ikan cupang, cek terlebih dahulu jenis kelamin ikan cupang Anda.

Ikan cupang jantan biasanya memiliki gerakan lebih lincah, sirip dan ekor yang besar dan mengembang serta memiliki warna cerah dan tubuh lebih besar. Sedangkan untuk ikan cupang betina adalah kebalikannya.

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina, maka anda bisa melihatnya dari segi warna. Biasanya ikan cupang jantan mempunyai warna-warna yang terlihat lebih cerah daripada betina.

Cupang jantan mempunyai sirip yang terlihat jauh lebih panjang, sedangkan pada sebagian varietas, betina mempunyai sirip ekor yang lebih pendek.

Sifat Ikan Cupang Jantan yaitu ada Dua

Memahami sifat dari ikan cupang tentunya dapat memudahkan anda ketika ingin membudidayakan ikan cupang. Terdapat dua sifat dari ikan jantan, yaitu:

  • Membuat Sarang Gelembung

Nah, sarang gelembung adalah media agar dapat menetaskan telur-telur dari ikan cupang. Sehingga sifat khusus dari ikan cupang jantan yaitu membangun sarang gelembung tersebut. Walaupun ikan cupang betina ada juga yang membuatnya, namun hanya beberapa ikan betina saja.

  • Mengerami Telur Serta Merawat Burayak

Ikan cupang jantan akan bertugas mengerami telur, yang ternyata kebalikan dengan hewan yang lain ya? Bukan hanya mengerami telur, namun hewan ini juga akan merawat serta membantu burayak-burayak sampai pandai berenang.

Masukkan kedua ikan jantan dan betina dalam satu wadah ember atau aquarium akan tetapi beri sekat transparan terlebih dahulu seperti botol kaca sampai satu hari.

Hilangkan sekat transparan atau keluarkan ikan cupang kedalam wadah dan lanjut ampur jadi satu ikan cupang tadi dalam satu wadah

Proses Jodohin Cupang Pemijahan

Setelah Anda sudah menentukan ikan cupang yang akan di pijah. Anda siapkan air sungai yang sudah diendapkan semalam dalam 2 tempat bersih setinggi 10 – 15 cm, tambahkan tanaman air untuk tempat berlindung anakan.

Setelah itu masukkan ikan jantan di wadah 1 dan ikan betina di wadah 2. Hal ini bertujuan untuk memancing jantan mengeluarkan gelembung udara untuk tempat telur.

Jika sudah 2 hari, Anda bisa masukkan ikan cupang betina ke wadah cupang jantan. Setelah itu tutup wadah dengan koran dan letakkan di tempat yang jarang dilalui orang.

Jika sudah, maka Anda hanya perlu menunggu telur menetas. Jika sudah menetas, Anda bisa memberikan pakan berupa cacing darah, cacing sutra dan atau anakan guppi.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Memang cara mengawinkan ikan ini ‘susah-susah mudah’. Tetapi ketika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, dijamin hasilnya akan memuaskan anda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mudah dalam mengawinkan ikan cupang.

1. Ciri ikan cupang berjodoh

Sebelum mengawinkan ikan cupang, anda perlu mengetahui ciri-ciri saat ikan cupang berjodoh. Nah, salah satu ciri ikan ini berjodoh adalah ketika betina dilepaskan dengan tarian-tarian khasnya.

Kemudian ikan betina menyambut hal tersebut dengan baik dengan cara ikut pula menari sambil berenang menuju ke bawah gelembung, maka inilah ciri dari ikan cupang berjodoh.

2. Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur

Supaya cepat bertelur, maka anda perlu melakukannya dengan sabar maupun jangan tergesa-gesa saat mempraktikkannya. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengawinkannya.

  • Pemilihan hingga perawatan induk ikan jantan dan betina

Pertama pilihlah ikan betina yang perutnya telah penuh dengan telur. Dan yang paling penting adalah perhatikan dengan baik bahwa ikan cupang jantannya pun sudah siap ketika dikawinkan.

  • Membiarkan ikan kawin dengan sendirinya

Langkah selanjutnya adalah tidak mengganggu mereka ketika sedang kawin. Ketika ikan jantan telah membuat sarang gelembung, satukan mereka baik di pagi atau di sore hari.

Dengan memperhatikan hal ini dengan baik, tentunya ikan cupang betina pun tidak akan lama untuk bertelur setelah disatukan.

3. Berapa lama ikan cupang kawin?

Nah, apakah anda penasaran berapa lama ikan cupang kawin? Tentunya ketika ikan jantan memeluk betina, maka telur keluar serta dibuahi oleh ikan jantan terjadi selama beberapa detik saja, yaitu kisarannya adalah 10 hingga 20 detik.

Tetapi hal ini juga tergantung oleh tingkat kesulitan ikan jantan memeluk ikan betina, suasana sekitar, dan sebagainya.

4. Ciri cupang betina siap kawin

Ada beberapa ciri dari cupang betina siap kawin. Pertama, adalah umur ikan betina yang sudah 5 bulan lebih. Kedua, perutnya penuh dengan telur.

Nah, dari beberapa ciri ini, maka hanya dengan hitungan jam saja ketika anda menyatukan cupang jantan dan betina, mereka pun akan kawin.

5. Ciri ikan cupang betina hamil

Ciri-ciri ikan betina yang hamil sebenarnya tidak susah ditentukan, karena biasanya perut ikan betina terlihat lebih besar ketika sudah dilakukannya proses perkawinan.

Ciri dari ikan yang telah bertelur yaitu adanya gelembung kecil dan di dalamnya ada titik kecil yang berwarna abu-abu.

6. Berapa hari telur ikan cupang menetas?

Telur ikan cupang akan menetas 1 hingga 2 hari. Hal ini merupakan waktu normalnya. Namun ketika ada telur 3 hari lebih masih terdapat di sarang gelembung, bisa jadi induk ikan jantan tidak memberi asupan oksigen lagi. Dan telur tersebut tidak akan bisa menetas.

7. Pakan Favorit Ikan Cupang Benih yang Menggunakan Pakan Alami

Pakan alami yang diberikan kepada ikan cupang cukup mudah dijumpai. Tentunya pakan alami yang mempunyai kualitas baik dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan cupang.

Salah satu pakan alami yang bisa diberikan kepada ikan cupang adalah kutu air. Ketika ikan cupang sudah berusia 7 hari, maka anda bisa memberikan kutu air ini. Jika sudah berusia 21 hari, maka anda bisa memberikan cacing sutera agar mendapatkan ikan cupang berkualitas.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 5 List Perumahan Murah di Daerah Sawangan Depok

Perumahan murah di Sawangan Depok bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mencari hunian dengan harg

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Halaman rumah masih terasa kosong? Untuk memberikan suasan hunian yang sejuk dan fresh, kamu bisa m

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan (KBP) adalah kawasan perumahan terpadu yang berlokasi di Bandung Barat, Jawa

Properti
Properti 4 List Perumahan Baru di Purwokerto

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa tengah. Kota ini tengah

Properti
Properti 14 Daftar Perumahan Baru Menarik di Kawasan BSD

Mencari hunian yang nyaman dan strategis di wilayah BSD? Tidak perlu khawatir! Kini semakin banyak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia