Pinhome

Uncategorized

Hitungan biaya upah borong tenaga memasang pondasi batu kali

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kali ini kita buatkan tutorial hitungan biaya upah borong tenaga memasang pondasi batu kali, yang dimaksud borong upah pondasi yaitu pemilik bangunan menyerahkan sepenuhnya tenaga pelaksanaan kepada pemborong, sedangkan material seperti pasir, semen, batu kali dan air disediakan oleh owner sebagai pemilik bangunan. sistem ini punya kelebihan sekaligus kekurangan. kelebihanya yaitu bisa lebih mudah mengontrol upah tenaga, sedangkan kerugianya terletak pada cara kerja yang terburu-buru karena tukang ingin mendapatkan untung banyak dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, alhasil pekerjaanya cenderung kurang maksimal. tapi kita tetap bisa mengantisipasinya dengan melakukan pengawasan dan pengarahan untuk mendapatkan kualitas bangunan terbaik.

Rumus upah borong pondasi batu kali

Upah borong = volume pondasi batu kali x harga borong upah pasangan pondasi batu kali per meter persegi.

Contohnya kita akan menghitung biaya borong upah pasangan batu kali pada rumah tipe 36 yang berdiri di atas tanah ukuran 5m x 12m dengan gambar denah dan detail pondasi seperti ini

gambar pondasi batu kali

Dalam artikel sebelumnya tentang cara menghitung volume pondasi batu kali kita dapatkan volume sebesar 10,386 m3.

sedangkan standar upah borongnya perlu kita survey menyesuaikan lokasi dan waktu pembangunan, caranya bisa bertanya-tanya ke kontraktor, arsitek, pemborong, mandor, tukang batu atau teman-teman yang kebetulan sedang membangun rumah.

Biaya upah borong pondasi batu kali = Rp.90.000,-

Harga tersebut merupakan rata-rata, karena bisa jadi akan berbeda karena terpengaruh tingkat kesulitan pekerjaan, waktu pelaksanaan, dan yang paling berpengaruh yaitu tingkat keahlian tukang yang mengerjakan.

Jadi total biaya borong tenaga = Rp.90.000,- x 10,386 m3 = Rp.934.740,- dibulatkan menjadi Rp.1.000.000,- terbilang ( Satu juta rupiah).

perhitungan tersebut cuma untuk memasang pondasi batu kali lho.. belum termasuk pekerjaan galian urugan tanah dan membuat sloof, kolom, dinding batu bata, rangka atap, atap, dll. jadi kita bisa menghitung juga item pekerjaan lainya agar tahu berapa total rencana anggaran biaya (RAB) yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan entah itu rumah, gedung, jembatan, atau yang lainya 🙂

Tags :

Bagikan Artikel