BlogPemilik PropertiFinansialMengetahui Hitungan Biaya Upah Borong Memasang Pondasi Batu Kali
0
0

Mengetahui Hitungan Biaya Upah Borong Memasang Pondasi Batu Kali

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
hitungan biaya upah borong memasang pondasi batu kalitop-right-banner

Kali ini, kamu akan membahas tutorial hitungan biaya upah borong memasang pondasi batu kali. Maksud borong upah pondasi yaitu pemilik bangunan menyerahkan sepenuhnya tenaga pelaksanaan kepada pemborong, sedangkan material seperti pasir, semen, batu kali dan air disediakan oleh owner sebagai pemilik bangunan.

Alhasil, pekerjaannya cenderung kurang maksimal. Namun, kamu tetap bisa mengantisipasinya dengan melakukan pengawasan dan pengarahan untuk mendapatkan kualitas bangunan terbaik. Salah satu caranya adalah dengan menghitung biaya upah borongan.

Tentunya, setelah tahu bagaimana hitungan biaya upah borong memasang pondasi batu kali akan memudahkan kamu membangun rumah yang nyaman, seperti di perumahan Orchard Village. Kamu juga bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi sekitar Pasar Baru Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Bagaimana cara menghitung biaya upah borongan memasang pondasi batu kali? Simak info di bawah ini.

Baca juga: 

Biaya Upah Borongan Pondasi Batu Kali

gambar pondasi batu kali
Source : Perhitungan

Upah borong sama dengan volume pondasi batu kali x harga borong upah pasangan pondasi batu kali per meter persegi. Contohnya jika akan menghitung biaya borong upah pasangan batu kali pada rumah tipe 36 yang berdiri di atas tanah ukuran 5m x 12m dengan gambar denah dan detail pondasi seperti ini:

Dalam artikel sebelumnya tentang cara menghitung volume pondasi batu kali kami dapatkan volume sebesar 10,386 m3. Sedangkan standar upah borongnya perlu kami survey menyesuaikan lokasi dan waktu pembangunan, caranya bisa bertanya-tanya ke kontraktor, arsitek, pemborong, mandor, tukang batu atau teman-teman yang kebetulan sedang membangun rumah.

Biaya upah borong pondasi batu kali = Rp.90.000,-

Harga tersebut merupakan rata-rata, karena bisa jadi akan berbeda karena terpengaruh tingkat kesulitan pekerjaan, waktu pelaksanaan, dan yang paling berpengaruh yaitu tingkat keahlian tukang yang mengerjakan. Jadi total biaya borong tenaga = Rp.90.000,- x 10,386 m3 = Rp.934.740,- dibulatkan menjadi Rp.1.000.000,- terbilang ( satu juta rupiah).

Perhitungan tersebut hanya untuk memasang pondasi batu kali ya Pins! Belum termasuk pekerjaan galian urugan tanah dan membuat sloof, kolom, dinding batu bata, rangka atap, atap, dan sebagainya. Jadi, kamu bisa menghitung juga item pekerjaan lainya agar tahu berapa total rencana anggaran biaya (RAB) yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan entah itu rumah, gedung, jembatan, atau yang lainya.

Baca juga: Pekerjaan Pasangan Pondasi Batu Kali

Harga Borongan Pondasi Batu Kali

Berapakah estimasi biaya untuk pengerjaan pondasi batu kali secara borongan? Secara umum, penentuan harga borongan pondasi batu kali melibatkan perhitungan borongan per meter, yang mencakup biaya jasa dan material yang terpasang. Jenis harga borongan pondasi batu kali dapat dibedakan menjadi dua, yakni borongan per meter lari dan borongan per meter kubik.

Dalam konteks borongan per meter lari, harga biasanya diterapkan pada proyek-proyek seperti pembangunan pagar, sistem irigasi, drainase jalan kecil, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk borongan per meter kubik, umumnya digunakan pada jenis pondasi talud. Penting untuk memahami bahwa perbedaan jenis pekerjaan dan kondisi tanah dapat mempengaruhi estimasi biaya secara keseluruhan.

1. Haraga Borongan per m1

hitungan biaya upah borong memasang pondasi batu kali
Source : Tokopedia

Penerimaan pekerjaan pondasi batu kali dengan skema borongan menandakan kesepakatan selesai. Secara umum, biaya borongan pondasi batu kali per meter lari berkisar antara Rp250.000 hingga Rp355.000. Dengan spesifikasi tertinggi mencakup tinggi pondasi 70cm, lebar bawah 40cm, dan lebar atas 30cm. 

Tarif tersebut mencerminkan standar industri yang berlaku dan telah disesuaikan dengan kondisi proyek. Dalam hal ini, pemahaman yang mendalam tentang spesifikasi teknis dan kebutuhan pekerjaan menjadi kunci kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk bekerja sama dengan profesional yang berpengalaman dalam menjamin kualitas serta keberlanjutan proyek konstruksi.

Baca juga:

2. Haraga Borongan Pondasi Sloof

hitungan biaya upah borong memasang pondasi batu kali
Source : Adiprana Indovesco

Harga sloof standar dengan ukuran 20×20 cm, menggunakan besi diameter 10 dan besi cincin diameter 8. Berkisar antara 255.000 hingga 325.000 per meter panjang. Penentuan harga juga dapat dipengaruhi oleh faktor jarak antar cincin serta jenis penggunaan besi yang diterapkan. 

Di pasar konstruksi saat ini, rentang harga tersebut cukup representatif untuk sloof dengan spesifikasi tersebut. Oleh karena itu, dalam menentukan biaya sloof, disarankan untuk mempertimbangkan variabel-variabel tersebut. 

Guna mendapatkan hasil konstruksi yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan proyek. Dengan begitu, proses perencanaan dan pemilihan material konstruksi dapat dijalankan secara efektif dan efisien.

Baca juga:

3. Harga Borongan Pondasi Talud per m1

Source : Asiacon

Harga pondasi batu kali tipe Talud bervariasi, berkisar antara 980.000 hingga 1.800.000 per kubik meter (m3). Tarif ini mencakup borongan pondasi talud dengan tinggi di atas 1 meter. Sejumlah faktor mempengaruhi harga, termasuk akses material ke lokasi proyek, kondisi galian yang mungkin ditemui, dan tinggi talud yang dibutuhkan.

Keberhasilan proyek sangat tergantung pada kemudahan akses material ke tempat proyek. Selain itu, kondisi galian yang dihadapi, seperti ketebalan lapisan tanah dan karakteristik geologisnya, juga mempengaruhi biaya total pondasi. Selanjutnya, tinggi talud yang diperlukan untuk pondasi juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan harga akhirnya.

Perlu dicatat bahwa harga yang disebutkan diatas adalah perkiraan. Ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tambahan yang mungkin muncul selama pelaksanaan proyek.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan profesional konstruksi yang berpengalaman.

Baca juga: 

4. Harga Borongan Pondasi Siring

Source : Qhomemart

Saat ini, dipersepsikan bahwa biaya jasa borongan pondasi siring terbilang ekonomis. Meskipun sebenarnya terdapat dua jenis pondasi di sepanjang siring karena adanya aliran air di tengahnya. 

Sayangnya, seringkali para tukang bangunan akan membuat kesalahan perhitungan terkait biaya jasa, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kerugian finansial. Penting untuk memperhatikan tren harga pondasi siring berdasarkan ketinggiannya di pasaran.

Harga borongan pondasi siring umumnya lebih terjangkau. Terutama untuk pondasi siring kecil yang ditanam hanya sekitar 20cm di sepanjang gang atau jalan, dengan tinggi 30cm. 

Kisaran harga untuk pondasi siring ini adalah antara 150.000 hingga 180.000 per meter persegi. Namun, untuk pondasi siring dengan tinggi di atas 50cm hingga 1 meter, harga berbeda-beda:

  • Jasa pondasi siring tinggi 50cm dihargai sekitar 175.000 per meter lari.
  • Jasa pondasi siring tinggi 70cm memiliki harga sekitar 185.000 per meter lari.
  • Sedangkan, jasa pondasi siring tinggi 1m memiliki harga sekitar 235.000 per meter lari.

Perlu dipahami bahwa penentuan harga tersebut tidak hanya bergantung pada tinggi pondasi, tetapi juga mempertimbangkan aspek lainnya. Oleh karena itu, para profesional sangat menyarankan untuk memahami pasar dan berkonsultasi dengan ahli sebelum memutuskan jenis pondasi siring yang dibutuhkan.

Baca juga:

Featured Image Source: Kompasiana


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download