Hewan Apa yang Paling Setia? Ini Dia 13 Diantaranya

Pinhome

Hewan Apa yang Paling Setia? Ini Dia 13 Diantaranya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 20 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang berperan banyak dalam kehidupan manusia. Selain sebagai sumber pangan, hewan juga menjaga keseimbangan alam. Hewan terus berkembang biak supaya populasinya tetap terjaga. Supaya berkembang biak, tentu hewan harus mencari pasangan terlebih dulu supaya bisa menghasilkan keturunan untuk populasinya. Tidak hanya manusia, banyak sekali hewan yang sangat setia terhadap pasangannya. Tapi, hewan apa yang paling setia?

Pinhome – Mungkin banyak dari Pins yang sudah mengetahui beberapa hewan yang sangat setia ini. Namun bagi Pins yang belum tahu hewan apa yang paling setia, tenang! Pinhome akan membagikan daftar hewan apa saja yang paling setia lewat ulasan di bawah ini!

Buaya

(Pinterest)

Jika mendengar namanya, mungkin sebagian dari Pins terkejut karena ternyata hewan predator ini masuk ke dalam kategori hewan paling setia. 

Berbeda dengan julukan buaya darat yang sering dilontarkan pada pria-pria hidung belang yang gila akan wanita, buaya hanya melakukan perkawinan satu kali dalam hidupnya. 

Oleh karena itu, hewan reptil dengan gigi yang tajam ini digolongkan ke dalam hewan yang paling setia.

Serigala

(Pinterest)

Masih dari kelompok hewan buas, binatang yang paling setia selanjutnya adalah serigala. Hewan ini masuk ke dalam kelompok hewan pemakan daging. Serigala terkenal hidup berkelompok bersama kawanannya. 

Dalam kelompok tersebut terdapat pemimpin yang mana akan selalu memimpin kawanannya terutama dalam berburu. Meski menyeramkan, serigala memiliki kesetiaan yang sangat tinggi dengan pasangannya. 

Ketika pasangan serigala jantan dan betina memiliki anak, maka serigala tersebut akan merelakan nyawa jika kehidupan anaknya terancam.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memelihara Anjing Di Dalam Rumah!

Merpati

(Pinterest)

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan jenis burung yang satu ini. Merpati sering dijadikan simbol dari kasih sayang dan kesetiaan. Apakah Pins tau alasannya? Ya, karena merpati hanya mencari pasangan hidup satu kali seumur hidup.

Hal ini sangat mengagumkan bukan? Tidak hanya itu, merpati juga cenderung setia terhadap pasangannya meskipun salah satu dari mereka mati.

Angsa

(Pinterest)

Unggas lain yang masuk ke dalam golongan hewan paling setia adalah angsa. Hewan yang satu ini akan bersama pasangannya hingga salah satu dari mereka mati. Setelah pasangannya mati pun angsa tidak akan mencari angsa lain untuk dijadikan sebagai pasangan. 

Kupu-Kupu

(Pinterest)

Jika melihat hewan yang satu ini, mungkin banyak dari kamu yang terpukau dengan keindahan sayapnya. Tapi tahukah Pins kalau hewan yang satu ini juga sangat setia terhadap pasangannya? 

Ya, kupu-kupu betina akan mengatupkan sayapnya jika ada kupu-kupu jantan yang bukan pasangannya mendekat. Hal ini merupakan tanda penolakan dari kupu-kupu betina untuk berpasangan.

Rayap

(Pinterest)

Rayap biasanya hidup di kayu-kayu dan memakan kayu hingga menjadi rapuh. Namun, serangga yang satu ini juga cukup setia. Rayap betina hanya akan kawin satu kali seumur hidupnya. Oleh karena itulah rayap disebut sebagai salah satu hewan yang setia.

Burung Hantu

(Pinterest)

Jika Pins bertanya hewan apa yang paling setia selanjutnya? Jawabannya adalah burung hantu. Hewan ini adalah salah satu jenis burung yang sangat setia terhadap pasangannya. 

Burung hantu akan selalu bersama dengan pasangannya setiap saat dan akan bekerjasama untuk membesarkan dan melindungi anak-anaknya dari berbagai ancaman yang bisa terjadi.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

Siamang

(Pinterest)

Primata yang satu ini juga masuk ke dalam kategori hewan paling setia. Kesetiaan siamang dapat dilihat dari siamang yang selalu hidup bersama, bekerja sama dengan pasangan dan saling membantu untuk kelangsungan hidup bersama,

Berang-Berang

(Pinterest)

Pada film-film kartun, berang-berang digambarkan hidup berkelompok yang membangun rumah di sungai. Namun berang-berang juga hidup dengan membangun keluarga yang sangat hangat. 

Setiap anggota keluarga kompak untuk melakukan hal bersama-sama guna bertahan hidup. Bahkan saat tidur siang, berang-berang akan saling berpegangan tangan dengan pasangannya supaya mereka tidak saling kehilangan pasangannya.

Pinguin

(Pinterest)

Hewan yang identik dengan es ini adalah salah satu jenis hewan yang paling setia lho! Kenapa disebut hewan yang setia, karena pada saat musim panas, pinguin akan pulang ke rumahnya untuk bertemu dengan pasangannya. 

Setelah bertemu dengan pasangannya, maka pinguin akan kembali bersama ke tempat pertama kali mereka membuat sarang. Tidak hanya itu, pinguin juga bisa sangat agresif ketika pasangannya dirayu oleh pinguin lain.

Burung Parkit

(Pinterest)

Burung parkit juga menjadi salah satu jenis burung yang masuk kategori hewan setia. Burung parkit tidak akan meninggalkan pasangannya. Bahkan jika pasangannya mati, burung ini akan merasakan kesedihan hingga mengalami kecemasan berlebih,

Elang

(Pinterest)

Burung elang adalah salah satu burung yang saat ini cukup sulit ditemukan. Elang disebut-sebut memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pasangannya. Elang akan membuat sarang bersama dan merawat anak-anak mereka secara bergantian.

Pomacanthus Paru

(Pinterest)

Pomacanthus paru adalah jenis ikan yang sangat setia dengan pasangannya. Ikan laut ini akan hidup bersama pasangannya meski cenderung tidak terlalu peduli dengan telur mereka yang sudah menetas. Ikan ini juga akan saling melindungi diri dari ikan lain jika menyerang. 

Itulah informasi mengenai hewan apa yang paling setia yang harus kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas menambah wawasan kamu mengenai hewan-hewan dengan kesetiaan yang tinggi. Jadi jangan sampai tingkat kesetiaan kamu kalah dengan hewan-hewan tersebut ya! Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel