Hewan Apa yang Paling Setia? Ini Dia 13 Diantaranya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Ilham Aulia Fahmy ∙ October 31, 2022 ∙ 5 menit membaca

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang berperan banyak dalam kehidupan manusia. Selain sebagai sumber pangan, hewan juga menjaga keseimbangan alam. Hewan terus berkembang biak supaya populasinya tetap terjaga. Supaya berkembang biak, tentu hewan harus mencari pasangan terlebih dulu supaya bisa menghasilkan keturunan untuk populasinya. Tidak hanya manusia, banyak sekali hewan yang sangat setia terhadap pasangannya. Tapi, hewan apa yang paling setia?

Pinhome – Mungkin banyak dari Pins yang sudah mengetahui beberapa hewan yang sangat setia ini. Namun bagi Pins yang belum tahu hewan apa yang paling setia, tenang! Pinhome akan membagikan daftar hewan apa saja yang paling setia lewat ulasan di bawah ini!

Buaya

Jika mendengar namanya, mungkin sebagian dari Pins terkejut karena ternyata hewan predator ini masuk ke dalam kategori hewan paling setia. 

Berbeda dengan julukan buaya darat yang sering dilontarkan pada pria-pria hidung belang yang gila akan wanita, buaya hanya melakukan perkawinan satu kali dalam hidupnya. 

Oleh karena itu, hewan reptil dengan gigi yang tajam ini digolongkan ke dalam hewan yang paling setia.

Baca Juga: 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Serigala

Masih dari kelompok hewan buas, binatang yang paling setia selanjutnya adalah serigala. Hewan ini masuk ke dalam kelompok hewan pemakan daging. Serigala terkenal hidup berkelompok bersama kawanannya. 

Dalam kelompok tersebut terdapat pemimpin yang mana akan selalu memimpin kawanannya terutama dalam berburu. Meski menyeramkan, serigala memiliki kesetiaan yang sangat tinggi dengan pasangannya. 

Ketika pasangan serigala jantan dan betina memiliki anak, maka serigala tersebut akan merelakan nyawa jika kehidupan anaknya terancam.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memelihara Anjing Di Dalam Rumah!

Merpati

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan jenis burung yang satu ini. Merpati sering dijadikan simbol dari kasih sayang dan kesetiaan. Apakah Pins tau alasannya? Ya, karena merpati hanya mencari pasangan hidup satu kali seumur hidup.

Hal ini sangat mengagumkan bukan? Tidak hanya itu, merpati juga cenderung setia terhadap pasangannya meskipun salah satu dari mereka mati.

Angsa

Unggas lain yang masuk ke dalam golongan hewan paling setia adalah angsa. Hewan yang satu ini akan bersama pasangannya hingga salah satu dari mereka mati. Setelah pasangannya mati pun angsa tidak akan mencari angsa lain untuk dijadikan sebagai pasangan. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Patin

Kupu-Kupu

Jika melihat hewan yang satu ini, mungkin banyak dari kamu yang terpukau dengan keindahan sayapnya. Tapi tahukah Pins kalau hewan yang satu ini juga sangat setia terhadap pasangannya? 

Ya, kupu-kupu betina akan mengatupkan sayapnya jika ada kupu-kupu jantan yang bukan pasangannya mendekat. Hal ini merupakan tanda penolakan dari kupu-kupu betina untuk berpasangan.

Baca Juga: Perawatan dan Terapi Burung Trucukan Agar Cepat Gacor

Rayap

Rayap biasanya hidup di kayu-kayu dan memakan kayu hingga menjadi rapuh. Namun, serangga yang satu ini juga cukup setia. Rayap betina hanya akan kawin satu kali seumur hidupnya. Oleh karena itulah rayap disebut sebagai salah satu hewan yang setia.

Baca Juga: Cara Mengurangi Pencemaran Udara

Burung Hantu

Jika Pins bertanya hewan apa yang paling setia selanjutnya? Jawabannya adalah burung hantu. Hewan ini adalah salah satu jenis burung yang sangat setia terhadap pasangannya. 

Burung hantu akan selalu bersama dengan pasangannya setiap saat dan akan bekerjasama untuk membesarkan dan melindungi anak-anaknya dari berbagai ancaman yang bisa terjadi.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

Siamang

Primata yang satu ini juga masuk ke dalam kategori hewan paling setia. Kesetiaan siamang dapat dilihat dari siamang yang selalu hidup bersama, bekerja sama dengan pasangan dan saling membantu untuk kelangsungan hidup bersama,

Baca Juga: 13 Perbedaan Granit Dan Keramik, Bahan Mana Yang Cocok Untuk Lantai Rumah?

Berang-Berang

Pada film-film kartun, berang-berang digambarkan hidup berkelompok yang membangun rumah di sungai. Namun berang-berang juga hidup dengan membangun keluarga yang sangat hangat. 

Setiap anggota keluarga kompak untuk melakukan hal bersama-sama guna bertahan hidup. Bahkan saat tidur siang, berang-berang akan saling berpegangan tangan dengan pasangannya supaya mereka tidak saling kehilangan pasangannya.

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

Pinguin

Hewan yang identik dengan es ini adalah salah satu jenis hewan yang paling setia lho! Kenapa disebut hewan yang setia, karena pada saat musim panas, pinguin akan pulang ke rumahnya untuk bertemu dengan pasangannya. 

Setelah bertemu dengan pasangannya, maka pinguin akan kembali bersama ke tempat pertama kali mereka membuat sarang. Tidak hanya itu, pinguin juga bisa sangat agresif ketika pasangannya dirayu oleh pinguin lain.

Baca Juga: 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis

Burung Parkit

Burung parkit juga menjadi salah satu jenis burung yang masuk kategori hewan setia. Burung parkit tidak akan meninggalkan pasangannya. Bahkan jika pasangannya mati, burung ini akan merasakan kesedihan hingga mengalami kecemasan berlebih,

Baca Juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

Elang

Burung elang adalah salah satu burung yang saat ini cukup sulit ditemukan. Elang disebut-sebut memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pasangannya. Elang akan membuat sarang bersama dan merawat anak-anak mereka secara bergantian.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Pomacanthus Paru

Pomacanthus paru adalah jenis ikan yang sangat setia dengan pasangannya. Ikan laut ini akan hidup bersama pasangannya meski cenderung tidak terlalu peduli dengan telur mereka yang sudah menetas. Ikan ini juga akan saling melindungi diri dari ikan lain jika menyerang. 

Itulah informasi mengenai hewan apa yang paling setia yang harus kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas menambah wawasan kamu mengenai hewan-hewan dengan kesetiaan yang tinggi. Jadi jangan sampai tingkat kesetiaan kamu kalah dengan hewan-hewan tersebut ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Menghitung Pondasi Batu Kali


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Lyndon Nava Park dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia