Pinhome

Daftar Harga Lovebird Terlengkap

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 30 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Harga Lovebird yang cukup mahal sudah menjadi rahasia umum di kalangan penggemar burung. Lovebird merupakan satu spesies dari genus Agapornis. Pada tahun 2018, harga burung ini berkisar antara Rp 655 ribu hingga Rp 22 juta.

Lovebird memiliki ciri khas berupa ukurannya yang kecil, panjang antara 13 hingga 17cm untuk dewasa dengan berat 40 hingga 60 gram. Lovebird gemar hidup sepasang atau secara berkelompok dan dapat hidup hingga usia 10 sampai 15 tahun.

Mengapa Harga Burung Lovebird Begitu Mahal?

Selain karena suara yang merdu, Lovebird banyak disukai karena jinak, mudah dipelihara, memiliki adaptasi yang baik, tidak mudah sakit, dan tahan banting. Burung ini bersifat sosial, sehingga akan mudah stres jika dipelihara sendirian.

Mereka yang bukan penggemar burung mungkin bertanya-tanya, mengapa harga Lovebird bisa begitu mahal. Bahkan puluhan juta sampai miliaran rupiah. Harga fantastis tersebut ternyata karena dua hal yaitu, kecantikan warna dan prestasinya.

Meski memiliki warna yang tidak jauh berbeda daripada Lovebird kebanyakan, harganya bisa begitu mahal jika sering menjuarai perlombaan. Sebaliknya, burung Lovebird yang tidak pernah diikutkan lomba, tetapi mempunyai warna bulu yang menarik, harganya sangat mahal.

Di samping kedua alasan tersebut, ada juga penggemar Lovebird yang rela mengeluarkan banyak uang untuk burung yang lantang dan merdu ketika berkicau.

Baca juga: Cara Menjodohkan Lovebird 

Spesifikasi Lovebird Termahal di Dunia

Lovebird termahal di dunia memiliki spesifikasi khusus dari tampilan fisik yang sempurna. Setiap bagian tubuh dalam keadaan bagus dan prima. Selain itu, kualitas dan warna bulunya juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Semakin warna bulunya langka, harganya pun semakin mahal. Untuk lokal, Lovebird yang tergolong langka yaitu dari jenis blorok, sehingga harganya pun tinggi. Lovebird blorok anakan biasa dapat dibanderol dengan harga mencapai Rp 1,5 juta.

Sedangkan anakan dari indukan yang kualitas suaranya bagus dapat mencapai Rp 3 juta. Sementara yang dewasa berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp15 juta. Lain lagi dengan Lovebird blorok yang kerap menjuarai lomba, harganya dapat menembus angka Rp 35 juta.

Di samping karena jenisnya, spesifikasi Lovebird mahal biasanya memiliki warna bulu yang berbeda, meskipun tidak dapat ngekek panjang. Lovebird dengan warna unik biasanya juga sulit diternakkan, sehingga harganya dapat menjadi mahal.

Dengan demikian, Lovebird dengan harga fantastis tentunya memiliki keistimewaan berupa warna yang unik dan langka, suara yang indah, dan prestasi dalam lomba atau kontes.

Baca juga: Cara Meloloh Anakan Lovebird Agar Tumbuh Sehat dan Kuat

Lovebird dengan Harga Tawaran Paling Mahal

Bukan berita bohong jika ada seekor Lovebird yang ditawar hingga seharga sebuah rumah mewah. Cerita ini berasal dari Lovebird Kusumo, milik Sigit MWP yang pernah ditawar dengan harga Rp2,2 miliar.

Burung legendaris ini begitu dikenal kalangan pecinta Lovebird lantaran kemampuan ngekeknya yang dapat bertahan hingga lebih dari 3 menit seperti tembakan. Selain itu, Lovebird Kusumo memiliki capaian prestasi yang luar biasa berupa 400 kali juara pertama di berbagai kontes.

Namun, burung ini tidak pernah dijual oleh pemiliknya. Burung mahal itu mati dengan sendirinya pada pertengahan November 2018 lalu.

Baca juga: Warna Lovebird

Daftar Harga Beberapa Jenis Lovebird

Harga burung Lovebird atau labet mahal karena warna corak bulunya yang indah. Selain karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, serta memiliki ciri Lovebird ngekek. Hal lain yang membuat peminat Lovebird cukup banyak yaitu perawatannya yang relatif mudah dan tidak merepotkan. Berikut ini beberapa jenis burung lovebird beserta kisaran harganya.

1. Lovebird Lutino

Lovebird lutino mempunyai ciri khas berupa warna orange cerah pada bagian kepala dan dada, serta warna kuning pada keseluruhan tubuh. Pada ujung kedua sayapnya berwarna putih. Harga lutino berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta.

2. Lovebird Batman

Dinamakan Batman karena warna bulunya didominasi oleh hitam. Bagian dada berwarna putih, serta bagian tubuh bagian bawah berwarna hitam agak kelabu. Dibandingkan lutino, jenis Lovebird batman sedikit lebih murah, harganya sekitar Rp 550 ribuan per ekor.

3. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue berciri khas warna biru toska pada kedua sayap dan ekor. Pada bagian atas kepala berwarna jingga yang memudar hingga ke leher menjadi kuning. Harga jenis ini dibanderol Rp500 ribuan.

4. Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan mempunyai warna hijau gelap pada bagian sayap dan kepalanya berwarna hijau kehitaman. Bagian dada berwarna jingga dan bagian bawah perut dominan warna hijau muda. Di pasaran harganya Rp500 ribuan.

5. Lovebird Violet

Lovebird violet memiliki warna yang mencolok sesuai dengan namanya hampir di keseluruhan tubuhnya. Kepalanya berwarna cokelat muda dan warna putih di bagian dada. Tampilannya yang eksotis menjadikannya cukup digemari pencinta burung. Harganya terbilang cukup murah, berkisar Rp 650 ribu di pasaran.

6. Lovebird Blorok

Lovebird blorok terlihat unik karena warna kombinasi bulunya tidak merata, antara pekat dan memudar. Ciri khas warnanya juga terlihat pada bagian sayap dan tubuh bagian bawah.

Warnanya hijau tua diselingi kuning, kebiruan, dan perpaduan ungu tak beraturan hingga terlihat unik. Anakan Lovebird blorok di pasaran harganya berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,5 jutaan, sementara untuk dewasa sekitar Rp 2 jutaan.

7. Lovebird Biola

Lovebird biola memiliki tampilan paling menawan dengan perpaduan warna jingga kuat dari kepala dan memudar hingga bagian leher. Pada bagian leher, warnanya menjadi hijau olive sehingga terlihat memesona. Harganya yang terbaru mencapai Rp 5,5 juta per ekor.

Lovebird biola memiliki turunan yaitu Lovebird biola euwing, hasil persilangan Lovebird biola dan Lovebird euwing. Harganya di pasaran berkisar antara Rp 13 juta hingga Rp 17 juta per ekor. Ada juga Lovebird biola blue yang harganya dapat mencapai Rp 10 juta hingga Rp 15 juta.

Masih banyak jenis Lovebird lain yang populer antara lain olive, pastel putih, pastel biru, dan josan yang menjadi favorit penggemar. Demikian ulasan tentang harga Lovebird saat ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia