Pinhome

Tips Mengurangi Harga Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Harga membangun rumah yang tinggi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi ketika merencanakan untuk membangun sebuah rumah. Harga yang tinggi ini tidak hanya disebabkan oleh biaya pembangunan yang mahal, tetapi juga karena biaya bangunan pun sekarang tergolong mahal.

Seringkali harga membangun rumah membengkak dari perencanaan awal sehingga proses pembangunan pun terhambat karena terbatasnya dana yang ada. Untuk menghindari terjadinya pembengkakan biaya pembangunan rumah yang terlalu tinggi, Pins harus membuat anggaran dana yang detail sebelum proses pembangunan dimulai.

Pins harus merencanakan setiap detail biaya dari mulai bahan material yang akan digunakan hingga tenaga kerja yang akan membangun rumah Pins. Dengan merencanakan anggaran seperti ini, maka Pins dapat mengetahui setiap biaya yang keluar pada setiap proses.

Perhatikan Harga Bahan Baku

Harga Membangun Rumah
(Pixabay)

Biasanya harga membangun rumah akan menjadi mahal ketika Pins membeli bahan baku yang akan Pins gunakan. Semakin besar rumah Pins, maka semakin besar biaya material yang akan Pins keluarkan.

Oleh karena itu salah satu cara untuk mendapatkan harga bangun rumah yang lebih murah adalah dengan menggunakan material dengan harga yang terjangkau. Bahan bangunan lokal seperti semen, besi maupun kayu lokal biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan produk luar.

Kualitas dari produk-produk lokal pun tidak kalah bagus dengan kualitas mereka dan dijamin aman. Jika Pins ingin lebih berhemat lagi maka cobalah untuk kreatif dengan bahan-bahan daur ulang. Coba gunakan keramik bekas untuk lantai Pins atau  bahan daur ulang yang lain untuk memperindah rumah Pins. Dengan menggunakan bahan daur ulang Pins tidak hanya menghemat biaya pembangunan rumah Pins, namun juga ikut menjaga lingkungan di sekitar Pins.

Baca Juga : 5 Perbedaan Upang Tukang Bangunan Harian

Pilih Waktu yang Tepat Saat Membangun

Harga Membangun Rumah
(Pixabay)

Hal lain yang dapat Pins lakukan untuk mengurangi mahalnya harga bangun rumah adalah dengan memilih waktu yang tepat. Membangun sebuah rumah bisa memakan waktu sekitar 3-9 bulan, tergantung dari banyaknya pembangunan yang dilakukan.

Jika Pins membutuhkan waktu hanya dari satu sampai 6 bulanan, maka Pins lebih baik memilih bulan-bulan kemarau, atau awal-awal tahun. Cobalah hindari musim-musim hujan karena musim ini dapat menghambat proses pembangunan dan sangat mungkin untuk membuat harga bangun rumah naik.

Oleh karena itu lebih baik Pins memilih musim kemarau untuk memulai proses pembangunan. Probabilitas hujan pun tetap ada, namun jauh lebih kecil dibandingkan dengan saat musim hujan. Sehingga semakin lama suatu proyek selesai, maka probabilitas biaya membengkak juga semakin tinggi.

Seperti yang dijelaskan tadi salah satu cara untuk mengurangi biaya bangun rumah adalah dengan menyelesaikan proyek pembangunan secepat mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga kerja yang berkompeten dan terpercaya.

Pada umumnya, orang menghabiskan biaya terbanyak kedua pada tenaga kerja. Namun banyak juga yang hasilnya tidak memuaskan dan akhirnya merogoh dompet lagi. Oleh karena itu, lebih baik Pins menggunakan tenaga kerja yang agak mahal, namun terpercaya agar mendapatkan hasil yang memuaskan pula. Lebih baik Pins berkorban sedikit diawal daripada berkorban di akhir.

Langkah-langkah diatas merupakan trik-trik simpel yang dapat membantu Pins dalam mengurangi harga bangun rumah. Namun sebenarnya salah satu cara paling simpel untuk menghindari membengkaknya biaya pembangunan adalah dengan cara selalu mengawasi proses pembangunannya. Meskipun Pins menyewa seorang vendor yang sangat terkenal, Pins juga harus ikut turun langsung ke lapangan untuk mengetahui proses-proses yang terjadi.

Baca Juga : Tukang Bangunan vs Arsitek, Siapa yang Lebih Baik?

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

eKamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia