Pinhome

Hal Penting Saat Beli Rumah Atau Tanah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Jangan bingung ketika kita dipilihkan dengan beli rumah atau tanah. Memang akan menjadi hal yang dilematis apabila budget yang kita miliki hanya cukup untuk digunakan membeli rumah atau tanah saja.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui manfaat yang diperoleh dari beli rumah atau tanah. Dengan demikian kita tidak perlu bingung ingin membeli yang mana, apalagi jika rumah yang kita tempati merupakan rumah yang pertama.

Baca juga: Keuntungan Investasi Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Beli Rumah Atau Tanah?

Beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika kita ingin membeli rumah atau tanah.

rumah atau tanah
rumah atau tanah

Hal Penting saat Membeli Rumah

Jika kita membeli rumah maka ada beberapa hal yang akan kita dapatkan. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

a. Siap pakai

Tentu jika kita memutuskan untuk membeli rumah akan siap untuk ditempati. Kita tidak perlu repot-repot membangunnya dari awal.

b. Mendapatkan KPR

Kita dapat bekerjasama dengan pihak bank agar dapat membantu masalah dana yang kita butuhkan. Hal ini akan membantu kita dalam mempersiapkan dokumen sehingga mendapatkan KPR.

Baca juga: Beli Rumah KPR, Solusi Berhemat di Perantauan

c. Lokasi Terintegrasi

Dalam membeli ruymah, lokasinya biasanya sudah terintegrasi. Biasanya rumah yang sudah dibangun dekat dengan fasilitas umum dan letaknya juga strategis. Atau bisa juga lokasinya dekat dengan tempat yang penting.

Hal Penting Saat Membeli Tanah

Sedangkan jika membeli tanah, maka kita harus memperhatikan hal penting sebagai berikut.

a. Lokasi

Lokasi tanah harus diperhatikan karena juga dapat menentukan keinginan ingin dibuat bangunan seperti apa. Hal ini penting karena juga akan mempengaruhi jarak rumah kita dengan lokasi tanah.
Sebaiknya sebelum membeli tanah kita harus memeriksa terlebih dahulu surat-surat tanah. Ini dilakukan agar tanah yang dibeli tidak diperuntukkan fasilitas umum atau dibuat bangunan rumah.

b. Mengurus IMB

Setelah lokasi didapatkan dan urusan selesai maka kita juga harus mengurus IMB. Apabila urusan tentang IMB telah selesai maka kita dapat mendirikan bangunan yang telah kita beli.

c. Desain rumah

Jika poin pertama dan kedua telah selesai maka yang perlu kita lakukn yaitu membuat desain rumah yang ingin dibangun di atas tanah tersebut. Tetapi jika kita kurang paham mengenai desain maka dapat meminta kepada orang yang lebih berpengalamandalam membangun rumah.

Baca juga: Prosedur Jual Beli Tanah yang Sah Sesuai Hukum

d. Menyiapkan dana

Jika desain rumah selesai maka hal yang dapat kita lakukan yaitu menyiapkan berapa banyak kita harus menyiapkan dana agar pembangunan rumah tersebut juga dapat cepat selesai.

Pentingnya Memutuskan Beli Rumah Atau Tanah

Setelah mengetahui hal-hal penting apa saja yang dapat kita lakukan jika membeli rumah maupun membeli tanah maka kita tidak perlu bingung lagi. Sebaiknya memutuskan ingin membeli rumah atau tanah juga disesuaikan dengan kebutuhan kita serta dana yang dimiliki. Demikian beberapa informasi tentang beli rumah atau tanah semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Baca juga:

Tags :

Bagikan Artikel