Pinhome

Lifestyle

Kumpulan Hadits Tentang Tolong-Menolong

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 6 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Sebagai manusia kita diwajibkan untuk saling tolong-menolong. Walau tampaknya sederhana, tapi hal ini bisa mendatangkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Nah, simak yuk tentang hadits tentang tolong-menolong berikut ini!

Pinhome – Kewajiban dan keutamaan tolong-menolong dituliskan dalam beberapa ayat di Al-Quran dan hadis. Berikut kumpulan hadits tentang tolong-menolong yang dapat  Pins jadikan sebagai panduan dalam bertindak. 

Kumpulan hadits tentang tolong-menolong

hadits tolong menolong
(Pexels)

Manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu, wajar bila manusia diharapkan saling tolong-menolong. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadis riwayah Abu Hurairah RA. Berikut bacaan hadisnya:

وَ اللهُ فىِ عَوْنِ اْلعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فىِ عَوْنِ أَخِيْهِ

Artinya: “Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya.” – HR. Muslim.   

Selain hadis di atas, ada juga potongan surah dalam Al-Quran yang menjelaskan perintah untuk saling tolong-menolong. Berikut bacaan ayatnya: 

قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا

Artinya: “Dia (Zulkarnain) berkata, “Apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepadaku lebih baik (daripada imbalan), maka bantulah aku dengan kekuatan, agar aku dapat membuatkan dinding penghalang antara kamu dan mereka.” – Q.S Al-Kahfi: 95.

Meski dianjurkan untuk saling tolong-menolong, namun Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang saling bantu dalam hal keburukan. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam penggalan surah Al-Maidah ayat 2. Berikut bacaan: 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya.” – Q.S Al-Maidah: 2.

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Keutamaan Tolong-menolong 

hadits tolong menolong
(Pexels)

Dalam riwayat hadis Bukhari menjelaskan, bahwa semua umat muslim ialah saudara. Jadi, kita harus saling-menolong dan tidak menyakiti satu sama lain. Dengan demikian, maka Allah SWT akan membalas perbuatan baik ini dengan pahala yang sama. 

Berikut rujukan haditsnya: 

   أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ

Artinya: “Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain, oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aibnya) pada hari kiamat.”

Selain hadis di atas, Al-Ghazali dalam kitabnya “Mukasyafatul Qulub” pun menyebutkan keutamaan sikap tolong-menolong. Berikut uraiannya. 

1. Mendapatkan pahala berlimpah 

Seseorang yang gemar menolong sesama umat muslim akan mendapatkan pahala seperti orang yang berperang membela agama. Rasulullah SAW bersada:

مَنْ مَشٰی فِی عَوْنِ اَخِيْهِ وَمَنْفَعَتِهِ فَلَهُ ثَوَابُ الْمُجَاهِدِينَ فِی سَبِيْلِ اﷲِ.

Artinya: “Barang siapa yang berjalan dalam rangka menolong dan memberikan manfaat kepada saudaranya maka ia mendapatkan pahala seperti pahalanya Mujahidin di sabilillah”. 

2. Bebas dari siksa neraka dan nifaq

Kebiasaan tolong-menolong dapat membantunya terbebas dari api neraka dan nifaq. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut: 

مَنْ سَعٰی لِاَخِيْهِ الْمُسْلِمِ فِی حَاجَۃٍ  فَقُضِيَتْ لَهُ اَوْ لَمْ تَقْضِ غَفَرَ اﷲ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَاَخَّرَ وَكَتَبَ لَهُ بَرَاءَتَانِ, بَرَاءَۃٌ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَۃٌ مِنَ النِّفَاقِ

Artinya: “Barang siapa yang berjalan dalam rangka membantu kebutuhan saudaranya yang muslim baik kebutuhan/hajatnyass terlaksana maupun tidak terlaksana maka Allah mengampuni dosa-dosa yang terdahulu maupun yang akan datang, dan Allah mencatat baginya dua pembebasan, yaitu pembebasan dari neraka dan pembebasan dari nifaq”.

3. Dibalas dengan 70 kebaikan dan dijauhkan dari 70 kejahatan

Langkah seseorang yang berbuat baik akan dibalas dengan 70 kebaikan dan dijauhkan dari 70 kecelakaan. Berikut sabda Nabi yang menjelaskannya:

مَنْ مَشٰی فِی حَاجَۃِ اَخِيْهِ الْمُسْلِمِ كَتَبَ اﷲ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَۃٍ سَبْعِينَ خَسَنَۃ وَكَفَرَ عَنْهْ سَبْعيْنَ سَيِّاءۃ. . . . .

Artinya: “Barang siapa yang berjalan dalam rangka memenuhi hajat saudaranya yang muslim maka setiap satu langkah akan dibalas dengan tujuh puluh kebaikan dan dijauhkan dari tujuh puluh kejelekan. . . “

4. Dosa-dosanya akan dihapuskan

Seseorang yang senantiasa berbuat baik akan dihapuskan segala dosa-dosanya, hingga ia kembali terlahir seperti bayi. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi: 

فَاِنْ قُضِيَتْ حَاجَتُهُ عَلٰی يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ. . . .

Artinya: “. . . . Jika ia melaksanakan hajat (saudaranya) maka ia keluar dalam keadaan bersih dari dosa-dosa seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya”.

5. Masuk surga tanpa hitungan amal 

Mereka yang terus berbuat baik dan tak ragu menolong sesama, akan masuk surga tanpa hitungan amal. Berikut sabda Nabi yang menjadi rujukannya: 

فَاِنْ مَاتَ فِی خِلَالِ ذٰلِكَ دَخَلَ الْجَنَّۃَ بِغَيْرِ حِسَابٍ. . . .

Artinya: “Maka jika ia meninggal dalam keadaan (membantu saudaranya) tersebut maka ia masuk surga tanpa hisab”.

Setelah mengetahui pengertian, kumpulan hadits tolong-menolong, serta keutamaannya, maka hendaklah kita saling membantu sesama umat muslim lainnya.

Dengan saling tolong-menolong, berbagai urusan di dunia maupun di akhirat akan selalu dilimpahi oleh keberkahan-Nya. Apalagi jika diniati dengan hati yang tulus dan ikhlas. Yuk, Pins kita saling bantu, supaya segalanya terasa lebih mudah dan ringan!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel