Pinhome

Lifestyle

Dalil atau Hadits Tentang Istiqomah dalam Islam

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 13 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins barangkali pernah mendengar istilah istiqomah atau istikamah. Dalam Islam, istikamah diartikan sebagai perbuatan atau usaha untuk menjaga segala amalan baik sesuai dengan syariat-Nya. Perilaku istikamah ini erat kaitannya dengan ketetapan hati dalam menyelesaikan ujian dan perintah Allah SWT. Nah, ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang istiqomah.

Pinhome – Allah SWT mencintai umat-Nya yang senantiasa beristikamah. Hal ini disebutkan dalam beberapa dalil tentang istiqomah yang ada di dalam Al-Quran. Selain dalil tentang istiqomah terdapat pula hadits pendukung ketetapannya. Berikut ini dalil tentang istiqomah serta keutamaannya, yang perlu Pins ketahui. 

Pengertian Istiqomah atau Istikamah 

(Flickr)

Istiqomah berasal dari kata ‘qaama’ yang berarti berdiri, tegak, dan lurus. Dalam bahasa Indonesia sendiri, istiqomah dituliskan dengan istikamah.

Secara lebih rincinya, istikamah merupakan sikap konsisten dan berpendirian teguh terhadap ketetapan Allah SWT. 

Ulama Ibnu Abbas memaknai istikamah menjadi tiga yakni. Pertama, yakni istikamah dengan lisan yang ditunjukan dengan membaca kalimat syahadat.

Lalu, istikamah dengan hati yakni dengan melakukan segala amalan berdasarkan niat dan kejujuran hati. Ketiga, ialah isitikamah dengan jiwa yang berarti menetapkan hati atas suatu keridaan dan menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT. 

Menurut Ibnu Abbas sendiri, istikamah adalah meniti jalan yang lurus tanpa belok kanan atau kiri. Pengertian tersebut mencakup semua ketaatan lahir, batin, dan meninggalkan semua larangan-Nya. 

Dalam sebuah surah, Allah SWT berfirman dengan arti:

“Maka istiqomahlah (tetaplah kamu pada jalan yang benar), sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” – QS Hud ayat 112. 

Baca Juga: Apa Itu Istiqomah Dan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Hadis dan Dalil tentang Istiqomah atau Istikamah

hadits tentang istiqomah
(Pixabay)

Setelah mengetahui pengertian istikamah, Pins juga perlu memahami maksud dari dalil istiqomah

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa sekuat-kuatnya manusia, ia tidak akan mampu beristikamah dengan sebenar-benarnya. Hal ini diriwayatkan dalam hadis:  

‎اِستَقِيمُوا وَلَن تُحصُوا

Artinya: ‎”Istiqomahlah dan kalian tidaklah akan mampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah).”

Meski dirasa sulit, tapi Rasulullah tetap menganjurkan umat muslim untuk terus beristikamah. Bahkan,  Nabi SAW mengucapkan sebuah doa dengan bersabda:

‎”قُلْ: اللَّهُمَّ اهْدِنِي وَسَدِّدْنِي”

Artinya: ‎”Ucapkanlah: “Allahummahdini wa saddidnii” (Ya Allah berilah aku petunjuk dan jadikanlah aku benar dan lurus dalam seluruh perkaraku).”

Selain doa tersebut, Rasulullah juga menyarankan untuk beristikamah dalam hadis lainnya. Berikut bacaan hadis tersebut: 

‎وَاذْكُرْ بِالهُدَى هِدَايَتَكَ الطَّرِيقَ، وَالسَّدَادِ سَدَادَ السَّهْمِ

Artinya: “Dan ingatlah petunjuk (yang anda ucapkan dalam doamu) adalah sebagaimana anda mendapatkan petunjuk ketika meniti jalan dan ingatlah kelurusan (yang anda ucapkan dalam doamu) adalah ibarat lurusnya anak panah.” 

Tak hanya hadits, ada pula dalil yang menganjurkan tentang seseorang untuk terus istiqomah sekalipun hal tersebut tidak mudah. Dalam surah Fushilat ayat 30, Allah SWT bersabda: 

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Keutamaan Istikamah 

(Flickr)

Terdapat beberapa manfaat dan keutamaan yang dapat Pins dapatkan dengan beristikamah. 

Dalam salah satu surah di Al-Quran, Allah SWT berfirman bahwa seorang muslim yang memaknai dan mengamalkan istikamah di jalan-Nya, akan selalu dilapangkan rezekinya. Hal tersebut termuat dalam surah Al-Jin ayat 16.

وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا

Artinya: “Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak).”

Selain limpahan rezeki, seseorang yang beristikamah juga akan diberikan rasa aman dan diangkat segala kesedihannya. Hal ini sesuai dengan surah Fushilat ayat 30 yang sudah dituliskan dalam poin sebelumnya. 

Jika Pins sudah memahami ayat tersebut dan menjalankan istikamah, maka Allah SWT akan menjanjikan surga. 

Doa Agar Dapat Beristikamah di Jalan Allah SWT

hadits tentang istiqomah
Pixabay)

Ada satu doa yang dapat Pins hafalkan supaya dapat beristikamah di jalan Allah SWT.  Berikut bacaan doa tersebut: 

Arab latin: Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadainaa, wa hab lanaa min-ladunka rahmatan, innaka antal-wahhaab.

Artinya: ” Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Dzat yang Maha Pemberi (karunia).”

Selain membaca doa tersebut, Pins juga dapat menerapkan perilaku istikamah dalam beberapa hal sederhana. Berikut contohnya: 

  1. Menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya 
  2. Melaksanakan salat lima waktu di awal waktu, tidak menunda-nunda
  3. Senantiasa berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari
  4. Menaati segala peraturan yang berlaku di kawasan tempat tinggal juga merupakan bentuk istikamah. Misalnya menerapkan protokol kesehatan saat masa pandemi
  5. Mendahulukan kewajiban daripada hak. 

Sikap istikamah memang tidak dapat langsung dilakukan begitu saja. Walau demikian, Pins dapat pelan-pelan menerapkannya, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, mulai belajar untuk beristikamah supaya makin dengan dengan surganya Allah SWT. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel