Pinhome

Gunung Masigit Kareumbi

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 3 September 2019 ∙ 6 menit membaca

Gunung Masigit Kareumbi menjadi salah satu destinasi wisata di bandung. Namun, objek wisata ini masih sedikit yang tahu terutama pengunjung baru. Gunung Masigit Kareumbi masih terjaga keaslinannya pantas wisatawan berburu wisata ini.

Kamu yang belum pernah mengunjungi wisata ini, segera atur jadwal libur untuk berangkat. Rasakan keasliannya.

Sejarah Gunung Masigit Kareumbi

tempat wisata bandung gungun masigit kareumbi

Di tahun 1976 wilayah ini dijadikan untuk taman buru gunung Kareumbi Masigit (TBMK) . Bahkan zona gunung masigit menjadi satu-satunya taman buru se Jawa-Bali.

Di tahun 2009, WANADRI dan BBKSDA Jabar bekerjasama untuk mengoptimalisasi pengelolaan yang lestari.

Wilayah gunung masigit kareumbi ini secara keseluruhan mencapai 12.420,70 hektar. Are ini menjadi kewenangan tiga kabupaten yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sumedang. Sebagian besar area berada di Sumedang dan Garut.

Misteri Gunung Masigit Kareumbi

Ketika Kamu menuju bandung dengan melewati jalur puncak, Kamu akan melintasi daerah Jalan Raya Gunung Masigit terlebih dahulu.

Di jalan ini pengunjung akan disuguhkan panorama pegunungan kapur yang menawan.
Kawasan ini memang sangat unik dan mengagumkan. selain itu tempat ini juga menjadi sarana untuk syuting film.

Anehnya, bila Kamu perhatikan akan ada pedang raksasa yang tertancap di atas bukit. Ini yang menjadi misteri hingga saat ini dan banyak menjadi pusat perhatian pengunjung.

Setelah di telusuri oleh beberapa orang yang pernah melihat belati raksasa itu melambangkan ciri Kopassus.

Belati dengan panjang 9 meter itu sengaja dipasang di pinggir bukit sebagai tanda bukti bukit ini milik Kopassus

Fasilitas dan Akomodasi

photo by: tempatwisatabandung.info

Di sini sudah tercukupi semua fasilitasnya. Di tambah dengan akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap berupa rumah pohon kareumbi, rumah rusa, wisma, aula dan area rumah camping ground.

Tersedia juga fasilitas lainnya berupa, area parkir mobil dan motor yang luas, kantin, mushalla, toilet, ruangan pelatihan.

Aktivitas Para Pengunjung

photo by: mountnesia

Mungkin dulu pernah menjadi taman buru dulunya, kini tidak diperkenankan untuk berburu di tempat ini. Demi mengembangkan wisata ini.

Buat Kamu yang ingin berkunjung kesini ada banyak wahana bermain lho, Ayo kesini dan atur waktu libur Kamu untuk berlibur ke gunung masigit kareumbi.

Wahana Bermain

Masigit Kareumbi Bike Park

Buat Kamu yang senang bersepeda, di sini tersedia track menantang untuk Kamu. Bersepeda mengintari kawasan hutan ini. Track nya sudah pasti menantang, siapkan mentar dan fisik Kamu saat mengadapi rintangan ini.

Jungle Track

Kamu juga bisa melakukan hiking dan trekking ringan di kawasan ini. Kawasan ini ramai pengunjung dan melakukan hiking di sini.

Petugas wisata akan memandu Kamu melewati berbagai lokasi yang menarik seperti penangkaran rusa jawa, hutan sekitar lokasi dan masih banyak lagi.

Camping Ground dan Pelatihan

Di sini juga bisa camping ground, Kamu bebas melakukan kegiatan-kegiatan outdoor di sini. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan area ini sebagai tempat pelatihan perusahaan, lokasi gathering keluarga, organisasi atau sekedar gathering have fun saja.

Semua peralatan sudah tersedia di sini. Kamu tak perlu khawatir. Pengelola wisata ini akan memenuhi segala kebutuhan Kamu.

Program Wali Pohon

Kamu suka tanam menanam? Sekarang Kamu juga bisa ikut serta dalam reboisasi hutan. Program ini biasanya dikenakan biaya Rp50.000 per pohon.

Dengan biaya Rp50.000 Kamu yang ikut program ini akan mendapatkan sertifikat beserta PIN yang dapat digunakan untuk mengecek status tanaman yang di tanam secara Online.

Buat Kamu yang ikut program wali pohon di bawah 30 pohon, itu terbilang perorangan. Tapi, kalau peserta mampu melakukannya hingga 100 pohon, nama peserta akan di tulis dalam satu blok.

Jika masih mampu melakukan hingga 1000 pohon, akan mendapatkan 1 bukit dengan nama pribadi / organisasi. Mampu 6000 pohon, akan mendapatkan 1 hutan. Begitu kelipatannya. Hebat kan?

Aktifitas lain di Gunung Masigit Kareumbi

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di wilayah ini adalah Gathering. Pengelola menyediakan Event Organizer yang akan membawa Kamu dalam  aktivitas unik seperti:

  • Night Hiking
  • Jungle Trek
  • Susur Sungai
  • Berkunjung ke Desa Enclave
  • Indian Canoe
  • Lempar Pisau
  • Outbond (Trik membuat api tanpa korek, pengenalan botani dan lain-lain)

Apabila Kamu merasa keberatan dengan aktivitas tersebut, cobalah untuk berkonsultasi kepada petugas, barangkali bisa dikondisikan. Minta kegiatan khusus / custom.

Lokasi Taman Buru Masigit

Secara administrative, area wisata gunung kareumbi terdiri menjadi tiga wilayah kabupaten yakni; Kabupaten Garut, Bandung dan Sumedang. Lokasi Posko Masigit Kareumbi berada tepat di persimpangan wilayah tiga Kabupaten tadi.

Kalau mau berkunjung kesini, Kamu juga bisa melintasi 3 Kabupaten sekaligus menggunakan flying fox lintas.

Jalan Menuju Kareumbi ada beberapa jalur alternative. Tapi yang paling mudah adalah melewati jalan Bandung – Cicalengka – Sindang Wangi – Tanjung Wangi – Blok KW (Kawasan Wisata). Letak lokasi kurang lebih 14 KM dari Cicalengka.

Menunu kesini tidak terlalu rumit. Jika Kamu berangkat dari Bandung Atau pun Jakarta, Kamu hanya perlu mengikuti jalan menuju Cileunyi dan ikuti terus jalan menuju by pass Cicalengka.

Kurang lebih 2 KM dari jalan by Pas Cicalengka. Atau ada petunjuk arah ke Pondok Aki Enin. Silahkan belok kiri kea rah jalan menurun tersebut. Kemudian belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Kamu tidak perlu khawatir tersesat karena tidak ada belok-beloknya  disana.

Jalan ini juga akan membawa Kamu ke Pondok Wisata Aki Enin, dan juga tempat wisata Curug Cinulang. Jadi Kamu bisa sekaligus berkunjung ke 2 tempat wisata.

2-3 KM setelah Curug Cinulang, terdapat pertigaan kecil pertama dengan posisi jalan menanjak ke kiri. Ikuti jalan tersebut sampai mentok, tak jauh Kamu akan melihat langsung Kawasan Wisata Masigit Kareumbi.

Ada banyak spot menarik dan indah di sepanjang jalur ini. Selain itu Kamu juga bisa menikmati pemandangan sawah terasering yang rapi, luas yang terdiri dari sungai dan di akhiri dengan gunung dari kejauhan.

Kamu akan melihat jalan menuju lokasi sudah bersih dan bagus tanpa sedikit lubang di sana. Kondisi jalan aman, jalan cukup kecil jadi harus berhati-hati melewati jalan ini.

Alat Transportasi Menuju Lokasi

Sejauh ini belum ada transportasi langsung menuju lokasi dari Cicalengka. Beberapa tips alternatif aga bisa sampai kesana:

Menggunakan Angkutan Kota

Angkot – Naik Angkot Cicaheum tujuan Cileunyi naik dari terminal Cicaheum, kemudian nyambung angkot Cileunyi – Cicalengka, Lalu ojek dari Cicalengka langsung ke kawasan wisata.

Bus Damri – Kamu Bisa juga menggunakan kendarasan Bus Damri dari Dipati ukur/kebon kelapa/terminal leuwi panjang lalu turun di Cileunyi, nyambung angkot Cileunyi – Cicalengka, lalu naik ojek dari Cicalengka ke Kawasan Wisata.

Menggunakan Kereta Api

Tak hanya angkot dan Damri saja. Kamu juga bisa menggunakan kereta api dari Kota Bandung tujuan Cicalengka, di Cicalengka nyambung ojek online menuju lokasi wisata.

Jika rombongan, alternatifnya menyewa angkota dari Cicalengka sampai ke lokasi. Jangan lupa untuk janjian dengan supir angkot untuk memastikan kapan di jemput, karena di lokasi akan kesulitan mendapatkan sinyal.

Objek wisata ini rasanya sudah cukup untuk Kamu dan Keluarga apabila ingin gathering, hiking dan trekking. Ayo sekarang berkunjung kesini. Ajak keluarga serta kerabat Kamu untuk berwisata ke sini.

Mau tahu wisata di Bandung Selatan (ciwidey)?

  1. Panduan dan Tips Liburan ke Danau Situ Patenggang
  2. Destinasi wisata Romantis yang Gak Bikin Kantong Tipis Barusen Hills
  3. Kawah Putih Ciwidey Objek Wisata Paling Terpopuler
  4. Serunya Pemandian Air Panas Ciwidey Valley Resort
  5. Destinasi Wisata Outdoor Kampung Cai Ranca Upas
  6. Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Bandung Selatan Situ Cileunca Pangalengan
  7. Tebing Keraton Bandung Utara Objek Wisata Terbaik untuk Melihat Sunrise
  8. Serunya Berwisata di Curug Cinulang Cicalengka Bandung
  9. Trans Studio Bandung, Wisata Terbesar di Indonesia
  10. Curug Cinulang Cicalengka

Tags :

Bagikan Artikel