BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Kecil Untuk Rumah Minimalis
0
0

20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Kecil Untuk Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Sep 25, 2023

13 menit membaca

Copied to clipboard
sekat ruang tamu minimalis moderntop-right-banner

Ruang tamu biasanya merupakan ruangan yang paling luar dari setiap ruangan. Karena digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah, ruangan ini biasanya menjadi pusat utama estetika rumah. Terdapat berbagai cara yang bisa Pins lakukan untuk membuat rumah yang sempit dan minimalis terkesan lebih luas. Salah satunya adalah dengan menggunakan sekat ruang tamu kecil.

Model sekat tembok ruang tamu tersedia dari berbagai jenis bahan dasar dengan banyak variasi bentuk dan ukuran. Pins masih bingung untuk menentukan model sekat ruang tamu minimalis modern? Yuk simak ulasan berikut. 

Baca juga: 11 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Sekat Ruang Tamu Kecil

sekat ruang tamu minimalis modern
Source : Pinterest

Sekat Ruang Rangka Kayu

Salah satu sekat yang sering digunakan adalah sekat ruang tamu kecil dari kayu. Pins dapat memilih material kayu yang akan digunakan sesuai dengan keinginan dan budget yang Pins miliki. 

Terdapat berbagai jenis kayu yang dapat Pins pilih. Pins tidak perlu menggunakan berbagai material yang mahal untuk membuat sekat ruangan yang menarik. Pins dapat menggunakan papan kayu dan merangkainya menjadi sekat ruangan. 

Susunlah papan kayu dengan memberikan jarak antar papan agar sekat terlihat tidak membosankan. Sekat dari papan kayu ini akan memberikan kesan yang lebih terbuka dan sederhana sehingga akan membuat ruangan yang ada tampak lebih luas. 

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Ala Jepang, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Sekat Ruang Tamu Minimalis Natural

Source : Chairish

Pins ingin memiliki kesan ruangan yang lebih natural? Pins dapat mencoba untuk membuat sekat dari bambu. Bambu dapat memberikan kesan natural pada ruangan sehingga bambu sering dijadikan alternatif pilihan pada material pembuatan sekat. 

Susun batang bambu sesuai dengan keinginan. Pins dapat menyusunnya secara teratur maupun acak dengan berbagai sudut kemiringan serta diameter batang bambu yang berbeda. Pins dapat berkreasi untuk membuat berbagai macam desain sekat dari bambu ini. 

Baca juga: Desain Ruang Tamu Natural Terpopuler dan Kekinian

Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern dengan Tirai

sekat ruang tamu minimalis modern
Source : Pinterest

Jika Pins menginginkan sekat yang mudah untuk dipasang, Pins bisa memilih menggunakan tirai sebagai sekat ruang. Tirai ini merupakan pilihan sekat ruang yang praktis dengan harga yang terjangkau. 

Tirai untuk sekat ruangan tersedia dalam berbagai bentuk, warna, motif, serta ukuran. Pins tinggal membeli tirai pilihan yang sesuai dengan keinginan. Sekat tirai juga merupakan sekat yang praktis. Ketika tirai kotor, Pins dapat mencopot dan mencucinya agar tirai kembali bersih. 

Baca juga: 7 Hiasan di Ruang Tamu Minimalis yang Simple

Sekat dengan Gorden Panjang Polos yang Menjuntai ke Lantai

Source : Pinterest

Gorden polos bisa menjadi model gorden pembatas ruang tamu dan dapur pilihan kamu. Penggunaan gorden polos bertujuan untuk nuansa minimalis lebih terasa di rumah. Selain itu, penggunaan gorden yang panjang hingga menjuntai ke lantai dapat menutupi keseluruhan ruangan. Jadi posisi gorden benar-benar memisahkan antar ruangan hingga lantai sekalipun. 

Dengan gorden ini, Pins juga bisa membuka gorden ini kapanpun jika ingin menyatukan kedua ruangan ini. Pilihlah warna gorden yang senada dengan ruangan ataupun gorden dengan warna-warna netral guna membuat gorden lebih masuk dengan konsep warna ruangan. 

Sekat dengan Gorden Semi Transparan

Source : Pinterest

Apakah Pins takut kekurangan sumber cahaya jika menggunakan partisi? Tenang! Gorden semi transparan bisa menjadi solusi bagi kamu untuk memisahkan antara ruang tamu dengan dapur. Gunakan gorden semi transparan dengan panjang yang menjuntai ke lantai. 

Hal ini akan membuat dapur tetap mendapatkan cahaya dari ruang tamu dengan sumber cahaya yang lebih besar. Namun penggunaan gorden semi transparan ini akan membuat antar ruangan tidak sepenuhnya tertutup, hal ini mungkin perlu kamu pertimbangkan jika Pins ingin menjaga privasi.

Sekat dengan Gorden Monokrom

Source : Pinterest

Siapa sih yang tidak tahu warna monokrom? Ya, warna-warna monokrom umumnya terdiri dari warna hitam, putih dan abu-abu. Warna-warna ini memiliki sifat netral yang sangat mudah dipadukan dengan warna lain. 

Tentu hal ini dapat menguntungkan Pins karena gorden akan lebih menyatu dengan warna desain ruang tamu di rumah. Selain itu penggunaan warna monokrom juga akan membuat ruangan terasa lebih elegan. Jadi bagi Pins yang takut bahwa warna monokrom akan membuat ruangan monoton, tenang saja! Karena ruangan kamu akan lebih elegan dengan warna-warna ini.

Baca juga: Model Gorden Jendela Kecil Minimalis untuk Percantik Ruangan

Sekat dengan Gorden Bermotif

Source : Pinterest

Tidak hanya gorden polos, gorden motif juga bisa menjadi pilihan model gorden pembatas ruang tamu dan dapur. Gorden motif bisa membuat ruangan lebih hidup. Penggunaan gorden motif juga akan membuat ruangan lebih unik dan tidak monoton. Gunakan gorden dengan motif yang kamu sukai sehingga gorden akan mencerminkan kepribadian kamu.

Pins bisa menggunakan warna dasar gorden yang sesuai dengan konsep desain interior di rumah. Gorden motif yang bisa kamu gunakan pun cukup banyak seperti gorden dengan motif tribal, floral, hewan, geometri dan masih banyak lagi. Gunakan gorden dengan panjang yang menjuntai ke lantai jika Pins ingin menjaga privasi kedua ruangan.

Baca juga: 16 Variasi Warna Cat Ruang Tamu Cream yang Menarik

Sekat Gorden Bergaya Shabby Chic

Source : Pinterest

Shabby chic adalah gaya yang memadukan dua unsur sekaligus dalam satu desain. Biasanya dalam model shabby chic memadukan unsur vintage dengan unsur yang feminim. Gaya ini bisa membuat tampilan ruangan memiliki gaya yang klasik namun menampilkan keindahan yang lembut. 

Tampilan model gorden ini juga bisa membuat ruang tamu dan dapur juga tampil beda dan lebih unik. Biasanya gorden bergaya shabby chic ini hadir dalam bentuk gorden bermotif floral atau bunga, gorden semi transparan dengan renda dan masih banyak lagi. Jika menggunakan model gorden yang ini, usahakan furniture yang berada di ruangan memiliki warna netral polos sehingga gorden dan desain interior akan lebih mudah menyatu.

Baca juga: 13 Model Plafon Ruang Tamu Terbaru

Sekat dengan Gorden Warna Pastel

Source : Pinterest

Apakah Pins salah satu yang suka dengan warna-warna pastel? Ya, gorden dengan warna pastel bisa menjadi pilihan Pins untuk model gorden pembatas ruang tamu dan dapur di rumah. Warna-warna pastel yang lembut dan cerah membuat suasana ruangan akan semakin fresh dan berbeda. Warna pastel juga akan membuat ruangan terasa lebih ceria lho

Adapun warna pastel yang bisa kamu gunakan sebagai gorden partisi di rumah adalah merah muda, baby blueblue grey, peach, cool grey dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna gorden dengan konsep interior ruang tamu dan dapur di rumah ya!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Vitrase, Apa Sama dengan Gorden?

Sekat Ruang dengan Gorden Poni

Source : Pinterest

Jika Pins ingin tampilan model gorden pembatas ruang tamu dan dapur semakin elegan dan terkesan mewah, Pins bisa menggunakan gorden dengan poni. Umumnya gorden dengan poni ini digunakan untuk jendela utama di rumah. Namun Pins juga bisa menggunakannya sebagai partisi agar terlihat lebih mewah lho!

Sekat Ruang Menggunakan Rak Buku

Source : Pinterest

Pins tidak mau repot memasang material untuk membuat sekat ruang? Tidak perlu khawatir. Pins bisa memanfaatkan benda yang sudah ada seperti misalnya rak buku minimalis. Pins dapat meletakkan rak buku untuk memberikan sekat antar ruangan. 

Dengan menggunakan rak buku, Pins sudah tidak perlu repot lagi untuk membuat sekat ruang. Selain membuat ruangan menjadi tampak lebih rapi, sekat rak buku juga multifungsi lho. Pins dapat menggunakan rak ini sebagai rak pajangan untuk meletakkan benda-benda koleksi. 

Sekat Ruangan Portable

sekat ruang tamu minimalis modern
Source : Pinterest

Ingin memiliki sekat ruangan yang dapat dipindah-pindah? Pins dapat memilih untuk menggunakan sekat ruang portable. Dengan sekat ruang yang portable, Pins dapat meletakkannya di tempat yang sesuai keinginan. 

Saat ini telah banyak terdapat berbagai jenis dan bentuk sekat portable yang dapat Pins pilih. Mulai dari sekat minimalis, hingga sekat multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat pajangan. 

Jika Pins bosan dengan bentuk atau lokasi penempatan sekat, Pins tinggal menggantinya atau memindahkan posisi sekat portable ini. Sungguh praktis bukan? 

Sekat Ruang dengan Tanaman Hias

Source : Pinterest

Alternatif lain yang dapat Pins pilih adalah dengan menggunakan tanaman hias sebagai sekat ruang. Pins dapat memilih jenis-jenis tanaman yang tinggi dan dapat tumbuh dengan baik dan subur apabila diletakkan di dalam ruangan. 

Kelebihan menggunakan sekat dari tanaman hias adalah ruangan akan tampak lebih asri dan segar. Namun, kekurangannya adalah Pins menjadi lebih repot karena harus mengurus tanaman tersebut. Karena kalau tidak terurus, tanaman tersebut dapat mati dan Pins harus membeli tanaman yang baru. 

Sekat Ruang dengan Makrame

sekat ruang tamu minimalis modern
Source : Pinterest

Makrame adalah kerajinan anyaman simpul yang dibuat menggunakan kain atau tali. Model sekat makrame ini merupakan pilihan alternatif apabila Pins ingin memiliki nuansa Skandinavia atau tropis pada ruangan. 

Perpaduan tali temali makrame ini akan tampak unik dan menarik apabila diletakkan sebagai sekat ruang. Pins juga dapat memilih model dan ukuran makrame yang Pins inginkan

Sekat dengan Lemari Pajangan

Model Sekat Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lebih Luas
Source : Pinterest

Lemari sekat ruang tamu memang cocok digunakan untuk ruangan minimalis. Namun tidak hanya sebagai tempat pajangan, lemari ini juga bisa digunakan sebagai penyekat ruangan antara ruang tamu dengan ruangan lain lho! kamu bisa menggunakan lemari dengan ukuran cukup besar jika ruangan kamu terlalu luas. Selain itu, kamu bisa memajang koleksi kamu seperti foto dan hiasan lainnya sebagai pemanis.

Baca Juga: 12 Desain Sekat Ruangan Minimalis Layak Pasang

Sekat Pintu Lipat Kayu

Model Sekat Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lebih Luas
Source : Pinterest

Rekomendasi model partisi ruangan selanjutnya yang dapat menjadi pilihan kamu adalah sekat pintu lipat berbahan kayu. Penyekat ruangan yang satu ini telah banyak digunakan sebagai penyekat ruangan baik di rumah maupun di gedung-gedung besar. Caranya yang mudah dan dapat dibuka sewaktu-waktu membuat sekat pintu lipat kayu ini banyak diminati.

Jadi ketika Pins suatu hari membutuhkan dua ruangan sekaligus, kamu bisa dengan mudah membuka sekat pintu lipat berbahan kayu ini. Sekat yang satu ini dapat privasi antar ruangan jadi lebih terjaga. Tampilan ruangan juga akan terlihat lebih rapi dan tampak minimalis jika menggunakan partisi yang satu ini.

Sekat dengan Kaca Semi Transparan

Source : Pinterest

Kaca rupanya juga bisa dijadikan sebagai partisi. Model yang bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya adalah partisi kaca semi transparan. Selain bentuknya yang tipis dan tidak memakan tempat, tampilan partisi ini sangat minimalis dan telah banyak digunakan di rumah-rumah bergaya minimalis modern.

Partisi ini sangat cocok bagi Pins yang ingin partisi minimalis namun tidak ingin privasi antar ruangan mudah terekspos. kamu bisa menambahkan interior lain seperti rak tv atau pajangan agar suasana ruang tamu semakin hidup.

Sekat dengan Rangka Kayu

Source : Pinterest

Model sekat ruang tamu kecil selanjutnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah partisi rangka kayu. Partisi yang satu ini terbuat dari susunan rangka kayu secara vertikal yang akan membuat tampilan ruang tamu kamu akan semakin menarik dan modern.

Rangka kayu ini telah banyak diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya minimalis modern. kamu bisa mencoba partisi yang satu ini agar ruang tamu semakin cantik.

Sekat dengan Sliding Door

Source : Pinterest

Model partisi ruang tamu selanjutnya adalah partisi sliding door. Partisi ruangan yang satu ini merupakan pintu yang terbuat dari rangka kayu atau besi dengan kaca semi transparan pada bagian tengahnya. Partisi yang satu ini bisa dibuka tutup dengan cara digeser atau slide. kamu bisa menggunakan partisi ini agar tampilan rumah lebih rapi dan modern.

Sekat Ruangan dari Bambu

Source : Pinterest

Sekat ruang tamu kecil selanjutnya adalah sekat ruangan yang terbuat dari bambu. Sekat ruangan ini terbuat dari bambu yang disusun secara vertikal sehingga membentuk dinding. kamu bisa membuatnya dengan disusun secara rapat atau diberi jarak sedikit agar cahaya masih dapat masuk dari satu ruangan ke ruangan lain.

Dibandingkan dengan sekat ruang tamu dari tembok, sekat ruangan dari bambu ini tidak membutuhkan luas ruangan yang terlalu besar karena dapat disusun dari satu bambu berderet saja. Jadi bagi Pins yang memiliki ruangan kecil tidak perlu khawatir, kamu masih bisa menggunakan model sekat buat ruang tamu kecil yang satu ini.

Itulah jenis-jenis sekat ruang yang dapat Pins pilih. Terkadang, Pins tidak memerlukan biaya yang besar jika ingin membuat sekat ruang. Dengan memilih jenis dan desain sekat ruang yang tepat, Pins dapat membuat ruangan yang ada tampak lebih luas dan nyaman. 

Pemilihan sekat ruang yang sesuai dengan kebutuhan juga dapat memberikan nilai estetis pada ruangan tersebut. Jadi, sudahkah Pins menemukan sekat ruangan yang cocok? 

Baca juga:

Koordinator: Aileen

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download