Pinhome

Lifestyle

Goa Lawa Purbalingga

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 13 August 2018 ∙ 3 menit membaca

Goa Lawa atau sering disebut dengan Golaga merupakan wisata yang banyak dituju oleh wisatawan Berikut informasi seputar lokasi, rute dan harga tiket masuk Goa Lawa Purbalingga. Ulasan mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Goa Lawa Purbalingga berikut akan sangat berguna bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di sekitar daerah Purbalingga dan Banyumas. Dalam bahasa Indonesia, Goa Lawa berarti goa kelelawar. Goa Lawa merupakan tempat yang sangat popular di daerah kabupaten Purbalingga. Panjangnya mencapai 1,5 kilo meter dan luas hingga 5 kilo meter. Goa Lawa terbentuk dari endapan bataun gamping dan aliran lava yang telah membeku.

Masyarakat setempat percaya pada legenda tentang Goa Lawa. Dahulu kala ketika Agama Islam sedang berkempang pada jaman kerajaan Majapahit, terdapat dua penyebar agama Islam bernama Ahmad dan Mohammad yang dikejar kejar oleh Ki Sutaraga, Senopati Majapahit. Ahmad dan Mohammad bersembunyi di dalam Goa Lawa. Setelah berhari-hari bersembunyi, kedua nya keluar goad an bertemu dengan Ki Sutaraga. Ki Sutaraga yang sebelumnya belum pernah bertemu dengan Ahmad dan Mohammad tertipu oleh mereka karena dibodohi bahwa Ahmad dan Mohammad sudah mati di makan harimau. Begitulah legenda Goa Lawa yang menyelamatkan hidup penyiar agama Islam, Ahmad dan Mohammad.

Di dalam kawasan wisata Goa Lawa terdapat 14 goa, yaitu Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa batu Keris, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Musium batu, Goa Rahayu, Goa Cepet, Goa Pos, Goa Danau, Goa Lorong Penembahan, dan Goa Naga. Selain 14 goa tersebut, di kawasan wisata juga terdapat Pancuran Slamet atau Sendang Drajat, Balai Pertemuan Agung, Taman bermain anak serta spot foto yang nemarik untuk mengabadikan momen liburan Anda.

spot foto keren di dalam goa golaga purbalingga

Patung kelelawar raksasa menjadi ikon wisata Golaga Purbalingga. Dinas Pariwisata setempat juga menghadirkan tampilan baru dengan atraksi warna warni lampu di dalam goa. Jumlah pengunjung Goa Lawa terus meningkat seiring dengan perbaikan dan promosi yang dilakukan pihak pegelola. Goa Lawa juga dilengkapi dengan fasilitas Musola, toilet, tempat makan, dan tempat duduk yang nyaman, sehingga akan membuat betah wisatawan yang berkunjung.

wahana permainan flaying fox di golaga purbalingga
Wahana Permainan Flaying Fox di Golaga Purbalingga

Lokasi Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga berlokasi Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Lokasinya berjarak 25 kilo meter kea rah utara dari pusat Kota Purbalingga dengan waktu tempuh 45 menit sampai dengan 1 jam. Goa Lawa merupakan daerah di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Apabila Anda sedang berwisata ke Goa Lawa, tidak ada salahnya untuk mampir ke kebun Strawberry.

Untuk nisa mencapai lokasi Goa Lawa Purbalingga Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Rute yang digunakan adalah jalan utama Purbalingga-Pemalang. Apabila Anda berangkat dari Purbalingga, di jalan utama tersebut Anda bisa menemukan plang bertuliskan wisata Goa Lawa di kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Goa Lawa Purbalingga

Harga tiket masuk Goa Lawa Purbalingga pada hari biasa adalah Rp 6.000 sedangkan pada hari libur (weekend dan tanggal merah) dikenakan tarif Rp 7.500. Anak usia diatas 3 tahun, sudah dikenakan tarif normal. Wisata Goa Lawa Purbalingga mulai buka pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tarif parkir sebanyak Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Nah, itulah informasi tentang lokasi, rute dan harga tiket masuk Goa Lawa Purbalingga. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda bisa membawa orang terkasih baik teman maupun keluarga untuk menghabiskan waktu libur di Goa Lawa. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Bukit Mertelu Purbalingga

Tags :

Bagikan Artikel