Gerakan Tiga A dan Putera masa Jepang

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ December 23, 2022 ∙ 4 menit membaca

Pada awal pendudukannya, Jepang menyebarkan propaganda yang menarik. Sebagai contoh adalah mengizinkan bendera Merah Putih dikibarkan di samping bendera Jepang, melarang penggunaan bahasa Belanda, mengizinkan penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, dan mengizinkan lagu Indonesia Raya. Ada banyak propaganda yang dilakukan anak bangsa diantaranya adalah Gerakan Tiga A dan Putera

Pinhome – Kebijakan itu tidak berlangsung lama. Jenderal Immamura mengubah semua kebijakan tersebut. Kegiatan politik dilarang dan semua organisasi yang ada dibubarkan. Sebagai gantinya Jepang membentuk organisasi-organisasi baru. Tentunya organisasi-organisasi tersebut untuk kepentingan Jepang sendiri. Organisasi-organisasi bentukan Jepang adalah sebagai berikut, diantaranya Gerakan Tiga A dan Putera!

Baca Juga:

Gerakan Tiga A

gerakan tiga a dan putera
(Poskata.com)

Hubungan kerja sama kaum nasionalis Indonesia dengan pihak Jepang diwujudkan dalam bentuk lembaga tertentu, yaitu sebuah perhimpunan dengan nama Gerakan Tiga A, pada akhir bulan Maret 1942. Nama Gerakan Tiga A merupakan singkatan dari semboyan propaganda Jepang, yaitu:

  1. Nippon Cahaya Asia.
  2. Nippon Pelindung Asia
  3. Nippon Pemimpin Asia

Bagian dari propaganda Jepang sebagai sponsor gerakan itu adalah dengan mengangkat tokoh Parindra Jawa Barat, Mr. Samsuddin sebagai ketuanya.

Mr. Samsuddin mencoba mempropagandakan Gerakan Tiga A ke seluruh Jawa, dibantu oleh tokoh-tokoh lain dari Parindra, di antaranya: K. Sutan Pamuncak dan Moh. Saleh.

Oleh karena gerakan tersebut dibentuk secara resmi, di daerah-daerah dibentuk pula komite-komite, diantaranya bernama komite nasional, komite rakyat, dan nama-nama lain yang bersifdat lokal.

Komite-komite yang dibentuk secara lokal tersebut belum dapat berjalan dengan baik, karena situasi sesungguhnya belum mantap untuk membentuk organisasi. Secara bertahap gerakan yang dibentuk Jepang itu mulai bulan Mei 1942 diperkenalkan beberapa bulan saja.

Baca Juga:

Runtuhnya Gerakan Tiga A

Gerakan Tiga A hanya bertahan beberapa bulan saja. Pemerintah pendudukan Jepang menganggap bahwa gerakan ini tidak cukup efektif dalam usahanya mengerahkan bangsa Indonesia. Pada bulan Desember 1942, telah direncanakan untuk membentuk organisasi baru.

Organisasi baru tersebut dipimpin oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional yang lebih dikenal luas di kalangan rakyat Indonesia. Tokoh-tokoh tersebut dikenal dengan sebutan \\\\\\\\\\\\\\\”Empat Serangkai\\\\\\\\\\\\\\\” (Soekarno, Moh. Hatta, Ki hajar Dewantoro, dan Mas Mansur)

Tokoh-tokoh seperti Soekarno, Moh Hatta, dan Sutan Syahrir sudah diketahui secara jelas sikapnya yang antifasisme dan antimiliterisme, disamping mereka bersikap nonkooperatif terhadap Belanda.

Pemerintah Jepang ingin menggunakan tokoh-tokoh pergerakan nasional itu untuk menggerakkan massa yang diperlukan untuk perang dan membangkitkan perasaan Anti-Barat dan antibangsa kulit putih.

Dari ketiga tokoh tersebut Soekarno yang dianggap paling dikenal dan sangat diplomatis dalam setiap pidatonya sehingga sangat diharapkan dapat bekerja sama dengan Jepang.

Baca Juga:

Putera (Pusat Tenaga Rakyat)

(Ilmuips.my.id)

Putera merupakan organisasi yang terdiri dari kalangan nasionalis yang dirangkul Jepang untuk mempropagandakan politik Hakko Ichiu kepada rakyat Indonesia. Tokoh yang tergabung dalam Putera diantaranya: Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan Mas Mansur.

Karena diberi kesempatan berbicara di hadapan umum, mereka mempunyai peluang mengumpulkan massa yang lebih besar dari zaman penjajahan Belanda dahulu.

Dalam rapat raksasa dan siaran radio, pembicaraan mereka terarah pada upaya menyiapkan rakyat menyambut kemerdekaan. Mereka tidak mempropagandakan politik Jepang, tetapi melakukan kaderisasi nasional rakyat Indonesia.

Lambat laun pemerintah pendudukan Jepang menyadari bahwa Putera lebih banyak bermanfaat bagi bangsa Indonesia daripada Jepang sendiri. Jepang menilai bahwa kegiatan Putera kurang menunjukkan dukungan terhadap kebijakan politik Jepang. Oleh karena itu, pada tahun 1944 Putera dibubarkan. Itulah sekilas tentang Gerakan Tiga A dan Putera di Indonesia.

Baca juga:

Featured Image Source: Materiedukasi.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia