Pengertian Generator Termoelektrik (TEG), Karakteristik, dan Cara Kerjanya

Diperbarui oleh Ani Ramdhani ∙ September 29, 2022 ∙ 3 menit membaca

Pada dasar secara historical legency, generator termoelektrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Johann Seebeck pada tahun 1821. Hingga akhirnya atas penemuan yang dilakukannya sampai saat ini kita mengenai istilah generator termoelektrik.

Oleh karena itulah, sebagai penjelasan yang lebih lengkap, uraian tulisan ini akan mengemukakan pengertian generator termoelektrik (TEG), ciri, dan cara kerjanya.

Generator Termoelektrik

Generator Termoelektrik adalah suatu jenis pembangkit energy yang didasarkan pada efek Seebeck, yang pada intinya dalam system yang ada pada pembangkit termo elektrik adalah, jikalau dua buah material logam (umumnya semi konduktor) yang kemudian bersambung berada di lingkungan dengan temperature yang berbeda maka di material tersebut akan mengalir arus listrik atau gaya gerak listrik (Djafar,2010).

Pada tinjauan umum ada 2 tipe atau jenis untuk elemen thermoelektrik ini yang pertama tipe TEG (thermo elektric generator) yang disesuaikan sebagai pembangkit listrik dari panas, yang kedua ada tipe TEC yang biasa digunakan untuk pendingin dispenser air dalam galoon, dengan komponen penyusun yang hampir sama dengan TEG.

Ciri Generator Termoelektrik

Termoelektrik itu sendiri pada umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut;

  1. Menggunakan bahan yang bersifat semikonduktor atau dengan kata lain menggunakan solid state technology

Adapun struktur dari termoelektrik dapat dilihat pada Gambar. Pada Gambar tersebut ditunjukkan struktur termoelektrik yang terdiri dari suatu susunan elemen tipe-P, yakni material yang kekurangan elektron, dan terdiri juga dari susunan  elemen tipeN, yakni material yang kelebihan elektron.

pengertian Generator Termoelektrik

Panas yang masuk pada suatu di salah satunya sisi tersebut dan dibuang dari sisi yang lainnya. Transfer panas yang dihasilkan generator termoelektrik pada akhirnya, menghasilkan tegangan yang kemudian melewati sambungan pada termoelektrik dan juga besarnya tegangan yang ada listrik dam kemudian dihasilkannya tentu sebanding dengan gradien pada suhu (Ryanuargo,2013).

Cara Kerja Generator Termoelektrik

Apabila batang logam dipanaskan dan didinginkan pada 2 buah kutub logam, elektron pada sisi panas logam akan bergerak aktif dan memiliki kecepatan aliran yang lebih tinggi dibandingkan dengan sisi dingin logam. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, maka elektron dari sisi panas akan mengalami difusi ke sisi dingin dan menyebabkan timbulnya medan listrik pada logam atau material tersebut.

Elemen termolektrik yang terdiri dari semikonduktor tipe-P dan tipe-N yang dihubungkan dalam sebuah rangkain tertutup yang terdapat pada beban. Maka perbedaan suhu yang ada pada tiap junction dan tiap semikonduktor tersebut akan menyebabkan perpindahan elektron dari sisi panas menuju sisi dingin (HB Corporation dalam Ryanuargo, 2013).

Potensi Pembangkitan daya dari termoelektrik tunggal berbeda-beda tergantung pada ukurannya, konstruksinya dan perbedaan temperature yang diterima. Semakin besar perbedaan termperatur yang diterima maka arus yang dihasilkan akan semakin besar pula.

Termoelektrik dapat digunakan sebagai power supply seperti halnya baterai untuk menghasilkan tegangan atau arus. Tiap termoelektrik dapat mengahasilkan tegangan rata-rata 1-2 volt DC dan bahkan sampai 5 volt DC, tergantung pada variasi pemanasan dan pendinginan. Pada umumnya termoelektrik akan terus menghasilkan listrik selama terjadi perbedaan suhu antara kedua sisi keramik (Djafar,2010).

Demikianlah ulasan mengenai pengertian generator termoelektrik (TEG) menurut para ahli, ciri, dan cara kerjanya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Generator Termoelektrik”.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Gadget
Gadget 13 Rekomendasi HP Realme 1 Jutaan Terbaik Desember 2022

Realme tahun ini terlihat serius dalam persaingan retail smartphone. Tak mau kalah dengan kompetito

Gadget
Gadget 16 HP Samsung Dengan Fitur NFC, Bayar Jadi Lebih Mudah!

Saat ini sudah banyak HP android sudah dibekali berbagai fitur yang membantu. Seperti hal nya HP Sa

Finansial
Finansial Ini Dia Cara Mining Tether dan Cara Mendapatkannya

USD Tether atau USDT adalah salah satu tipe stablecoin yang nilainya bergantung kepada dolar AS. Pr

Finansial
Finansial Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

Kalau kamu sedang belajar jual beli aset digital, mungkin kamu pernah menjumpai istilah airdrop. Ka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia