BlogPemilik PropertiDesain HunianCari Rumah Idaman Lebih Mudah #MulainyaDariSini
0
0

Cari Rumah Idaman Lebih Mudah #MulainyaDariSini

Dipublikasikan oleh Bekti 

Agu 30, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Aplikasi Pinhometop-right-banner

Ketika membicarakan rumah idaman, kebanyakan dari kita pasti membayangkan rumah yang indah, luas, dan didukung oleh beragam fasilitas terbaik. Padahal, setiap orang memiliki kriteria rumah idamannya masing-masing yang belum tentu sama.

Rumah idaman mengacu kepada rumah yang memenuhi segala kriteria yang diinginkan. Baik dari segi desain, luas, warna, hingga fasilitasnya. Itu sebabnya, masing-masing orang akan berusaha dengan keras dalam mewujudkan rumah idamannya tersebut.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan rumah impiannya dengan mudah. Ada berbagai kesulitan dan hambatan berbeda yang dihadapi setiap orang dalam mendapatkan rumah idamannya. Ada banyak cara untuk mendapatkan rumah idaman, bisa melakukan survei secara langsung, mengikuti pameran properti, atau mencari lewat internet.

Baca juga: Simak, Tips Beli Rumah Agar Tidak Salah Pilih

Kriteria Rumah Idaman Semua Orang

Source : Tokopedia

Setiap orang pastinya memiliki kriteria rumah idaman yang berbeda-beda ya, Pins. Namun, ada beberapa hal yang harus dipenuhi sehingga sebuah rumah layak disebut sebagai rumah idaman. Hal-hal tersebut di luar dari desain, dekorasi, ataupun ukuran rumah. Beberapa hal yang harus dipenuhi, seperti :

Lokasi Rumah

Ketika kamu mencari rumah idaman, pertimbangkan masalah lokasinya. Percuma bila rumah sudah memenuhi seluruh kriteria, tetapi berada di lokasi yang kurang strategis. Syarat rumah telah berada di lokasi yang strategis adalah aksesnya yang mudah dijangkau dan memiliki prospek yang bagus.

Selain itu rumah juga harus dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain-lainnya. Tidak perlu ragu untuk bertanya atau mencari informasi lebih detail dari orang-orang di lingkungan sekitar untuk mengetahui seberapa strategis rumah yang ingin kamu miliki, Pins.

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal! Ini Tips Memilih Rumah yang Tepat

Legalitas Rumah

Masalah legalitas rumah juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebelum membeli rumah idaman, pastikan jika sertifikat yang akan didapat merupakan SHM atau sertifikat hak milik. Sertifikat jenis ini yang memiliki legalitas paling kuat di mata hukum, dibandingkan sertifikat hak guna bangunan.

Meskipun berada di lokasi yang strategis, sesuai dengan kriteria rumah idaman, dan didukung dengan berbagai macam fasilitas terbaik, bila rumah tidak memiliki sertifikat resmi dan legalitas yang jelas akan menjadi sia-sia, Pins. Pastikan rumah yang akan kamu beli memiliki bukti legalitas yang sah di mata hukum.

Baca juga: 3 Jenis Legalitas Kepemilikan Rumah

Lingkungan Rumah

Yang patut diperhatikan selanjutnya dalam memilih rumah idaman adalah lingkungan. Lingkungan bisa ditentukan dengan kebutuhanmu kelak. Misalnya, kamu membutuhkan lingkungan tempat tinggal yang ramah anak, maka dipilih rumah dengan lingkungan yang juga mampu membantu proses tumbuh kembang anak.

Pilih lingkungan rumah yang sebagian besar warganya juga memiliki anak-anak yang seumuran, hindari memilih lingkungan rumah yang dihuni oleh mayoritas orang dewasa. Keamanan lingkungan juga wajib dipertimbangkan. Tentunya kita tidak mau tinggal di rumah dengan lingkungan yang rawan, bukan?

Pastikan lingkungan rumah idaman mendapatkan penjagaan selama 24 jam secara ketat agar aman dari segala tindak kriminal. Selain keamanan dari tindak pidana kriminal, rumah juga harus aman dari bencana alam, seperti banjir atau longsor.

Baca juga: Cara Praktis Membeli Rumah Ideal di Aplikasi Pinhome

Menciptakan Kenyamanan di Rumah Idaman

Source : Agoda

Setelah menemukan rumah idaman yang tepat, kini saatnya bagi kamu, Pins untuk membuatnya menjadi tempat tinggal yang nyaman. Menciptakan kenyamanan di rumah bisa dengan berbagai macam cara, misalnya saja seperti di bawah ini:

Gaya dan Desain Rumah Disesuaikan

Konsep rumah idaman tentunya kamu sepenuhnya yang menentukan ya, Pins. Nah, agar suasana nyaman kamu perlu menentukan gaya dan desain rumah yang tepat.

Misalnya, rumah idamanmu adalah rumah sederhana, maka desain yang diusung bisa menggunakan desain rumah minimalis. Konsep rumah minimalis ini juga sedang banyak digandrungi karena dapat menggunakan lahan secara maksimal dan rumah tetap terkesan elegan.

Baca juga: Strategi Membeli Rumah Di Perumahan yang Menguntungkan

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan Lebih Maksimal

Selanjutnya, perhatikan pula sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam rumah. Sirkulasi udara yang baik akan membuat udara di dalam rumah tetap terasa segar dan tidak pengap atau sumpek juga lembap.

Gunakan jendela-jendela lebar agar sinar matahari dapat menerangi bagian rumah secara maksimal. Jendela yang lebar juga membantu membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Buat Dekorasi Lebih Menarik

Dekorasi yang menarik tidak hanya membuat rumah menjadi semakin nyaman, tetapi juga tampil lebih indah. Pilih aksesoris-aksesoris pendukung yang mewakili kepribadian masing-masing penghuni rumah. Pilih juga warna-warna favorit yang senada agar bagian dalam rumah menjadi lebih hidup.

Baca juga: Lagi Cari Rumah Impian? Pelajari Cara Memilih Properti Ini!

Cara Mudah Cari Rumah Murah

Zaman sekarang, semua informasi dapat kamu temukan dengan mudah melalui internet. Banyak platform online yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu estimasi harga rumah di daerah yang ingin kamu tinggali.

Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan estimator properti online, seperti Pinvalue. Tinggal masukkan lokasi yang ingin dicari, dan Pinvalue akan langsung mengarahkan ke properti yang sesuai.

Setelah itu, kamu tinggal membandingkan harga tanah dengan spesifikasi bangunan serta menentukan apakah investasi yang akan kamu keluarkan sudah sesuai dengan harapan.

Pantau Situs-Situs Rumah Subsidi

Khusus untuk Pins yang sedang mencari rumah pertama, kamu bisa memantau situs-situs rumah subsidi. Proyek-proyek rumah subsidi ini biasanya diawasi oleh bank, sehingga legalitasnya lebih terjamin.

Harganya pun bisa lebih murah daripada harga pasaran. Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap mengenai rumah subsidi di sini.

Baca juga: Apa Saja Ketentuan Rumah Subsidi yang Harus Kamu Penuhi?

Hemat Uang dengan Rumah Lelang

Jangan pandang rumah lelang dengan sebelah mata, Pins! Jika teliti mencari, kamu bisa mendapatkan rumah lelang berkualitas bagus dengan harga yang jauh dari pasaran. Informasi mengenai rumah lelang bisa kamu cari di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau di beberapa situs bank.

Atau, jika kamu mencari properti berkualitas dan rutin dikurasi, Pinhome juga memiliki list properti lelang yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: Tertarik Beli Rumah Lelang? Begini Caranya!

Jangan Ketinggalan Informasi di Media Sosial

Sekarang ini banyak agen dan kantor properti yang melakukan pemasaran lewat media sosial, lho! Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok pun sudah ada informasi-informasi mengenai properti atau proyek baru yang menarik.

Ada beberapa pengembang bahkan memiliki promo khusus untuk yang melihat iklan lewat media sosial, lho!

Kunjungi Event Pameran Properti

Semenjak pandemi COVID-19, memang kegiatan pameran properti sudah jauh berkurang, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Namun, bukan berarti ini menyurutkan semangat para pengusaha di bidang properti!

Pinhome misalnya, sudah beberapa kali mengadakan pameran properti virtual dan open house yang bisa dikunjungi lewat Zoom atau Google Meeting.

Melakukan estimasi harga rumah memang membutuhkan proses yang panjang, Pins. Hal ini disebabkan adanya berbagai aspek yang mempengaruhi harga rumah, misalnya harga tanah, harga bangunan, permintaan pasar, kondisi lingkungan, serta lokasi.

Tapi proses panjang ini dapat kamu lewati dengan mudah bersama Pinhome! Pinhome hadir sebagai pionir platform jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi.

Dengan menggunakan Pinhome, kamu akan didampingi oleh seorang konsultan properti yang akan membantu di setiap tahapan, mulai dari proses memilih properti yang paling sesuai dengan keinginanmu, pengurusan dokumen, hingga pengajuan dan follow-up KPR sampai akad kredit.

Semua proses ini dapat dilakukan secara online, sehingga kamu tak perlu repot keluar rumah; terutama di masa pandemi seperti ini.

Temukan Rumah Idaman lewat Aplikasi Pinhome

Kini, mencari rumah idaman menjadi lebih mudah dan praktis dengan aplikasi Pinhome. Aplikasi Pinhome hadir tidak hanya sebatas untuk mencari properti saja, tetapi juga menyediakan layanan end to end services.

Mulai dari memberikan panduan transaksi properti untuk kaum milenial yang baru pertama kali membeli rumah hingga layanan untuk merawat hunian idaman dan gaya hidup. Nikmati juga KPR sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Keuntungan Beli Rumah di Pinhome

Transaksi rumah juga didukung dari segala tahapan transaksi. Beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan, seperti:

  • Memberikan dukungan bagi semua tahapan transaksi properti (Panduan properti untuk para peminat properti pemula).
  • Mencari properti lebih mudah dengan scrolling dan filter sesuai keinginan.
  • Pengajuan KPR tanpa khawatir atau deg-degan karena Pinhome telah berkolaborasi dengan banyak bank dan tersedia juga layanan konsultasi.
  • Tersedia juga fitur Pinhome Home Service yang melayani layanan bersih-bersih rumah, cuci mobil, fogging disinfektan, cuci AC, dan lain-lainnya yang kini bisa kamu lakukan hanya di dalam satu aplikasi saja. 

Semua yang kamu inginkan dan butuhkan untuk rumah idamanmu bisa diakses lewat satu aplikasi saja. Rasakan kenyamanan hidup yang instan. Segera unduh aplikasinya di sini atau cari di App Store dan Google Play Store dengan kata kunci “Pinhome – Aplikasi Jual Beli Properti”

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download