BlogLifestyleHobi10 Game Haram di Indonesia Berdasarkan Fatwa MUI
0
0

10 Game Haram di Indonesia Berdasarkan Fatwa MUI

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Ambar Eka Purbowani

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
game haram di indonesiatop-right-banner

Indonesia pernah dihebohkan karena munculnya fatwa dari MUI yang menyatakan beberapa game haram di Indonesia. Pendapat yang dikeluarkan oleh MUI ini tentunya memicu pro dan kontra.

Dibalik kontroversial dari munculnya fatwa ini. Sebaiknya kita balik ke diri kita masing-masing untuk menyikapi game yang diharamkan tersebut. Apa saja game yang sempat diharamkan oleh MUI?

Baca juga: 15 Daftar NFT Game yang Menghasilkan Cuan 

Higgs Domino

Game pertama yang pantas di cap haram di Indonesia adalah game Higgs Domino. Di dalam game ini para pemain akan mengumpulkan koin game yang disebut chip. Chip ini berguna untuk memainkan game slot di dalam game ini.

game haram di Indonesia
Source : sijorikepri

Dalam slot tersebut pemain akan diberi imbalan berdasarkan berapa banyak chip yang digunakan untuk bertaruh.

Masalah ada banyak orang yang memperjual belikan chip ini di pasaran. Karena inilah MUI mengharamkan game ini karena mengandung unsur judi di dalamnya.

PlayerUnknown’s Battleground

Game PlayerUnknown’s Battleground adalah game yang pernah diharamkan oleh MUI. Di dalam game hanya terdapat 1 pemenang di antara 100 orang yang bermain.

Game ini sempat dicap haram karena mengandung unsur yang destruktif. Di dalam game terkandung unsur tembak-tembakan yang dikhawatirkan akan mengubah karakter orang yang memainkannya.

Free Fire

game haram di Indonesia
Source : esports

Siapa yang tidak asing dengan nama game yang satu ini. Free Fire juga game yang bertema battle royale seperti PUBG. Bedanya hanya terdapat sekitar 50 pemain saja yang bermain dalam satu pertandingan di game ini.

Free Fire juga diharamkan karena mengandung unsur tembak-menembak seperti PUBG. Game ini juga ditakutkan akan mengubah karakter pemain dari waktu ke waktu. Karena itulah Free Fire mendapat list sebagai game haram di Indonesia.

Baca juga: 3 Game Gratis Epic Games Terbaik November 2022

Mobile Legends

Menjadi game MOBA yang sangat laris di Indonesia, Mobile Legends menjadi game MOBA Terpopuler di Indonesia hingga saat ini. Bahkan sudah bahkan tournament dengan skala nasional hingga internasional untuk game Mobile Legends.

Di balik ketenarannya, Mobile Legends juga mendapat cap sebagai game haram di Indonesia. Game ini disebut sebagai game yang sering membuat lupa waktu ketika memainkannya.

Juga terdapat unsur kekerasan yang khawatir akan ditiru anak-anak ketika memainkan game Mobile Legends.

Fortnite

Game yang juga populer sejak tahun 2017 ini menjadi game haram di Indonesia. Dimana Fortnite merupakan game shooter battle royale, sama seperti PUBG dan Free Fire.

Alasan diharamkannya game ini juga sama seperti PUBG dan Free Fire. Dimana mengandung unsur destruktif di dalam game tersebut.

Modern Strike

Source : googleplay

Kebanyakan game tembak menembak menjadi game haram di Indonesia. Salah satunya adalah Modern Strike. Dimana terdapat aksi yang lebih brutal ketmbang PUBG di dalam game ini.

Karena itulah mengapa game ini di cap sebagai game haram. Apalagi game ini juga menampilkan tembak menembak yang takutnya akan merubah karakter pemain yang memainkannya.

Baca juga: 15 Game Racing Terbaik Di Android 2022 

Call Of Duty

Yap, benar sekali game ini juga game haram di Indonesia, merupakan game tembak menembak sama seperti sebelumnya. Namun tembak menembak pada game Call of Duty disebut terlalu ekstrim jika dibanding dengan game yang telah disebutkan diatas.

Banyak kontra tentang haramnya game ini. Karena kepopulerannya yang telah mendunia tidak hanya di Indonesia saja.

Grand Theft Auto V (GTA V)

Rockstar tidak pernah gagal dalam membuat game open world. Salah satunya adalah Grand Theft Auto yang telah memiliki banyak seri sejak dahulu. Salah satu seri yang paling populer ialah GTA V.

GTA V memang terbukti mengharuskan player untuk banyak melakukan aktivitas kekerasan sepanjang game. Player dapat menembak, membunuh dan melakukan aktivitas tidak pantas fitur lainnya di dalam game ini.

Mungkin inilah yang menjadi alasan kuat mengapa GTA V diharamkan oleh MUI dan menjadi game haram di Indonesia

Ragnarok M: Eternal Love

Fatwa haram mengenai game Ragnarok M: Eternal Love memicu kemarahan bagi playernya di Indonesia. Menurut mereka kenapa game ini masuk game haram di Indonesia padahal tidak ada unsur kekerasan atau yang melenceng di dalam game ini.

Source : onesport

Akan tetapi MUI mengatakan bahwa game ini dapat merusak mental dan mengubah kepribadian sang pemain.

Baca juga: 3 Game Bangun Rumah yang Seru Untuk Dimainkan

Catur

Catur ternyata menjadi salah satu game haram di Indonesia. Banyak yang heran mengapa catur diharamkan padahal tidak ada kegiatan yang melenceng dari syariat ketika memainkannya.

Fatwa haramnya catur diambil dari mayoritas pendapat ulama seperti ulama Hambali, Malikiyah dan Hanafiyah. Namun terdapat juga perbedaan pendapat tindak hukum permainan catur yang tidak sampai haram namun hanya sebatas makruh saja.

Ulama yang berpendapat makruhnya catur adalah sebagian ulama seperti ulama Syafi’iyah dan Yusuf Qardhawi dalam kitabnya Al Halal wal Haram.

Di era modern seperti sekarang. Dimana munculnya berbagai inovasi terbaru dari teknologi hingga tercipta sebuah game. Game sendiri, saat ini telah menjadi hiburan yang paling disenangi oleh banyak orang. Bahkan game telah menjadi sumber mata pencarian bagi sebagian orang seperti youtuber, streamer dan pro player. Ditengah ramainya perbincangan soal game.

Tidak lama di Indonesia muncul fatwa mengenai beberapa game yang diharamkan. Bahkan game yang disebut haram ini, termasuk game yang banyak dimainkan oleh player di Indonesia. Karena Inilah mungkin banyak juga yang memberi tanggapan kontra atas fatwa yang dikeluarkan oleh MUI ini.

Tapi dibalik haram atau tidaknya game tersebut. mungkin dapat dilihat dari bagaimana cara memainkan game tersebut. Bisa jadi diharamkannya karena banyaknya unsur dalam game yang melenceng dari syariat Islam.

Featured Image Source: oneesport

Baca juga: 8 Rekomendasi Game RPG Terbaik 2022


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan The Taman Dayu dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download