BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Desain Rumah yang Nyaman dan Aman
0
0

Tips Desain Rumah yang Nyaman dan Aman

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Nov 16, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mendesain rumah adalah sebuah kegiatan yang terlihat mudah namun sebenarnya, ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya seperti pemilihan material, konsep desain, dan aspek pelengkap lainnya yang sekiranya dibutuhkan saat proses pembangunan sedang berlangsung. Apa saja tips desain rumah yang sekiranya harus diterapkan agar hunian terasa nyaman, aman, namun tetap indah dan sesuai dengan keinginan? Cek dalam ulasan berikut ini!

Kamu dapat menemukan rumah yang siap huni dengan desain nyaman dan aman di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins juga bisa membangun rumah dengan desain nyaman dan aman sesuai dengan selera Pins menggunakan Pengajuan KPR.

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah yang Bagus

Pertimbangan Dalam Perancangan Desain Rumah

Pertimbangan yang mungkin ada dalam membuat desain rumah antara lain menentukan konsep rumah yang diinginkan, penyesuaian jumlah ruangan dengan anggota keluarga calon penghuni rumah yang terkadang dibatasi oleh luas dan bentuk tanah yang tersedia, perhatikan kebutuhan setiap anggota keluarga agar rumah nantinya dapat memfasilitasi penghuninya.

Kemudian, sesuaikan desain rumah dengan rencana anggaran biaya yang disediakan, seperti pemilihan warna cat bidang bangunan yang akan dipakai, pemilihan tekstur dan jenis material yang akan dipakai, tampilan eksterior dan interior rumah.

Desain peletakkan taman baik di luar rumah maupun yang berada didalam rumah. Lalu, juga desain peletakkan pintu dan jendela yang mudah diakses dan dapat membuat rumah sehat.

Setelah mengetahui beberapa permasalah dan kendala yang mungkin terjadi dalam melaksanakan pembuatan desain rumah. Selanjutnya dapat menentukan upaya dalam mengatasinya sehingga didapatkan desain terbaik.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Desain Rumah Sendiri

Tips Desain Rumah yang Nyaman dan Aman

Source : TastefulSpace

Desain rumah menjadi penting bagi kamu yang menginginkan perwujudan rumah yang nyaman dan aman. Rumah yang nyaman dan aman dapat tercapai apabila Pins memerhatikan beberapa aspek penting yang harus ada dalam membangun rumah. Untuk mendapatkan desain yang sesuai dengan harapan, ikuti beberapa tips berikut ini sebelum mendesain rumah:

Baca juga: 3 Tips Desain Interior Rumah Minimalis

1. Perhatikan Kebutuhan Setiap Anggota Keluarga

Source : MoveNowProperties

Tips yang pertama adalah memerhatikan kebutuhan setiap anggota keluarga. Hal ini sangat diperlukan agar desain rumah dapat diterima oleh berbagai pihak calon pemilik rumah, karena Pins tidak tinggal sendirian. Segala perubahan baik dari segi bentuk, model, maupun warna rumah akan lebih baik diubah dalam masa pembuatan desain rumah dari pada mengubah bangunan yang sudah jadi karena akan terjadi pemborosan.

2. Pilih Material yang Murah Namun Berkualitas

Tips kedua adalah kamu dapat memilih material bangunan alternatif dengan biaya semurah mungkin dengan kualitas yang sama. Hal ini dilakukan agar dapat melakukan penghematan dalam membangun rumah, namun materialnya akan tetap berkualitas, kokoh, dan tahan lama.

Material bangunan yang murah namun berkualitas seperti semen, batu bata, besi beton, kayu, pasir, triplek, dan genteng, serta yang lainnya.

3. Sewa Jasa Arsitek untuk Hasil yang Lebih Baik

Source : COR

Tips selanjutnya kamau dapat mengkonsultasikan kepada arsitek yang dapat mempercepat proses desain rumah dengan pembuatan gambar. Baik berupa gambar sketsa, gambar kerja atau shop drawing, atau jika perlu buat dalam bentuk 3 dimensi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa desain rumah yang sudah dibuat sesuai dengan keinginan calon pemilik rumah.

Arsitek dapat memperkirakan dan menerjemahkan visi yang kamu miliki, serta memberikan solusi-solusi desain agar rumah menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Buat Desain dan Tata Ruang yang Tepat

Tips keempat kamu dapat membuat beberapa alternatif desain rumah untuk kemudian dipilih mana yang terbaik dari sekian desain yang kamu punya. Pastikan setiap ruangan mempunyai sirkulasi udara yang cukup, pencahayaan yang baik, hubungan antar rumah yang membuat nyaman untuk digunakan, sehingga dapat tercipta sebuah design rumah yang sehat, nyaman dan indah.

Baca juga: Simak, Tips dan Trik Sebelum Memilih Rumah Modern

5. Maksimalkan Sirkulasi Ruang dan Udara

Source : Greiner Heating and Air Conditioning

Pastikan rumah yang kamu desain memiliki lubang ventilasi untuk sirkulasi udara. Sirkulasi yang ideal adalah ketika udara dari luar bisa masuk ke dalam kamar mandi dan begitu juga sebaliknya. Usahakan ada ventilasi pada kamar mandi yang berhadapan langsung dengan bagian luar rumah. Hal ini dapat mengurangi bau apek dan kelembaban dalam rumah.

Perhatikan juga ketika sedang mendekorasi rumah dengan perabotan. Pilihlah perabotan yang sesuai ukurannya agar nantinya menyisakan ruang untuk sirkulasi udara. Saat ini, banyak pilihan perabotan lipat yang praktis dan fleksibel untuk rumah-rumah kecil. Sehingga setelah dipakai, dapat disimpan atau dilipat untuk memunculkan akses sirkulasi ruangan.

Baca juga: Desain Ruang Tamu yang Baik dan Benar

6. Perhitungkan Struktur Rumah

Perhitungkan dengan baik struktur rumahnya yang meliputi balok, kolom, plat, lantai, pondasi, kuda-kuda atap sehingga rumah dapat berdiri dengan kuat. Akan sangat disayangkan jika rumah yang sudah didesain dengan indah namun tidak diimbangi dengan kekuatan struktur rumah.

Kekuatan struktur rumah menjadi penting untuk mengkokohkan rumah Pins secara berjangka panjang.

7. Perhatikan Sirkulasi Cahaya Alami

Source : MyTicor

Bila kamu memiliki rumah berukuran kecil atau rumah minimalis, pastikan terdapat celah sehingga sinar matahari yang bisa menerangi seluruh area ruangan. Pencahayaan yang cukup akan memberikan kesan yang luas pada ruanganmu. Selain itu, paparan sinar matahari bisa mengurangi tingkat kelembaban yang ada di dalamnya.

Alhasil, kuman dan bakteri akan mati. Rumah akan menjadi sehat dan kamu juga bisa menghemat pemakaian listrik.

8. Melihat Fungsi Saat Mendekorasi

Tips kedelapan dalam mendesain rumah yang nyaman dan aman adalah melihat fungsi saat melakukan dekorasi. Kamu harus menentukan dan membuat desain interior sejak awal sesuai dengan fungsi yang kamu inginkan. Misalnya pada bagian ruang tamu, kamu dapat menambahkan beberapa bangku, kursi, dan juga meja untuk menyambut para tamu yang datang ke rumah.

Lalu, pada bagian kamar tidur, kamu dapat menambahkan ranjang tempat kamu tidur, meja rias, lemari multifungsi, dan lainnya. Bila seluruh furniture sudah kamu sesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing, maka desain rumah kamu akan terasa nyaman dan aman.

9. Berfokus pada Furniture Multifungsi

Source : iStock

Tips terakhir dalam mendesain rumah yang nyaman dan aman adalah dengan berfokus pada penggunaan furniture yang multifungsi. Penggunaan furniture multifungsi akan mewujudkan rumah kamu menjadi tidak berlebihan dan memanfaatkan ruang. Beberapa furniture multifungsi yaitu laci pada ranjang tidur, kabinet pada dapur yang didesain mencukupi penyimpanan peralatan dapur, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika sedang ingin membangun rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: ArchDaily


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download