Pinhome

Tips Properti

Gambar Denah Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membuat rumah agar tampak indah dan nyaman tidak hanya dilakukan dengan memilih desain yang benar. Namun anda juga harus bisa membuat gambar denah bangunan rumah anda dengan benar. Anda harus bisa membagi bangunan rumah anda menjadi beberapa ruang sesuai kebutuhan anda dan sesuai dengan desain yang anda pilih. Membuat gambar denah bangunan sebenarnya tidak terlalu susah, karena sekarang terdapat banyak software yang dapat membantu anda. Namun anda harus detail dan spesifik ketika membuat suatu gambar. Oleh karena itu untuk mempermudah anda dalam mendapatkan gambar denah rumah, anda bisa menggunakan jasa seorang arsitek. Namun biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa mereka cukup mahal, jadi jika anda ingin lebih menghemat anda bisa mencari gambar denah bangunan pada majalah-majalah bangunan atau di internet.
Sebelum menentukan gambar denah bangunan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan ruangan apa saja yang diperlukan dan berapa total yang dibutuhkan. Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui letak dan porsi dari setiap ruangan yang ada. Namun jumlah ruangan yang anda butuhkan harus disesuaikan dengan ukuran tanah yang ada. Jika anda memiliki tanah yang terbatas, maka manfaatkanlah setiap sisi tanah yang ada. Jadi bangunalah ruangan-ruangan yang multifuntction. Contoh simpelnya adalah dengan membangun ruang keluarga yang juga bisa digunakan untuk ruang tamu. Karena berfungsi sebagai ruang tamu dan ruang keluarga, maka lebih baik anda mendesainnya agak luas. Sedangkan jika anda memiliki keluarga yang tidak terlalu besar, maka membangun 2 -3 kamar tidur cukup. Untuk menghemat ruangan, anda bisa membangun sebuah kamar mandi di tengah dua kamar. Jadi kamar mandi ini bisa dimanfaatkan oleh kedua kamar tersebut. Jika anda tidak memiliki hobi memasak, maka dapur anda tidak perlu terlalu luas, cukup sesuai dengan kebutuhan anda sedangkan untuk ruang makannya, anda bisa menggabungkannya menjadi satu dengan dapur anda. Jika anda memiliki sebuah mobil, maka anda bisa membuat garasi di bagian luar rumah agar rumah anda tidak tampak sempit.
Jika anda memutuskan untuk menggunakan desain minimalis pada rumah anda, maka anda dapat menggunakan gambar denah bangunan minimalis. Sebenarnya yang membedakan denah bangunan minimalis dan biasa adalah jumlah sekat yang digunakan. Pada sebuah rumah minimalis, diusahakan untuk meminimalisir jumlah sekat yang ada agar rumah bisa tampak luas. Jika anda memang menginginkan sebuah pembatas antar ruangan, maka jangan selalu menggunakan tembok saja, karena hanya akan membuat rumah anda tampak lebih sempit. Contoh simpel yang anda bisa terapkan pada rumah adalah dapur dengan tempat makan. Saat ini banyak dapur yang tidak menggunakan sekat langsung antara dapur dengan tempat makan. Jadi dapur didesain seperti minibar sehingga menyatu langsung dengan tempat makan anda. Dengan desain kreatif seperti ini, anda bisa membuat rumah anda tampak lebih menarik dan tampak lebih luas.
Untuk anda yang menginginkan sebuah rumah bertingkat, maka gambar denah bangunan yang dibutuhkan tidak akan terlalu jauh berbeda dengan denah bangunan satu lantai. Beberapa alternatif yang bisa anda tambahkan jika memiliki rumah bertingkat dua adalah menambah jumlah kamar atau memperluas beberapa ruangan yang ada. Jika pada rumah berlantai satu ruang keluarga dan ruang tamu dijadikan satu, maka disini anda tidak harus melakukan itu. Anda bisa membangun sebuah ruan keluarga pada lantai dua dimana anda bisa melakukan semua kegiatan anda dengan tenang.

Tags :

Bagikan Artikel