Pinhome

Burung Trucukan Jawa Timur | Ciri Fisik dan Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 1 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Burung Trucukan Jawa Timur, masih menjadi salah satu burung kicau yang paling diminati saat ini. Selain dapat dijadikan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, burung Trucukan ini pun menjadi sebuah hobi tersendiri bagi pemiliknya. Pasalnya, burung dengan postur tubuh yang bagus bak model, dan suaranya yang merdu, mampu dijadikan sebagai hiburan tersendiri bagi penggemarnya.

Trucukan disebut sebagai Merbah Cerukcuk atau Jog Jog menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, dan hutan sekunder. Burung ini cenderung berkelompok untuk mencari makanan maupun bertengger dengan segala jenis burung. Suka juga tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting-ranting perdu atau pohon kecil. Makanannya ialah buah-buahan yang lunak.

Trucukan sering melubangi buah pepaya dan pisang yang masak. Ia pun suka memangsa aneka serangga, ulat dan hewan kecil lainnya seperti cacing. Burung ini sering menghabiskan waktu lebih lama dalam mencari makanan di atas tanah, daripada jenis Merbah lainnya. Sarangnya berbentuk seperti cawan, terbuat dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting halus, dijalin dengan serat tumbuhan dan menempel di dahan.

Baca juga: Perbedaan Trucukan Jawa Timur dan Jawa Barat

Ciri Trucukan Jawa Timur

trucukan jawa timur

Tubuh Besar dan Panjang

Tubuh besar dan panjang dengan tampilan menggemaskan dimilinya. Panjang tubuhnya mampu memberikan khas unik tersendiri bagi Merbah Cerukcuk Imut. Postur tubuh gemuk yang dimiliki membuat berbagai mata terpana dengan pesonanya. Terkesan lucu nan menawan di sandang Trucukan ini.

Mulut  Panjang

Mulut panjang yang dimiliki Trucukan Jawa Timur seolah sedang mengajak bertanding. Sebab burung ini memiliki bibir panjang yang runcing dan tajam. Perlu berhati-hati, seandainya dia menggigit tanganmu pastinya akan terasa sakit.

Bulu Putih dan Coklat

Kolaborasi bulu putih dan cokat yang dimilikinya memang telah menjadi baju keseharian Trucukan Jawa Timur satu ini. Perpaduan warna bulu putih dan coklat, menambah kesan burung fighter pada Trucukan ini.

Mata Hitam, Bulat, dan Tajam

Kecantikannya ternyata tidak hanyak membawa kesan lembut pada pesona yang dimiliki. Namun, gambar dan keunggulan Trucukan Jawa Timur ternyata juga menyuguhkan sinar ketegasan melalui bola matanya. Penglihatan yang tajam dengan diperkuat warna hitam dan berbentuk bulat pada mata membuat dirinya tampil sebagai trucukan gemesin tapi juga tegas.

Suara Ngerovel yang Indah

Keanggunannya tidak hanya terletak pada paras Trucukan ini, tapi potensi suara ngerovel burung asal Jawa Timur ini menjadi keahlian terindahnya yang banyak memukau kicau mania. Suaranya, seolah penyanyi papan atas, bikin tergiur untuk memilikinya.

Paruh Panjang dan Tebal

Keunggulan terakhir yang melengkapi adalah, secara alami tubuhnya dihiasi dengan paruh panjang dan tebal. Tak heran jika para kicau mania memasukan nama burung ini kedalam daftar burung kicau peliharaannya.

Dari semua keunggulan dan fakta unik yang dimiliki Trucukan Jawa Timur, kita bisa melihat bagaimana pesona burung ini menarik minat banyak masyarakat, khususnya para kicau mania. Meskipun begitu, perlu diingat jika ingin memelihara burung ini, rawatlah dengan baik untuk menjaga populasinya.

Demikian pembahasan tentang burung Trucukan Jawa Timur yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel