BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Desain Rumah Jepang 2023, Bikin Betah Lama-lama di Rumah!
0
0

Inspirasi Desain Rumah Jepang 2023, Bikin Betah Lama-lama di Rumah!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah Jepang memang cukup diminati oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Pins mungkin melihatnya dari beberapa rumah seken di Bogor seperti Griya Parama atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi. Hadir dengan ciri khas unik dan kental akan oriental ini, desain hunian di Jepang cukup terkenal di beberapa negara negara Eropa, Amerika, serta di negara-negara Asia lainnya.

Bagaimana tidak, desain rumah Asia satu ini dikenal akan kesederhanaannya, harmoni dengan alami, serta estetika yang elegan. Tentu hal ini membuat rumah tradisional Jepang menjadi lebih unik dan menambah estimasi nilai properti, bukan? Terlebih jika hunian dekat dengan fasilitas publik seperti Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk. Penasaran dengan inspirasi desainnya? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Inspirasi desain rumah Jepang

Ciri khas yang menonjol pada rumah-rumah di Jepang dapat Pins implementasikan juga di sini sebagai rumah idaman yang nyaman. Berikut ini beberapa desain rumah Jepang yang bisa Pins jadikan sebagai inspirasi!

1. Rumah Jepang dengan Zen Garden

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Pins yang menyukai suasana alam yang kental dapat menjadikan desain yang satu ini sebagai inspirasi. Pins dapat membangun rumah konsep Jepang dengan gaya modern tapi tetap menonjolkan aspek tradisional lewat taman zen yang dibuat.

Baca juga: Ga Apato: Inspirasi Interior Ala Jepang untuk Apartemen di Tengah Kota

2. Desain Rumah Jepang Tradisional

Source : Shutterstock

Rumah tradisional di Jepang umumnya menggunakan bahan kayu, mulai dari untuk lantai jendela dan dinding. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya apabila Pins ingin menggunakan desain ini. Hal ini diperlukan karena kondisi alam dan cuaca Indonesia dengan Jepang sangat berbeda.

3. Rumah Jepang 2 Lantai

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Pins juga dapat membuat konsep rumah dua lantai dengan menonjolkan kekhasan arsitektur Jepang. Dengan jendela yang besar dan tanaman-tanaman hias di sekitar rumah tentunya rumah Pins akan terlihat unik dibandingkan rumah lainnya.

4. Rumah Jepang Minimalis Modern

Source : Shutterstock

Arsitektur tradisional Jepang rupanya dapat dipadukan dengan desain minimalis modern sehingga rumah bisa tampil lebih elegan. Kombinasi ini menciptakan rumah yang tidak terkesan penuh dengan sirkulasi udara yang baik, namun tidak meninggalkan otentisitas rumah tradisional Jepang. Menarik bukan, Pins?

5. Rumah Jepang Tropis

Source : Shutterstock

Desain rumah Jepang tropis menggabungkan estetika tradisional Jepang dengan elemen tropis untuk menciptakan suasana nyaman dan sejuk. Pins juga bisa menambahkan ruang terbuka, seperti taman dan halaman dalam desain rumah tropis di negara sakura ini.

Sentuhan dekorasi khas Jepang seperti ukiran kayu atau lukisan tradisional juga dapat menambahkan nuansa autentik Jepang. Dengan perpaduan yang indah ini, rumah Jepang tropis menciptakan tempat tinggal harmonis dan nyaman di iklim tropis yang hangat.

Baca juga: 10 Desain Rumah Modern Kontemporer yang Bisa Jadi Inspirasi

Karakteristik Desain Rumah Jepang

Berbeda dengan desain rumah di kawasan lain, hunian di Jepang memiliki karakter tersendiri yang menonjol. Hal ini terjadi karena keunikan kondisi alam dan budaya Jepang itu sendiri. Berikut ini beberapa karakteristik dari desain rumah di Jepang yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Lebih Sederhana dan Kuat

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Desain rumah Jepang terkenal dengan konsep kesederhanaan dan dekat dengan alam. Desain ini awalnya dirancang agar rumah lebih tahan gempa, mengingat gempa sangat sering terjadi di negara ini.

Selain itu, desain rumah Jepang juga berpegang pada filosofi zen (karakter yang berisi). Karena itu, efisiensi serta multifungsi pada sebuah ruangan merupakan sebuah keharusan agar ruangan lebih terkesan sederhana dan lengang.

Sah-sah saja mengadaptasi desain rumah Jepang, tapi Pins tetap tidak bisa benar-benar membangun sesuai dengan aslinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengadaptasi gaya oriental ini, termasuk iklim, keamanan, serta budaya.

Baca juga: 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau 1 Lantai yang Mempesona

2. Menggunakan Pintu Geser dan Sekat Shoji

Source : Pxhere

Umumnya, rumah-rumah di Jepang menggunakan pintu geser. Pintu seperti ini bisa sangat efektif untuk menjaga area rumah tetap luas. Hal ini akan membuat lebih banyak area yang bisa digunakan untuk meletakkan barang.

Sementara itu, beberapa rumah tradisional Jepang memanfaatkan sekat bernama Shoji sebagai pemisah ruangan. Fungsinya memang sama, yaitu sebagai pemisah ruangan menjadi dua bagian.

Namun, sekat ini menambah nilai dekoratif pada desain rumah minimalis Jepang. Pins dapat memilih sekat shoji polos atau pun yang bermotif. Motif yang dipakai biasanya berkisar tentang alam, sehingga dapat lebih menambah keindahan desain interior dalam rumah Pins.

3. Memakai Lesehan di Ruang Tamu (Tatami) dan Kotatsu

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Jika kamu perhatikan, desain ruang tamu rumah Jepang menggunakan lesehan. Nah, area ini biasanya menggunakan tatami atau tikar Jepang yang nyaman untuk digunakan. Pasalnya, tikar ini bersifat menyerap panas maupun hawa lembap. Sayangnya, tikar berbahan dasar jerami ini cenderung mudah rusak.

Oleh karena itu, alas kaki tidak boleh dipakai saat berjalan di atas tikar ini. Namun Pins tidak perlu khawatir karena sekarang telah banyak dijumpai tatami yang menggunakan bahan dasar busa polystyrene atau dari tatal kayu kompresan.

Di sisi lain, area ruang tamu di rumah Jepang dengan lesehan ini biasanya dilengkapi dengan kotatsu. Kotatsu adalah sebuah meja berkaki rendah tanpa kursi. Meja ini ditambahkan dengan pemanas elektrik serta dilapisi selimut dan biasanya digunakan saat musim dingin. Anggota keluarga akan duduk disini dan menyorongkan kaki mereka ke bawah selimut agar tetap hangat.

Berbeda dengan di Jepang, jika Pins ingin menambahkan kotatsu untuk memperkental desain rumah Jepang pada hunian, Pins tidak perlu menggunakan meja ini sebagai pemanas. Cukup jadikan tempat bercengkerama dengan keluarga di waktu santai.

Baca juga: 5 Karakter pada Konsep Desain Rumah Mediterania Kekinian untuk Rumah

4. Memanfaatkan Ornamen Kayu

Source : Shutterstock

Rumah di Jepang umumnya menggunakan ornamen yang kental dengan warna-warna alam. Salah satu warna yang kental pada hunian Jepang adalah warna cokelat kayu. Warna ini cukup netral sehingga cocok dikombinasikan dengan perabot lain.

Pins juga bisa menggunakan warna-warna yang mengadaptasi elemen batu, seperti putih, hitam, dan abu. Kombinasi antara warna elemen kayu dan batu ini bisa membuat desain rumah terlihat seperti di Jepang sekaligus menambah kenyamanan.

5. Menonjolkan Unsur Alam

Source : Pxhere

Rumah di Jepang umumnya menonjolkan banyak unsur alam di dalamnya. Pins dapat menambahkan kolam ikan untuk memperkuat ciri khas Jepang di rumah. Untuk memperindah interior rumah, Pins juga dapat menambahkan berbagai tanaman dekorasi, misalnya bonsai. Tanaman ini tentu bisa memberi kesan alami yang kuat pada rumah Pins.

6. Menggunakan Ornamen Khas Jepang

Source : Shutterstock

Di negara aslinya, kertas digunakan sebagai bahan untuk sekat ruangan. Namun, mengingat kertas sangat mudah dirobek, Pins dapat menggunakan bahan lain yang lebih kuat, seperti misalnya akrilik. Beberapa ornamen dan aksesoris Jepang memiliki bentuk-bentuk yang sangat unik dan khas yang terinspirasi dari kedekatan mereka dengan alam. 

Ornamen-ornamen tersebut juga cocok digunakan untuk dekorasi non-Jepang, asal masih dalam satu konsep yang sesuai. Bentuk-bentuk khas dalam desain rumah Jepang ini mungkin juga dapat menjadi inspirasi Pins dalam membangun rumah idaman.

Ada banyak pilihan aksesoris berbau Jepang yang dapat Pins gunakan untuk mempercantik interior rumah Pins. Tidak masalah apakah Pins menginginkan rumah yang benar-benar bergaya Jepang atau sekedar menciptakan aksen Jepang, pernak-pernik tersebut dapat membuat interior Pins menjadi lebih menarik dan eye-catching. 

Beberapa pilihan yang bisa Pins pertimbangkan untuk mendukung desain rumah Jepang adalah sumpit, tatami (tikar Jepang), boneka-boneka kecil, uchiwa (kipas Jepang), sampai furniture besar seperti kotatsu (meja penghangat). Pilihlah yang paling sesuai dengan desain ruangan Pins.

Baca juga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download