Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Furnitur dan Aksesoris Untuk Desain Rumah Jepang

Lifestyle

Furnitur dan Aksesoris Untuk Desain Rumah Jepang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Arsitektur Jepang adalah salah satu desain rumah oriental yang populer masyakat. Tidak hanya di Indonesia, desain rumah Jepang juga sangan populer di negara-negara lain, bahkan di beberapa negara Eropa dan Amerika. Konsep sederhana dan natural agaknya merupakan daya tarik terkuat yang ditawarkan desain aritektur ini. Nah, Anda pun dapat menciptakan rumah dengan sentuhan arsitektur oriental ini dengan menambahkan beberapa furnitur khas Jepang (kagu) serta aksesoris yang bernuansa Jepang pula.

Tatami

Tikar Jepang, atau yang biasa disebut dengan tatami, adalah aksesoris paling mendasar untuk desain rumah Jepang. Tatami ini sangat nyaman untuk digunakan karena bersifat menyerap panas maupun hawa lebab. Di negara asalnya, tikar ini berbahan dasar jerami dan cenderung mudah rusak. Karena itu, alas kakitidak boleh dipakai saat berjalan di atas tikar ini. Hanya saja, sekarang banyak dijumpai tatami yang menggunakan bahan dasar busa polystyrene atau dari tatal kayu kompresan.

Tansu

Tansu adalah semacam kabinet atau lemari penyimpanan kecil. Ada berbagai macan jenis tansu yang dapat diletakkan dalam ruangan, mulai dari hako kaiden sampai chanoyu dana. Hako kaiden adalah lemari atau tempat penyimpanan yang dibangun dengan memanfaatkan kolong tangga. Biasanya lemari ini digunakan pada rumah dengan space terbatas. Sedangkan chanoyu dana digunakan untuk menyimpan peralatan dalam upacara minum teh (chanoyu). Pilihlah jenis tansu yang tepat agar desain rumah Jepang tidak terkesan memaksa.

Sekat Shoji

Pada dasarnya, sekat ini memiliki fungsi yang sama dengan sekat ruangan biasa, yaitu sebagai pembatas atau pemisah ruangan menjadi dua bagian, terutama untuk memperoleh privacy. Namun, sekat ini juga dapat berfungsi menambah nilai dekoratif pada desain rumah Jepang. Anda dapat memilih sekat shoji polos atau pun yang bermotif. Motif yang dipakai biasanya berkisar tentang alam, sehingga dapat lebih menambah keindahan desain interior dalam rumah Anda.

Kotatsu

Yang terakhir adalah kotatsu (meja penghangat). Kotatsu adalah sebuah meja berkaki rendah tanpa kursi. Meja ini ditambahkan dengan pemanas elektrik serta dilapisi selimut dan biasanya digunakan saat musim dingin. Anggota keluarga akan duduk disini dan menyorongkan kaki mereka ke bawah selimut agar tetap hangat. Hanya saja, jika Anda ingin menambahkan kotatsu untuk memperkental desain rumah Jepang pada hunian Anda, Anda tidak perlu menggunakan meja ini sebagai  pemanas. Cukup jadikan tempat bercengkerama dengan keluarga di waktu santai Anda. selamat mewujudkan desain rumah jepang 🙂

Tags :

Bagikan Artikel