Pinhome

Fungsi Email

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 16 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Email saat ini menjadi suatu bentuk kirim mengirim yang modern yang akan menggantikan posisi dari surat menyurat biasa menggunakan kertas.

Dulu kita bila ingin mengirim surat akan menggunakan jasa pos untuk sampai tujuan. Namun semenjak adanya layanan email ini menjadikan semuanya menjadi lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya untuk mengirim data saja, email sendiri memiliki fungsi lain yang bisa Anda simak berikut ini.

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari “Electronik Mail” yang merupakan salah satu sarana untuk mengirim maupun menerima pesan dengan sistem digital melalui jaringan komputer dan juga internet.

Jadi, pesan digital maupun surat elektronik tersebut nantinya bisa dibuat dan juga di kirim ke alamat email yang lainnya dengan menggunakan komputer maupun laptop bahkan ke smartphone.

Layanan Email sendiri digunakan untuk mengirimkan data, bisa dalam bentuk file teks, gambar, audio & video. Dengan menggunakan layanan email ini, aktifitas pengiriman data seperti misalnya surat menyurat jadi lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mengirimkan surat secara manual.

Fungsi Email

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari Email yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, diantaranya:

  1. Menerima & Mengirim Pesan

Salah satu fungsi utama dari email yakni dapat menerima dan juga dapat mengirim pesan. Dan memiliki kecepatan pengiriman pesan melalui email terhitung dengan cepat. Hal ini sangat tergantung pada kecepatan jaringan internet daerah setempat.

Pesan yang dapat kita kirim pun tidak hanya teks saja melainkan dapat mengirimkan file-file lain seperti gambar dan video. File nya pun dapat kita terima maupun kirim serta banyak file yang bermacam-macam dengan layanan email ini.

Aadapun file yang bisa dikirim diantaranya file dokumen, suara, video, gambar saat tautan pun dapat kita kirim dengan mudah. Hal inilah yang membuat layananemail ini lebih unggul dibandingkan dengan SMS.

  1. Salah Satu Identitas Diri

Fungsi Email berikutnya yakni untuk mengenali identitas diri kita di dunia maya. Hal ini dikarenakan untuk pembuatan email, diperlukannya memasukkan berbagai macam data yang perlukan.

Umumnya, nantinya harus memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin & negara tempat tinggal. Dengan adanya informasi yang cukup detail tersebut, kita pun bisa menghubungi seseorang dengan mencantumkan alamat emailnya.

  1. Salah satu cara menyandingkan ke beberapa situs

Dengan mengalami nya perkembangan layanan email ini dapat di sinkronkan ke situs website dengan alamat email, kita pun dipermudah dalam mendaftarkan akun kita pada beberapa situs tanpa harus mengisi beberapa halaman pendaftaran.

Contohnya saja cara mendaftar bukalapak, cara mendaftar aplikasi gojek, cara mendaftar instagram, bahkan bahkan cara mendaftar Adsense Youtube pun kita tinggal daftar menggunakan akun pada email yang kita gunakan. Biasanya akun email yang dapat disinkronkan dengan banyak situs yakni akun Gmail.

  1. Media Pemasaran

Fungsi email juga dapat digunakan sebagai media pemasaran yang biasanya berisikan penawaran suatu barang ataupun jasa.

Salah satu teknik pemasaran online yang dilakukan oleh beberapa perusahaan adalah dengan memanfaatkan emali ini dengan menyebarkan ke setiap alat email secara acak. Dengan menggunakan email sebagai media pemasaran menjadikan lebih mudah dalam teknik marketing saat ini.

  1. Tempat berkumpulnya notifikasi

Email juga bisa menjadi tempat banyaknya notifikasi di laptop dan di smartphone kita.Karna saat kita bergabung pada beberapa situs menggunakan akun email kita, secara otomatis notifikasi juga dapat masuk ke dalam email.

Salah satu untuk memunculkan notifikasi ini yaitu dengan melakukan transaksi di situs belanja online. Saat Anda membeli suatu barang di online, maka secara otomatis Anda akan menerima notifikasi pembayaran melalui email. Dan masih banyak lagi untuk mendapatkan notifikasi email ini dengan menyinkronkan aplikasi lain.

  1. Menelusuri dokumen secara cepat

Salah saru fungsi dari layanan email yakni dapat mencari dokumen secara cepat. Jika Anda sering menggunakan email sebagai media untuk mengirimkan berbagai macam dokumen, maka Anda bisa memanfaatkan email ini untuk mencari dokumen yang penting dengan cepat.

Misalnya saja, komputer atau laptop tidak bisa digunakan sedangkan Anda butuh dokumen saat ini juga, jika sebelumnya dokumen yang dibutuhkan pernah dikirimkan atau diterima dari email, maka Anda tinggal cari saja kata kuncinya pada bagian “search”.Maka secara otomatis, dokumen akan tersortir setelah dimasukkan kata kunci yang dicari.

  1. Media untuk melamar pekerjaan

Di zaman sekarang pun sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan menyuru untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email, yang membuat lebih efektif dan lebih memudahkan untuk yang mencari pekerjaan.

Cara Kerja Email

Cara Kerja email bisa Anda simak berikut ini dengan penjelasan yang singkat.

  1. Setelah Anda mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang ingin dituju, server otomatis akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
  2. Setelah alamat penerima email sudah ditemukan, server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
  3. Setelah pengguna email menyadari & membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang sudah tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
  4. Setelah selesao pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut.

Macam-Macam Email

  1. POP Mail

Dilansir dari situs failfaire, POP Mail merupakan kepanjangan dari Post Office Protocol ini merupakan email khusus yang hanya bisa dibuka dan dibaca dari Internet Service Provider yang digunakan. Email jenis ini paling sering dipakai perusahaan untuk berkomunikasi secara internal dengan karyawannya.

  1. Web Mail

Web Mail merupakan jenis layanan email yang paling umum digunakan oleh pengguna. Email jenis ini sama seperti layanan email pada Google & Yahoo, yabng hanya bisa diakses dengan membuka halaman website-nya.

  1. Forward Mail

Forward Mail merupakan salah satu layanan untuk pengguna email yang sering mengganti alamat email-nya. Dengan mendaftarkan diri pada layanan email ini, pengguna akan tetap mendapatkan pemberitahuan apabila terdapat pesan baru di alamat email lamanya.

Forward Mail ini berfungsi sebagai perantara antaralamat email. Karena sifatnya sebagai perantara, jangka waktu yang diperlukan untuk mengirimkan email lebih panjang dibandingkan layanan email biasa.

Kelebihan dari layanan email jenis ini yakni dapat mengirimkan pesan serta membaca email di mana pun kita berada.

Kelebihan & Kekurangan Email

Kelebihan

  1. Menawarkan Cara yang Praktis
  2. Menawarkan Efisiensi Waktu
  3. Menawarkan Efisiensi Biaya
  4. Menawarkan Keamanan Data
  5. Menawarkan Kerapian Data

Kekurangan

  1. Bergantung pada perangkat lain seperti, Laptop, Komputer dan Smartphone
  2. Bergantung dengan jaringan internet
  3. Pengetahuan seputar Email sangat terbatas

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Email yang meliputi Pengertian, Macam-Macam, Cara Kerja serta Kelebihan & Kekurangan nya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tags :

Bagikan Artikel