Pinhome

Mengenal BPJSTKU dan Fungsinya Bagi Karyawan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Pemerintah Indonesia menyediakan layanan guna menjamin serta memberi bantuan kepada masyarakatnya melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS. Khusus bagi para pekerja, ada bagian tersendiri yaitu BPJS Tenaga Kerja yang mengurus berbagai jaminan seperti kesehatan dan hari tua. Pekerja yang terdaftar di BPJS Tenaga Kerja bisa melakukan pengecekan jaminan miliknya melalui aplikasi BPJSTKU.

Pinhome – BPJS Tenaga kerja ingin memudahkan para pengguna layanannya untuk bisa mengakses jaminan sosial miliknya, terutama Jaminan Hari Tua (JHT). Berangkat dari keinginan tersebut, akhirnya dibuatlah aplikasi BPJS khusus tenaga kerja dengan basis online yang bisa digunakan melalui perangkat pribadi masing-masing pengguna.

Baca Juga: Program BPJS Ketenagakerjaan Atau Jamsostek & Cara Cek Saldo

Keberadaan aplikasi ini membuat peserta BPJS Tenaga Kerja bisa dengan mudah mendapatkan informasi jaminannya. Peserta bisa melakukan cek saldo, klaim JHT, pelaporan kasus kecelakaan kerja, serta layanan informasi lainnya secara mudah dan cepat. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengecek subsidi karyawan jika memperolehnya.

Simak berbagai informasi terkait penggunaan aplikasi, cara membuat akun, cek saldo, serta cara klaim JHT BPJS Tenaga Kerja di bawah ini!

Apa Fungsi dari BPJSTKU?

(Serba Bisnis)

Baca Juga: Ingin Tahu Saldo BPJS? Yuk Cek BPJS Ketenagakerjaan Mudah Melalui Aplikasi

BPJSTKU merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh BPJS Tenaga Kerja dan bisa digunakan oleh penerima jaminan sosial yang terdaftar. Melalui aplikasi ini, para pekerja bisa mendapat informasi serta mengakses layanan BPJS Tenaga Kerja seperti Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP).

Peserta BPJS Tenaga Kerja bisa mendapatkan berbagai manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut, di antaranya yaitu:

  • Bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.
  • Terdapat fitur cek saldo JHT untuk mengetahui jumlah jaminan yang dimiliki peserta.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan simulasi perhitungan JHT.
  • Apabila terjadi kecelakaan kerja, pekerja bisa melakukan pelaporan secara realtime sehingga lebih mudah.
  • Memudahkan pengguna BPJS Tenaga Kerja untuk melakukan pengaduan terkait layanan.
  • Peserta bisa melihat dan mengunduh kartu peserta digital keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Memudahkan pengguna untuk mengakses informasi serta layanan seputar BPJS Tenaga Kerja seperti jaminan, kantor cabang, pusat layanan, media sosial, dan lain-lain.

Keuntungan-keuntungan di atas mungkin untuk didapatkan karena tersedia berbagai fitur di aplikasi milik BPJS tersebut. Beberapa fitur utamanya yaitu sebagai berikut.

  • Kartu digital, menampilkan kartu BPJS secara digital. Terdapat berbagai informasi seperti nomor peserta, nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), nama lengkap, serta tanggal aktif.
  • Cek saldo JHT, memungkinkan peserta untuk melihat dan mengecek rincian saldo JHT sejak menjadi peserta BPJS.
  • Klaim saldo JHT, memudahkan peserta untuk mengklaim JHT secara online. Peserta perlu memasukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) untuk keperluan pencairan tersebut.
  • Simulai, memungkinkan peserta untuk melakukan simulasi perhitungan JHT dan JP.

Cara Membuat Akun di Aplikasi BPJS

(Finansialku)

Pengguna BPJS Tenaga Kerja yang ingin menikmati fitur-fitur via aplikasi, harus mendaftarkan diri dan membuat akun terlebih dahulu. Berikut ini syarat-syarat registrasi yang perlu dimiliki.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Alamat email yang masih aktif.
  • Nomor peserta KPJ atau Kartu Peserta BPJS Tenaga Kerja.
  • Nomor handphone yang aktif.

Setelah menyiapkan berbagai syarat untuk pendaftaran tersebut, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengunduh aplikasi. Supaya proses unduh dan install berjalan lancar, Pins perlu menggunakan smartphone dengan sistem operasi minimal Android Lollipop (5.0) atau iOS versi 12.1. Selain itu, pastikan juga ruang penyimpanan di ponsel masih mencukupi.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti untuk membuat akun di aplikasi BPJS:

  • Membuka aplikasi BPJSTKU Mobile, lalu klik menu ‘Pendaftaran Pengguna’.
  • Mengisikan alamat email yang masih aktif.
  • Sistem akan mengirimkan nomor PIN yang digunakan untuk aktivasi melalui email.
  • Masukkan kode verifikasi di kotak yang tersedia, lalu pilih ‘Verifikasi’.
  • Setelah aktivasi akun selesai, login kembali dengan menggunakan nomor PIN baru.
  • Konfirmasikan bahwa pendaftar merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Masukkan data yang diminta secara benar.
  • Masukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilihat di kartu peserta.
  • Masukkan nomor telepon yang masih aktif untuk mendapatkan kode verifikasi.
  • Masukkan kode yang telah diterima untuk menyelesaikan pendaftaran akun.
  • Setelah pendaftaran diterima, pengguna bisa login dan menggunakan aplikasi.

Cara Cek Saldo Lewat Aplikasi

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki aplikasi bisa dengan mudah melakukan pengecekan saldo JHT secara online. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk cek saldo BPJS:

  • Membuka aplikasi lalu login ke akun milik peserta dengan menggunakan alamat email dan PIN/password yang telah dibuat.
  • Pilih menu ‘Lihat Saldo’ yang terdapat di laman depan aplikasi.
  • Aplikasi akan memperlihatkan jumlah saldo JHT milik peserta.
  • Pengguna bisa tap jumlah saldo tersebut untuk melihat rinciannya.

Mengklaim JHT Via Aplikasi

Aplikasi BPJSTKU juga bisa digunakan oleh peserta untuk melakukan klaim atau pencairan JHT miliknya secara online. Cara-cara klaim JHT melalui aplikasi yaitu sebagai berikut.

  • Membuka aplikasi lalu login.
  • Pilih menu ‘e-Klaim’ yang tersedia.
  • Pilih alasan pengajuan klaim JHT, contohnya yaitu PHK.
  • Pastikan kartu peserta sudah tidak aktif minimal 1 bulan setelah pengguna berhenti dari tempat bekerja sebelumnya.
  • Isi data yang diminta seperti kantor cabang BPJS Tenaga Kerja terdekat, informasi pribadi, nomor rekening, dan lain-lain.
  • Unggah dokumen dalam bentuk softfile (scan atau foto) yang diperlukan seperti buku tabungan, e-KTP, Kartu Peserta BPJS Tenaga Kerja, paklaring, dan lain-lain.

Setelah mengajukan klaim, peserta perlu menunggu email pemberitahuan tentang kelengkapan dokumen dari BPJS Tenaga Kerja. Apabila data yang diperlukan sudah lengkap, peserta akan mendapat jadwal untuk datang ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan validasi data. Saat validasi tersebut, peserta akan diminta untuk membawa berkas fisik terkait pencairan JHT.

Aplikasi BPJSTKU memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan oleh peserta BPJS Tenaga Kerja. Kalau Pins tidak mau ribet untuk cek saldo atau klaim JHT, bisa menggunakan aplikasi ini dan ikuti langkah-langkah di atas.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel