Pinhome

5 Fungsi Barometer

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 8 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Fungsi barometer – barometer merupakan suatu alat dipergunakan untuk memprediksi cuaca dalam suatu wilayah. Ketepatan akan kondisi cuaca yang akan datang sangat tepat.

Alat inilah yang menjadi penentu terjadinya suatu cuaca ekstream, biasanya jenis alat barometer sering digunakan di berbagai bidang.

Salah satunya di bidang penerbangan, BMKG, dan masih banyak lagi. Nah, untuk lebih jelasnya pada kali ini saya akan memberikan sekilasa manfaatan dan kegunaan dari alat barometer.

Adapun penjelasanya adalah sebagai berikut ini.

Apa Itu Barometer?

Seperti yang sudah kita ketahui barometer merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengukur tekan pada udara.

Jadi alat ini memiliki manfaat untuk memprediksi keadaan cuaca pada suatu daerah dan biasanya alat ini sering di gunakan di berbagai bidang.

Salah satunya di bidang penerbangan, bidang kelautan, bidang BMKG, dan masih banyak lagi.

Pengertian Barometer

Barometer merupakan sebuah alat yang pada umunya digunakan untuk mengukur tekanan udara.

Pada dasarnya barometer digunakan dalam menentukan atau memprediksi keadaan cuaca yang akan terjadi di mana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang “bersahabat”.

Sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan badai.

Jenis-jenis Barometer

Ada banyak sekali jenis-jenis barometer yang semua itu memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Adapun untuk penjelasan mengenai jenis-jenis barometer adalah sebagai berikut ini

1. Barometer Air Raksa/Merkuri

Ketika tekanan atmosfer turun, kolom merkuri dalam tabung kaca juga turun, fenomena yang menandakan potensi badai. Saat badai berlalu, maka pada level merkuri juga akan mulai naik seiring dengan tekanan pada atmosfer yang naik.

2. Barometer Air

Ketika tekanan atmosfer rendah, maka level air pada cerat juga perlahan akan ikut naik melebihi permukaan air dalam wadah kaca tersebut.

Namun, jika level air pada cerat turun, maka tekanan pada atmosfer pun akan berubah menjadi lebih tinggi.

Penjelasan Fungsi Amperemeter

3. Barometer Aneroid

Aneroid ini terbuat dari paduan berilium dan tembaga. Wadah kemudian disegel setelah udara dikosongkan.

4. Barograf

Barograf merupakan jenis barometer aneroid, namun tidak hanya melakukan pembacaan melainkan juga merekam hasil pencatatan selama periode waktu tertentu.

Barograf mampu membaca perubahan pada tekanan atmosfer seperti barometer aneroid. Sedangkan lengan pena mampu mencatat hasil pengukuran pada kertas atau media.

Alat ini terdiri dari logam yang berbentuk silinder. Logam tersebut mempunyai lengan yang berfungsi sebagai pena.

5. Digital Barometer

Di zaman era modern ini , stasiun cuaca tidak lagi menggunakan barometer konvensional. Hal tersebut dikarenakan untuk lebih mudah dalam memperoleh hasil yang akurat, efektif serta efisien.

Maka oleh sebab itulah kini kini menggunakan barometer digital.

Cara Menggunakan Barometer

Cara Menggunakan Barometer
wikipedia.com

Pada era ini, penyebaran atas informasinya sangat cepat dan mudah, hanya dengan media sosial.

Setiap instansi pemerintah pun telah mempunyai beberapa akun sosial media yang selalu update semua informasi, terutama informasi dalam kategori darurat.

Kini alat ini pun diperjual belikan secara bebas. Sehingga tidak perlu lagi bergantung pada informasi yang beredar.

Namun dapat mengetahui dengan sendiri bagaimana keadaan iklim yang hendak terjadi.

Cara menggunakan alat barometer diharuskan dengan benar dan jangan sampai salah, supaya nantinya kita dapat menghasilkan informasi yang tepat dan benar.

Penggunaan dari alat ini memang tidaklah mudah seperti menggunakan alat termometer. Tetapi harus memperhatikan beberapa hal.

Sebab jika tidak digunakan dengan tepat, akan menghasilkan informasi yang kurang tepat pula.

Pengertian Transformator

1. Cara kerja Barometer

Untuk jenis air raksa harus diletakkan pada ketinggian >300 meter dan jangan diletakkan di tempat yang cukup tinggi. Kemudian harus mengkalibrasinya terlebih dahulu.

Letakkan di ruangan yang kering, tertutup / terhindar dari sinar matahari dan tidak terdapat pendingin / penghangat ruang.

Suhu yang terlalu dingin dan panas dapat mempengaruhi kinerja alat ini. Cara kerja barometer ini akan berbunyi secara otomatis jika tekanan air raksa naik. Segera mengecek ketika alat berbunyi.

Sedangkan untuk aneroid mempunyai cara kerja yang berbeda dengan jenis air raksa. Bagi yang tinggal di dataran rendah tidak perlu memperhatikan letak. Sebab sebagian besar telah diatur pada tingkat dasar permukaan laut.

Jenis aneroid harus diatur terlebih dahulu sesuai dengan kondisi suhu di wilayah tersebut. Caranya dengan memutar sekrup setting menggunakan obeng.

Karena alat ini tidak mempunyai alarm. Ketahui juga penggunaan aneroid lain terlebih dahulu. Supaya dapat mengetahui besarnya tekanan suhu pada wilayah tersebut.

Apabila pengaturan aneroid berbeda, akan menghasilkan informasi yang berbeda pula.

2. Cara Membaca Barometer

Cara membaca Barometer jenis digital sangat mudah. Karena terdapat suatu informasi besarnya tekanan suhu dengan tepat.

Kelebihan dari alat barometer memang memiliki fitur yang berupa dengan sensor, guna untuk mengalibrasi secara otomatis.

Jenis alat inilah yang sangat efektif digunakan pada daerah pegunungan ataupun bagi penghuni apartemen.

Fungsi Barometer

Fungsi Barometer
wikipedia.com

Alat ini mempunyai fungsi yang sangat berguna bagi setiap orang.

Namun, sayang fungsi dari alat barometer hanya efektif pada beberapa instansi saja atau hanya efektif dari jenis pekerjaan tertentu yang membutuhkan perkiraan cuaca saja.

Sedangkan untuk bidang lain, sama sekali tidak begitu membutuhkan alat ini. Hal ini disebabkan sama sekali tidak membutuhkan informasi perkiraan cuaca setiap saat.

Berikut ini adalah jenis instansi yang membutuhkan perkiraan cuaca :

1. Badan meteorologi.

Instasi ini sangat membutuhkan perkiraan cuaca. Sebab instasi ini mempunyai peran yang sangat penting bagi sumber informasi untuk setiap orang tentang ramalan cuaca.

2. Penerbangan dan pelayaran

Bidang pekerjaan sangat membutuhkan suatu perkiraan cuaca untuk memutuskan jadwal pelayanan / penerbangan. Selain itu dapat melakukan persiapan terlebih dahulu untuk menanggulangi resiko cuaca ekstream.

3. Pendidikan meteorologi.

Salah satu cara untuk mempelajari ilmu meteorologi adalah dengan mengamati laju tekanan alat tersebut. Sehingga dapat memahami dengan mudah arti dari setiap tekanan suhu.

4. Industri informatika.

Alat pengukur suhu kini dimanfaatkan oleh perusahaan – perusahaan informatika, terutama dalam bidang software aplikasi.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan suatu software / aplikasi alat pengukur tekanan suhu yang dapat diaplikasikan melalui smartphone / pc.

Itulah penjelasan singkat mengenai Barometer. Hal tersebut dapat dijadikan referensi penggunaan alat pengukur tekanan suhu dengan tepat dan efektif.

Penjelasan Fungsi Ohmmeter

Fungsi Altimeter

Fungsi Altimeter
wikipedia.com

Fungsi altimeter adalah sebagai alat mengukur ketinggian pada suatu titik tertentu dari permukaan laut.

Alat ini umunya di pakai dalam berbagai keperluan seperti pendakian, penerbangan serta berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian.

Prinsip Kerja Altimeter

  1. Tekanan udara (yang paling umum dipakai)
  2. Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi)
  3. Gelombang (ultra sonic ataupun infra merah dan lain sebagainya)

“Pemakaian Altimeter biasanya selalu diikuti dengan pemakaian kompas”.

Altimeter bekerja berdasar tekanan udara sesuai naiknya angka ketinggian.

Jika alat ini ingin dipakai alangkah sebaiknya jangan dimasukkan kedalam tas atau ransel karena hal tersebut dapat mempengaruhi prinsip kerja pada alat altimeter.

Di medan yang bergunung-gunung tinggi, resection dengan memakai kompas sering tak  banyak membantu, di sini alat ini lebih bermanfaat.

Demikianlah pembahasan isi artikel kali ini mengenai seputar fungsi barometer lengkap beserta penjelasan lainya semoga bermanfat dan Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel