Indahnya Kawah Kamojang Garut

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh pandu.pamungkas ∙ 18 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Untuk kamu yang punya rumah di Bandung dan Garut pasti tak asing dengan  Kawah Kamojang Garut.Sebagian besar orang menyebutnya sebagai tempat wisata dari kawah gunung berapi yang terletak diantara perbatasan antara kota Bandung dan kabupaten Garut

Dari kota Bandung, tempat kawah wisata ini hanya berjarak sekitar 30 km saja. Kawah Kamojang Garut menjadi wisata yang banyak dituju oleh wisatawan asing maupun lokal karena keindahan alamnya yang memikat.

Ketinggian Kawah Kamojang mencapai 1700 meter dari kedalaman laut. Keindahannya tak kalah jauh dengan Kawah Putih. Penasaran tentang informasi wisata alam ini? Yuk simak dulu ulasannya dibawah ini!

Informasi Seputar Kawah Kamojang Garut

(Shutterstock)

Wisata Garut ini berada di Gunung Kamojang yang dikelola oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina. Selain sebagai lokasi wisata ternyata Kawah Kamojang difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bumi. 

Istimewanya lagi PLTP ini merupakan kawah pertama yang energinya dimanfaatkan. Pembangunannya terjadi pada penjajahan Belanda yakni 1926. Peresmian dilakukan oleh Presiden Soeharto pada 1983.

Berdasarkan penduduk setempat keberadaan kawah ini erat kaitannya dengan legenda bernama Si Mojang atau Sang Gadis. Konon seorang gadis desa cantik pernah tinggal di kawasan ini.

Kedua orang tuanya menjodohkan ia dengan laki-laki separuh baya. Laki-laki tersebut terkenal sangat kaya. Sang mojang tersebut menolak dan memilih melarikan diri ke hutan.

Walau sudah dicari kemanapun namun Mojang tak kunjung ditemukan. Lokasi dimana gadis tersebut menghilang disebut dengan Mojang. Selain legenda ini ada keistimewaan lainnya yang dimiliki Kawah Kamojang.

Uap dari kawah ini dipercaya membuat kulit menjadi lebih sehat. Bau dari uapnya bisa dimanfaatkan untuk melancarkan pernafasan dan peredaran darah. Umumnya pengunjung datang kesini untuk merasakan sauna alami.

Luasnya sendiri sekitar 10 hektar namun yang bisa dijelajahi hanya sekitar 8 hektar saja. Ada 23 kawah dengan dua diantaranya berbentuk danau yang mempunyai uap.

Baca Juga :

Spot Wisata Kawah Kamojang Garut

(Shutterstock)

Ada beberapa rekomendasi spot menarik dari Kawah Kamojang. Diantaranya danau dan aneka kawah yang memiliki keunikan tersendiri.

Curug Madi

Lokasi ini sering digunakan untuk outbound dan menawarkan panorama persawahan. Curug yang ada disini dikenal dengan nama Curug Madi.

Tak jauh dari lokasi air terjun ada danau yang berada di tengah hutan belantara. Namanya adalah danau Ciharus dengan wisata airnya yang tenang. Tempat ini sering pula digunakan untuk camping.

Kawah Manuk dan Hujan

Kawah yang disebutkan mampu menyehatkan kulit adalah Kawah Manuk. Tempat ini berada sebelum gerbang masuk kawasan Kamojang Garut. 

Pengunjung dilarang untuk masuk ke dalam area kawahnya. Walaupun kelihatan kering dan berlumpur namun bisa menjebak kaki. Udaranya pun cukup panas namun dikelilingi pepohonan yang menjulang tinggi.

Kawah Kereta

Keunikan kawah ini adalah mampu mengeluarkan suara siulan mirip dengan kereta api. Suara tersebut dihasilkan melalui tekanan uap panas bumi. Pada awalnya kawah ini adalah bekas penggalian uap panas bumi pertama yang dibuat pada zaman Belanda.

Walaupun sudah lama hingga kinipun sumur bor masih mengeluarkan uap panas bumi. Suara yang dihasilkannya super kencang. Aktivitas seru yang biasa pengunjung lakukan disini adalah menyimpan bola yang nantinya bisa terbang sendiri ke atas.

Kamu juga bisa menyimpan pipa di sisi sumur hingga keluar suara siulan yang nyaring. Biasanya ada penjaga kawah ini yakni seorang kakek yang merupakan warga sekitar kawah.

Lokasi Kawah Kamojang Garut

Lokasi Kawah Kamojang Garut terletak di perbatasan Bandung-Garut. Lebih tepatnya Kawah berada di daerah Kamojang. Tepat berada di perbatasan kecamatan Ibun yang masuk dalam kabupaten Bandung dan Garut.

Kamu bisa datang ke tempat ini dengan mengikuti arahan Google Maps sebagai berikut :

Rute Menuju Kawah Kamojang Garut

Jika bingung mengikuti Google Maps diatas bisa pula memakai rute ini. Kawah Kamojang Garut dituju dengan melewati jalur Buah Batu-Ciparay kemudian merujuk ke rute Majalaya baru selanjutnya ambil Kamojang, Garut.

Memasuki area Kawah Kamojang, kamu akan melewati berbagai daerah pegunungan, kemudian disertai dengan jembatan yang memiliki pipa besar. Terdapat pula tenaga pembangkit listrik atau turbin-turbin yang mudah dijumpai di pinggir jalan.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut

(Shutterstock)

Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Dengan harga sekitar Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 sudah bisa menikmati keindahan alamnya disertai dengan fasilitas parkir.

Berbeda dengan wisatawan asing yang harus menyiapkan budget lebih besar. Setiap wisatawan asing dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 100.000-Rp. 155.000. 

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya kolam air panas, toilet, warung, hingga gazebo.

Untuk memakai kamar mandi air panasnya hanya perlu membayar Rp. 4.000 saja. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah di pagi hari. Jangan lupa bawa serta kamera untuk mengabadikan lokasi dan momen kebersamaan bersama keluarga.

Kawah Kamojang memiliki keunikan dari uap panasnya yang sangat menakjubkan. Kawah Kamojang Garut bisa jadi pilihan destinasi seru saat liburan tiba.Apalagi kawasannya masih satu lokasi dengan taman nasional.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah