Jembatan Kaca Tangerang

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh ∙ 21 August 2018 ∙ 5 menit membaca

Punya rumah di Tangerang menawarkan berbagai kesempatan. Mulai dari peluang mendapatkan pekerjaan di bidang industri hingga berkunjung ke tempat wisatanya yang tak biasa seperti Jembatan Kaca Tangerang.

Seperti namanya jembatan ini tidak hanya untuk mengangkut orang maupun kendaraan saja. Desainnya yang tak biasa membuatnya menjadi salah satu landmark jika berkunjung ke Tangerang.

Bila menjelang senja tiba akan banyak pemuda-pemudi yang suka nongkrong disini. Lokasinya sangat cocok untuk spot foto yang bisa kamu gunakan mengisi feed Instagrammu.

Informasi Seputar Jembatan Kaca Tangerang

Jembatan Kaca Tangerang lebih dikenal sebagai Jembatan Berendeng. Namanya sendiri  diambil dari lokasi yang merupakan penghubung dari dua wilayah. 

Diantaranya  yaitu wilayah Benteng Makassar di kecamatan Tangerang dan wilayah Gerendeng di kecamatan Karawaci. 

Tempat penyeberangan ini berada di sisi kanan dan kiri yang menyatu dengan Jembatan Gerendeng di Sungai Cisadane. Jembatan mulai diresmikan pada Februari 2018 lalu oleh walikota Sachrudin. 

Jembatan Kaca Gerendeng Karawaci Tangerang merupakan flying deck yang bagian atas berupa lapisan kaca transparan yang memperlihatkan pesona Sungai Cisadane. 

Objek wisata ini memiliki luas 7×2,5 meter dengan beban maksimal sebanyak 60 orang dan mempunyai maksimal berat badan masing-masing 80 kg. 

Untuk ketinggian dari sungai bawah menuju atas hingga jembatan kaca berjarak sejauh 5 meter. Pengunjung jembatan sering berfoto disini sambil memperlihatkan kaca transparan yang merujuk ke permukaan sungai Cisadane.

Baca Juga :

Keunikan Jembatan Kaca Tangerang

Jembatan ini memiliki beberapa daya tarik sehingga sering dijadikan tempat nongkrong warga sekitar. Aktivitas yang bisa kamu lakukan disini diantaranya adalah :

Berfoto Cantik Di Atas Jembatan Kaca

(Pexels)

Selain berdiri diatas ketinggian 5 meter dari permukaan sungai Cisadane, di sekitar jembatan berdiri banyak gedung tinggi. 

Kamu bisa berselfie ria dengan karpet kaca transparan dan latar belakang sungai Cisadane. Untuk menikmati jembatan ini diharapkan melepas alas kaki. Tujuannya agar tidak menggores permukaan kaca jembatan. 

Bermain di Taman Cantik Tepi Sungai Cisadane

Tak jauh dari jembatan yakni di belakang Plaza Robinson atau Jln. Benteng Jaya terdapat taman bernama Cisadane Walk. 

Disini kamu bisa pula melihat replika meriam dan beberapa bangunan mirip benteng. Paving di taman juga dihiasi berbagai warna cerah dan sering dijadikan lokasi bermain anak-anak dan beristirahat warga sekitar.

Ada banyak permainan anak disini misalnya perosotan, jungkat-jungkit hingga ayunan. Tersedia banyak pedagang kaki lima di sekitar taman ditambah lampu-lampu yang mengelilingi taman.

Seakan membuat taman ini tak pernah sepi mulai dari pagi hingga menjelang petang. Kesan syahdu dan nyaman sangat kental terasa.

Jembatan Penuh Warna 

(Kompas)

Jembatan juga dipenuhi berbagai warna cerah seperti kuning, orange, merah dan biru. Pada bagian bawahnya dihiasi dengan ukiran batik penuh warna. Ketika malam tiba kecantikannya kian terlihat diterangi sinar lampu di sepanjang jembatan.

Pada bagian tepi jembatan terdapat bangunan yang menyerupai benteng. Bangunan benteng ini merupakan ikon dari lokasi kawasan Benteng Makassar.

Tempat Nongkrong Asyik 

Tidak hanya berdiam saja menikmati indahnya suasana sungai dari pagi hingga sore hari. Di sekitar Jembatan Kaca Tangerang juga terdapat warung makan yang menyediakan berbagai jajanan pasar dengan harga terjangkau. 

Kamu juga bisa menemukan makanan khas Tangerang disini. Ditambah lagi ada dermaga apung yang dibangun dekat jembatan. Lokasi ini biasa digunakan untuk memancing wisatawan. 

Dermaga apung sendiri membentang sepanjang 70 meter di sungai Cisadane. Dermaganya juga dicat dengan berbagai warna cerah seperti merah, hijau maupun biru.

Kawasan Olahraga

Tak sedikit orang juga suka menghabiskan waktunya disini untuk berolahraga. Misalnya saja jogging, senam maupun bersepeda. 

Jika sudah sore hari akan ada banyak anak muda datang kesini untuk bermain skateboard. Fasilitas yang tersedia disini diantaranya area parkir yang luas, toilet bahkan mushola.

Lokasi Jembatan Kaca Tangerang

Lokasi dari Jembatan Kaca Gerendeng Karawaci Tangerang berada di pusat kota. Alamat lengkapnya di  Desa Sukarasa, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten.

Bila dari pusat kota Tangerang kira-kira berjarak 3 km. Panjang jembatan sekitar 120 meter dengan lebar 13 meter. Selain menjadi objek wisata juga dijadikan jalan alternatif oleh masyarakat Tangerang.

Lokasi strategis dan mudah untuk dijangkau oleh pengunjung yang ingin mengunjungi atau hanya sekedar berfoto. Kamu juga bisa menuju kesini dengan mengikuti Google Map dibawah ini :

Jembatan Kaca Gerendeng Karawaci Tangerang dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum lainnya.

Pada hari libur dan hari sabtu sore hingga minggu sore, jembatan ini digunakan khusus untuk car free day.

Jembatan ini dibangun untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jln. Daan Mogot dan KS.Tubun. 

Harga Tiket Masuk Jembatan Kaca Tangerang

(Tribun Jakarta)

Tempat ini terbuka untuk umum sehingga tidak ada tarif yang dikenakan kepada pengunjungnya. Walaupun begitu ada aturan yang sudah ditetapkan untuk melewati jembatan kacanya.

Untuk dapat memasuki area flying deck, para pengunjung dihimbau untuk tidak mengenakan alas kaki untuk keamanan dari pengunjung dan Jembatan Kaca itu sendiri.

Jembatan Kaca Tangerang memiliki desain yang unik dan dipenuhi warna. Struktur jembatan terbuat dari rangka baja dan kaca transparan sehingga bisa langsung melihat permukaan sungai Cisadane.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah

Hal Menarik di Karawaci

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan Karawaci

Karawaci

Ketahui lebih lanjut mengenai berbagai fasilitas umum yang terdapat di Karawaci.