Rekomendasi Font Untuk Sertifikat Dengan Link Downloadnya

Diperbarui oleh Intan Malika Putri ∙ November 2, 2022 ∙ 8 menit membaca

Sertifikat adalah dokumen penting yang diberikan kepada orang atau kelompok atas pencapaian tertentu. Oleh karena itu, sertifikat biasanya dibuat khusus dengan desain yang premium. Pemilihan font untuk sertifikat juga sangat diperhatikan dan tidak semua font bisa dipakai untuk dokumen ini.

Pinhome – Jika saat ini kamu tengah mendesain sebuah sertifikat, sebaiknya simak pembahasan rekomendasi font untuk piagam atau sertifikat di bawah ini. Kamu bisa memilih salah satu font yang paling ideal menurutmu.

Baca Juga:

Rekomendasi Font untuk Sertifikat

Jenis font untuk sertifikat umumnya berasal dari kelompok font Serif. Tujuannya adalah agar dokumen sertifikat tampak lebih resmi. Berikut ini beberapa rekomendasi font yang bisa kamu pilih.

1. Old English Regular

font untuk sertifikat
(Legionfonts)

Kalau kamu melihat dokumen seperti piagam atau sertifikat yang dikeluarkan puluhan atau ratusan tahun lalu, mungkin sudah tidak asing dengan font Old English. Ciri khas Old English Regular ada pada penambahan garis di beberapa font.

Selain itu, Old English juga identik dengan font yang memiliki ketebalan garis berbeda-beda. Hal ini diadopsi dari font asli kerajaan Inggris yang dahulu ditulis menggunakan pena. Berikut ini link download font tersebut.

2. Parchment

(Blogfonts.com)

Parchment punya ciri khas pada huruf kapitalnya yang dibuat melengkung dan berhias garis-garis tipis sehingga huruf aslinya hampir tidak terlihat. Sementara untuk huruf kecilnya hampir sama seperti Old English Regular. Download dan install font Parchment secara manual terlebih dahulu. Berikut ini linknya.

Baca Juga:

3. Rechtman

font untuk sertifikat
(Fontsquirel.com)

Tak seperti dua jenis font sebelumnya yang tampak begitu rumit, Rechtman jauh lebih sederhana. Font yang satu ini memiliki bentuk melengkung atau rounded dengan dua ketebalan garis yang berbeda. Meskipun sederhana, font ini tampak rapi dan unik.

4. Futura

(Designyourway.net)

Futura merupakan salah satu font yang mudah untuk dibaca sehingga cocok dipakai untuk sertifikat. Font ini juga tampak begitu profesional karena memiliki jarak antar huruf yang cukup, tidak terlalu dekat maupun jauh. Belum memiliki font Futura? Link downloadnya ada di bawah ini.

5. CygnetRound

font untuk sertifikat
(Urbanfonts)

CygnetRound memiliki kesan yang rapi, profesional, dan trendy atau bergaya. Font ini cocok untuk menulis bagian header atau judul sertifikat.

Misalnya tulisan Sertifikat atau Piagam Penghargaan. Selain itu, CygnetRound juga dapat kamu pakai untuk menuliskan nama penerima sertifikat.

Kamu bisa download file font tersebut pada link berikut.

Baca Juga:

6. The Modern Balqis

(Freefontsdownload.net)

Sebenarnya, The Modern Balqis adalah salah satu jenis font kasual. Meskipun begitu, font ini termasuk yang cocok digunakan untuk pembuatan desain sertifikat.

Jika kamu akan membuat sebuah sertifikat formal, sebaiknya jangan gunakan The Modern Balqis. Kamu bisa memilih font lain seperti Old English Regular atau lainnya. The Modern Balqis lebih cocok untuk sertifikat atau ijazah prasekolah.

Link download font The Modern Balqis ada di bawah ini.

7. Special Valentine

font untuk sertifikat
(Blogfonts.com)

Special Valentine lebih disukai dibandingkan font klasik lainnya karena mudah dibaca namun tetap memiliki tingkat estetika yang tinggi. Tertarik untuk menggunakan font Special Valentine di sertifikat atau piagam yang sedang kamu desain?

Berikut ini link downloadnya.

8. Adine Kirnberg Alternate

(Fontzone)

Font yang satu ini mengusung kesan yang lebih modern dibandingkan beberapa font klasik yang sudah dibahas sebelumnya. Yang jelas, Adine Kirnberg Alternate ini lebih mudah dibaca dibandingkan dengan font klasik.

Kamu bisa mendapatkan font Adine Kirnberg Alternate di link berikut ini.

Baca Juga:

9. Taylor Gothic

font untuk sertifikat
(Fontriver)

Jika dilihat sekilas, font yang satu ini punya bentuk yang sangat mirip dengan Old English Regular namun garis hurufnya lebih tebal. Jika diperhatikan lebih detail, garis-garis pada hurufnya juga berbeda. Jadi, pilih font yang mana? Sesuaikan saja dengan selera kamu.

Berikut ini link yang bisa kamu klik untuk mendownload font Taylor Gothic.

10. Adeni Kirberg

(Fontzone)

Font Adeni Kirberg punya ciri khas lengkungan melingar pada huruf kapitalnya. Selain itu juga terdapat sambungan yang menghubungkan antar hurufnya. Font yang satu ini cenderung lebih tipis dibandingkan font untuk sertifikat yang sudah dibahas sebelumnya.

Di bawah ini terdapat link untuk mendownload font Adeni Kirberg.

Baca Juga:

11. Signatra

font untuk sertifikat
(Dafont)

Rekomendasi font untuk piagam atau sertifikat selanjutnya adalah Signatra. Font yang satu ini memiliki huruf bergaris cukup tebal dan saling terhubung satu sama lain. Jika dilihat sambungan antar huruf pada font ini tidak begitu rumit dan cenderung simple namun tampak begitu elegan.

Jika tertarik menggunakan font Signatra, kamu bisa download melalui link yang ada di bawah ini.

12. Madina

(Dafontfree)

Font Madina ini dibuat oleh Ghuroba Studio dengan gaya kaligrafi. Font yang satu ini terinspirasi dari tulisan tangan tegak bersambung yang biasa digunakan untuk menuliskan nama pada sertifikat. Oleh karena itu, Madina sangat cocok jika dipakai untuk menulis nama penerima sertifikat.

Link download font Madina ada di bawah ini.

13. Darleston

font untuk sertifikat
(Blogfonts)

Darleston masuk ke dalam rekomendasi font untuk membuat sertifikat karena bentuknya yang elegan. Hal ini ditunjukkan dari ciri khas huruf kapitalnya yang memiliki variasi melingkar. Darleston mengadaptasi gaya penulisan kaligrafi sehingga setiap hurufnya saling bersambung.

Kamu bisa mendapatkan font Darleston dari link di bawah ini.

14. Heartbeat in Christmas

(Dafonttop.com)

Bentuk font Heartbeat in Christmas sangat mirip dengan tulisan tangan. Biasanya jenis font ini dipakai untuk menuliskan nama pada piagam atau sertifikat.

Bentuk tulisan pada font Heartbeat in Christmas sebenarnya sangat sederhana namun mampu memberikan kesan yang istimewa. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan font Heartbeat in Christmas, download pada link di bawah ini, ya.

Baca Juga:

15. Bernadette

font untuk sertifikat
(Blogfonts.com)

Kalau kamu sering melihat karya-karya lettering, pasti sudah tidak asing dengan font yang satu ini. Pasalnya, Bernadette sering dipakai untuk lettering. Font ini juga dapat kamau pakai untuk membuat piagam, sertifikat, maupun undangan pernikahan.

Font Bernadette tidak tersedia secara default di Windows atau MacOS sehingga perlu kamu download terlebih dahulu pada link di bawah.

16. Vegan Style

(Fontspace)

Font yang digunakan untuk sertifikat sebaiknya tidak memiliki begitu banyak variasi agar lebih mudah dibaca. Vegan Style memiliki bentuk yang sangat sederhana. Ciri khasnya ada pada huruf y, g, dan j, karena memiliki kaki lengkungan bersimpul yang khas.

Sementara itu, huruf lain pada font ini tidak memiliki ciri khas apa pun. Tampak hampir sama seperti font kaligrafi yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Kamu bisa mendapatkan font Vegan Style dengan mengeklik link di bawah ini.

Baca Juga:

17. Shaded Larch

font untuk sertifikat
(Freebestfonts)

Shaded Larch adalah font tegak bersambung yang tidak memiliki begitu banyak variasi. Bahkan perbedaan ukuran antara huruf kecil dan huruf kapital tidak begitu kentara. Desainer font ini tidak memberikan sedikit pun aksen.

Font Shaded Larch ini akan menghasilkan desain sertifikat yang elegan dan tampak mewah jika kamu mampu mengaplikasikannya dengan baik.

Download font Shaded Larch pada link di bawah ini:

18. Shanghai

(Legionfonts.com)

Font yang satu ini memiliki tulisan jenis latin atau tegak bersambung dengan jarak yang cukup rapat di antara hurufnya. Sebenarnya bentuk font ini bagus dan elegan namun akan sulit terbaca, terutama bila dilihat dari kejauhan.

Tak perlu khawatir dengan jarak antar huruf yang terlalu dekat karena kamu bisa mengaturnya di aplikasi. Spasi antar huruf bisa kamu sesuaikan menggunakan aplikasi Word atau Photoshop. Font Shangharia bisa kamu download pada link berikut ini.

19. White Smith

font untuk sertifikat
(Fontlot)

Dilihat sekilas, White Smith ini sangat mirip dengan font Shaded Larch yang sudah dibahas sebelumnya. Namun font ini memiliki ukuran huruf yang lebih tebal dibandingkan Shaded Larch. Karena lebih tebal, font ini lebih cocok untuk judul sertifikat.

Tapi tidak ada salahnya juga apabila kamu menggunakan font ini untuk menuliskan nama penerima sertifikat. Perlu diingat bahwa font ini kurang cocok untuk menuliskan konten sertifikat lainnya yang memiliki ukuran huruf cukup kecil. Dikhawatirkan tulisan menjadi sulit dibaca.

Tertarik untuk mendownload font White Smith? Klik link di bawah ini.

Penutup

Kunci pemilihan font untuk sertifikat atau piagam adalah kesan formal yang dimiliki, tingkat keterbacaan, dan keindahan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jenis sertifikat yang dibuat dan menyesuaikan font yang akan dipakai. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia