Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Diperbarui oleh Athiah Amida ∙ December 16, 2022 ∙ 5 menit membaca

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor atau trader. Dalam membaca kondisi pasar ini, ada pola atau pattern yang biasa digunakan sebagai indikator. Pola falling wedge adalah salah satunya.

Apa itu pola falling wedge? Bagi Pins yang baru mendengar pattern trading ini, informasi kali ini akan membahasnya secara detail. Pembahasannya akan berfokus pada pengertian falling wedge pattern, beserta cara membaca dan cara menggunakannya. Langsung saja yuk cek ulasan lengkapnya berikut ini, Pins.

Pengertian Falling Wedge

(Freepik)

Bagi yang baru masuk dunia trading, mungkin masih belum familiar dengan indikator atau istilah terkait trading ini. Falling wedge pattern adalah pola lanjutan yang terlihat pada saat harga memantul antara dua garis tren yang konvergen dan miring ke arah bawah. Pattern ini disebut juga sebagai descending wedge. Falling wedge sering digunakan investor atau trader dalam hal analisis teknikal. 

Bisa mengidentifikasi pola yang satu ini bisa membuatmu mengetahui momentum bullish pada masa mendatang. Hal ini karena bentuk polanya yang melebar pada bagian atas, kemudian berkontraksi saat harga bergerak menurun. Bisa dikatakan, saat terjadinya perubahan harga dalam pola ini akan membentuk kerucut yang menurun.

Baca juga: Masih Awam di Dunia Crypto? Begini Cara Trading Crypto untuk Pemula

Kelebihan Falling Wedge

(Freepik)

Penting untuk mengetahui pola falling wedge, tapi apa saja kelebihan atau keuntungan dengan menggunakan pola ini? Kelebihan dari pola falling wedge antara lain:

  • Mudah untuk  investor atau trader dalam menentukan entry dari pola wedge, karena pola yang sudah terbentuk bisa dipahami dan ditebak.
  • Dalam menempatkan posisi stop loss juga cukup mudah, karena data yang ditampilkan sesuai dengan polanya.
  •  Investor atau trader dapat menemukan titik naik (tertinggi) dan titik turun (terendah) sebagai patokan dari garis tren.
  • Berbicara mengenai akurasi, wedge pattern yang populer di kalangan investor dan trader ini memiliki tingkat akurasi hingga 70%!

Cara Membaca Pola Falling Wedge

(Freepik)

Setelah mengetahui bahwa falling wedge adalah termasuk indikator yang penting dalam mengetahui harga pasar. Selanjutnya, bagaimana cara untuk membaca atau mengidentifikasi pola falling wedge?

Pattern ini secara general merupakan pola lanjutan, jika pola muncul dari tren naik. Sementara itu, jika muncul dalam tren turun disebut sebagai pola pembalikan. Untuk dapat membaca falling wedge, inilah 5 cara yang perlu kamu lakukan, Pins:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengenali pola falling wedge. Apakah merupakan pola lanjutan (tren naik), atau pola pembalikan (tren turun).
  • Langkah selanjutnya adalah menggunakan garis tren untuk menghubungkan lower highs serta lower lows. Dengan menarik garis pada kedua titik tersebut, pertemuan kedua garis ini akan miring ke bawah.
  • Temukan divergensi atau kondisi harga aset bergerak berlawanan dengan indikator teknis. Contohnya seperti RSI atau indikator stochastic.
  • Tanda dari sinyal oversold, dapat dikonfirmasi dengan alat teknis seperti osilator.
  • Apabila entrinya cukup panjang, carilah titik break di atas resistance.

Jika melakukan trading tanpa mempertimbangkan indikator-indikator ini, nantinya kamu beresiko mengalami kerugian karena pergerakan harga yang bisa dengan cepat berubah.

Baca juga: Perlu Tahu! Apa Itu Bitcoin dan Bedanya dengan Instrumen Investasi Lain?

Cara Menggunakan Pola Falling Wedge

(Freepik)

Sebagai bentuk strategi dalam melakukan trading, kamu perlu tahu juga cara untuk menggunakan pola wedge. Dengan menggunakan pola falling dan juga pola rising, dapat membantumu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakannya:

  • Menentukan waktu dalam membuka posisi serta limit order (nilai stop loss). Seberapa besar risiko yang berani kamu ambil? Menentukan risiko merupakan salah satu unsur yang penting dalam trading. Stop loss yang nilainya lebih besar maka akan memiliki peluang yang lebih kecil. Berlaku juga hal sebaliknya. Stop loss yang lebih kecil memiliki peluang yang lebih besar.
  • Sebelum membuka posisi trading, identifikasi pola dengan cara menunggu sampai terjadinya breakout pada grafik harga pasar. Jika harganya melewati garis tren atas dalam pergerakan tren turun, para ahli menyarankan trader untuk membeli aset. Sementara itu, apabila harga melewati garis tren bawah saat pergerakan tren naik, disarankan untuk menjual aset.
  • Walaupun sulit untuk diprediksi, tapi kamu bisa menetapkan target keuntungan. Perkirakan kira-kira seberapa besarkah keuntungan yang diperoleh dengan mengukur ketinggian wedge, ditambah titik breakout atau entry.

Baca juga: Pengertian Forex dan Trading

Contoh Pola Falling Wedge

(Phemex.com)

Contoh untuk pola falling wedge dapat dilihat dari harga Polkadot (DOT) ini. Seperti yang dilansir dari zipmex, pada tahun 2021, harga Polkadot (DOT) menunjukkan pola falling wedge. Pattern ini terbentuk dengan jelas bukan, Pins? Terlihat bahwa harganya merosot cukup drastis.

Dari sebelumnya yang berada di level $50, mengalami penurunan tajam hingga di bawah angka $11. Pergerakan ini terjadi sebelum breakout bullish kembali di atas $ 40.

Itulah pembahasan lengkap mengenai falling wedge. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pola falling wedge adalah pola yang penting untuk kamu ketahui. Pola ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan optimal, serta meminimalisir risiko ketika melakukan trading atau investasi. Nah, sekarang sudah siap untuk mencoba mengimplementasikannya dalam kegiatan trading yang kamu lakukan?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Tera Damai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia