Pinhome

Uncategorized

Faktor Pertimbangan Untuk Memilih Bangun Rumah Atau KPR

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa faktor untuk membantu Anda dalam menentukan apakah Anda akan Bangun Rumah Atau KPR. Tidak hanya itu saja, namun disini juga akan dibahas kelebihan serta keunggulan dari masing – masing aspek, baik itu bangun rumah sendiri atau KPR. Sehingga pada akhirnya Anda dapat menentukan sendiri apakah Anda harus mengambil KPR atau harus membangun rumah Anda sendiri.

Bangun Rumah Atau KPR (Mengambil KPR)

KPR merupakan sebuah proses pembangunan rumah yang melibatkan Anda, Developer dan juga Bank dimana pembangunan tersebut telah direncanakan oleh developer. Anda diharuskan untuk membayar kepada pihak Developer yang akan digunakan untuk membangun rumah dan dengan bantuan dana yang diperoleh dari pihak Bank.

bangun rumah atau KPR
bangun rumah atau KPR

Berikut ini adalah beberapa keuntungan mengambil KPR:

1. Fasilitas telah disiapkan

Anda akan disediakan dengan fasilitas yang baik seperti jalan yang rapi, tersedianya tempat pertokoan, keamanan lingkungan, tersedianya saluran pembuangan air.

2. Lingkungan yang baik.

Tetangga serta lingkungan tidak akan pernah terlepas ketika kita sudah mempunyai rumah. Pada umumnya KPR dijalankan oleh pihak developer pada wilayah yang bisa dikatakan strategis.

Kemudian apa saja perkiraan kerugian dari mengambil KPR, berikut adalah pembahasannya:

1. Kualitas rumah yang kurang baik

Dari beberapa tempat yang telah di survey, ada beberapa perumahan yang retak ataupu miring temboknya, lantai yang tidak rata dan lain sebagainya. Terkadang pembangungan rumahnya pun tidak sesuai dengan material yang telah tertulis. Contohnya saja seperti fondasi yang tidak semua diisi dengan batu kali.

2. Kredit yang lama sampai bertahun-tahun

Seperti yang kita ketahui bahwa KPR di indonesia membutuhkan jangka waktu yang lama. Ada yang mencapai 10 atau 15 tahun, bahkan ada juga yang mecapai 30 tahun. Bayangkan saja apabila  Anda dikenakan biaya dalam jangka waktu yang lama tersebut.

Bangun Rumah Atau KPR (Membuat Rumah Sendiri)

Sebagian besar orang tentu memiliki harapan untuk dapat membangun rumah sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Akan ada kepuasan tersendiri ketika menjalani proses dari pembangunan rumah dan ketika mendapatkan hasil rumah yang indah.

Sebelumnya sudah dijelaskan beberapa keuntungan dan juga kerugian mengambil KPR.

Sekarang mari kita bahas keuntungan dari membuat rumah sendiri:

1. Kualitas rumah sesuai keinginan kita

Dengan membuat rumah Anda sendiri, Anda dapat mrencanakan bentuk serta kualitas rumah yang Anda bangun berdasarkan keinginan Anda. Anda dapat menentukan sendiri bentuk ruangan, atap dan kamar mandi.

2. Tidak diberatkan oleh biaya yang berkepanjangan

Membuat rumah sendiri hanya memerlukan dana sekali pengeluaran saja. Hal ini tentu berbeda dengan KPR dimana tiap bulan Anda harus membayar dalam jangka waktu yang cukup lama pula. Disamping itu, Anda akan memperoleh banyak  pengalaman serta rasa bangga ketika Anda membangun rumah Anda sendiri

Dimana ada kelebihan, tentu juga akan ada kekurangan. Berikut ini adalah beberapa beberapa kerugian dari membuat rumah sendiri :

1. Membutuhkan dana yang cukup banyak

Membuat rumah sendiri tentu akan membutuhkan dana yang cukup banyak dalam sekali waktu. Dana-dana tersebut digunakan untuk pembelian material seperti halnya batu bata, semen, genteng, besi, krikil,  dan lain sebagainya

2. Sulit mencari tanah untuk rumah

Tanah sebagai tempat untuk membangun rumah akan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Anda harus mendapatkan tempat yang baik dan strategis untuk itu dan ini mungkin akan menjadi pekerjaan yang cukup sulit.

Semoga beberapa penjelasan diatas dapat Anda jadikan panduan untuk menentukan ide Bangun Rumah Atau KPR.

Tags :

Bagikan Artikel