Facebook mengumpulkan $ 16 miliar dalam IPO teknologi terbesar dalam sejarah AS

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 22, 2021 ∙ 2 menit membaca

Sejarah hari ini – Facebook, jaringan sosial terbesar di dunia, mengadakan penawaran umum perdana (IPO) dan mengumpulkan $ 16 miliar. Itu adalah IPO teknologi terbesar dalam sejarah Amerika hingga saat itu, dan IPO terbesar ketiga yang pernah ada di Amerika Serikat, setelah Visa dan General Motors. Pada saat go public, Facebook bernilai $ 104 miliar dan memiliki sekitar 900 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia.

Facebook didirikan sebagai TheFacebook pada Februari 2004 oleh mahasiswa tingkat dua Universitas Harvard Mark Zuckerberg dan rekan sekelas Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz. Situs ini awalnya hanya untuk mahasiswa di Harvard; Namun, segera dibuka untuk universitas lain.

Pada Juni 2004, Zuckerberg memindahkan Facebook ke Palo Alto, California, dan pada akhir tahun beberapa pengusaha Silicon Valley telah berinvestasi dalam bisnis ini dan memiliki hampir satu juta pengguna terdaftar. Pada tahun 2005, Facebook (secara resmi dikenal pada tahun itu ketika “the” dihapus dari namanya) menyebar ke sekolah-sekolah menengah Amerika dan sekolah-sekolah asing, dan tahun berikutnya, siapa pun yang berusia setidaknya 13 tahun diizinkan untuk mendaftar. (Facebook selalu bebas untuk bergabung; pada saat IPO-nya, sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari iklan.)

Karena basis pengguna situs tumbuh pesat dan fungsinya berkembang (“umpan berita” ditambahkan pada tahun 2006 dan fitur “suka” pada tahun 2009), Facebook membantu mengubah cara orang berkomunikasi dan berbagi informasi.

Selama pemilihan presiden AS 2008, Barack Obama menggunakan Facebook untuk membangun pengikut, terutama di antara pemilih muda, daerah pemilihan yang membantunya memenangkan Gedung Putih.

Selain itu, selama pemberontakan politik di Timur Tengah yang dimulai pada akhir 2010 dan kemudian disebut Musim Semi Arab, para aktivis menggunakan Facebook (dan alat media sosial lainnya, terutama Twitter) untuk berbagi foto dan video kekejaman yang dilakukan pemerintah mereka terhadap warga, dan juga untuk mengatur acara protes.

Pada tahun 2010, The Social Network, sebuah film tentang berdirinya Facebook, memulai debutnya. Film, yang memperoleh delapan nominasi Academy Award, mencatat gugatan tahun 2004 yang diajukan oleh Cameron dan Tyler Winklevoss dan Divya Narendra, mahasiswa Harvard sekaligus Zuckerberg, yang mengklaim ia mencuri ide asli Facebook dari mereka. Facebook membantah, dan pada 2008, Winklevosses dan Narendra menyetujui penyelesaian $ 65 juta dari perusahaan.

Facebook menjadikan Dobbs Ferry, New York, penduduk asli Zuckerberg, putra seorang dokter gigi, seorang miliarder. Pada saat IPO perusahaan yang sangat dinantikan pada 18 Mei 2012, kekayaan Zuckerberg sekitar $ 19 miliar.

Namun, terlepas dari semua keriuhan seputar IPO Facebook, sahamnya ditutup pada hari pertama perdagangan pada $ 38,23, hanya sedikit di atas harga IPO $ 38, yang oleh banyak investor dianggap sebagai kinerja yang mengecewakan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia