Pentingnya Etika dalam Kehidupan

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ September 8, 2022 ∙ 3 menit membaca

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dan kehidupannya selalu bersinggungan dengan manusia lain. Setiap individu memiliki sifat dan kebiasaan berbeda. Oleh sebab itu, seseorang harus pandai menempatkan diri dalam kehidupan sosial agar tidak menyakiti dan merugikan orang lain. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya etika dalam kehidupan.

Manusia tentu bukan hidup untuk mencari musuh. Setiap orang hidup dengan tujuan yang sama, perdamaian dan persaudaraan. Etika merupakan seperangkat aturan yang berfungsi untuk mengatur dan mengajari seseorang dalam bersikap. Etika akan membimbing manusia untuk berlaku sopan dan pantas pada setiap orang.

etika kehidupan

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

Belajar dari Lingkungan

Sebenarnya, etika tidak perlu diajarkan secara khusus dan tersendiri. Etika akan terbentuk dan dipelajari sendiri dalam lingkungan keluarga, sekolah, pengajian, dan masyarakat umum. Namun, hal itu tentu bukan jaminan bagi seseorang untuk menerima berbagai pelajaran positif yang berkenaan dengan etika.

Seseorang yang hidup dan dibesarkan di lingkungan “tidak baik” akan tumbuh menjadi sosok kurang beretika. Orang tersebut akan berlaku bebas sesuai keinginannya tanpa memperhatikan perasaan orang lain. Ia hanya berpikir bahwa apa yang dilakukan haruslah berdampak baik baginya meskipun tidak baik bagi orang lain.

Inti dari semua pelajaran mengenai etika adalah bagaimana diri kita mampu menghargai orang lain, bukan hanya memikirkan diri sendiri. Persoalan etika merupakan salah satu masalah sensitif. Etika akan menuntun seseorang untuk hidup semestinya dengan cara yang dibenarkan oleh semua orang.

Baca juga: Etika Sosial Dalam Masyarakat

Manfaat Belajar Etika

Belajar etika memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  • Etika membuat seseorang lebih menghargai individu lain karena timbulnya pemikiran “bagaimana jika aku menjadi dia”. Meskipun tampak kuno, memposisikan diri sebagai orang lain akan membuat seseorang mampu memperkirakan tindakan yang akan dilakukan individu lain ketika mengalami kejadian tertentu. Misalnya, jika Anda memukul teman atau merebut pacar teman.
  • Etika akan membuat seseorang menyadari pentingnya kehidupan. Bayangkan saja jika Anda menjadi sosok yang dibenci orang lain. Ingat, segala sesuatu yang hidup di dunia ini tidak akan lepas dari diri Anda. Anda akan menjadi orang paling menderita dan kesepian jika tidak mampu membawa diri. Dengan etika, Anda akan lebih menghargai betapa pentingnya segala hal di sekitar Anda.
  • Etika mengajari seseorang untuk sadar dalam bertindak. Dengan kesadaran itu, seseorang akan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan serta menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan.
  • Etika membuat seseorang mendahulukan hal yang lebih penting. Dalam hal ini, etika berkaitan erat dengan hati nurani. Misalnya, Anda melihat seseorang tertabrak mobil, sementara saat itu sudah tiba waktu makan siang. Dari dua kepentingan tersebut, mana yang akan Anda lakukan lebih dulu? Belajar etika akan membuat Anda menolong korban tabrakan dibanding mengedepankan urusan perut.

Sekali lagi, etika merupakan hal paling vital dalam kehidupan. Dengan etika, seseorang bisa mawas diri dan berlaku sesuai aturan.

Baca juga: Etika Sopan Santun dalam Kehidupan Sosial

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 11 Perbedaan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max yang Wajib Dipahami

Jajaran seri iPhone 11 saat ini masih memiliki penggemar. Bila enggan untuk membeli base model-nya,

Berita Pinhome
Berita Pinhome Kehadiran CMO Baru, Pinhome Makin Optimis Garap Property Tech di Indonesia

Pinhome, pionir property technology Indonesia mengumumkan penunjukan Fibriyani Elastria sebagai Chi

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Crypto Terbaik Yang Patut Dicoba

Menawarkan keuntungan besar, itu membuat berbagai kelompok usaha atau berdagang dengan aplikasi cry

Edukasi
Edukasi 6 Rumah Adat Suku Dayak Kalimantan

Ada banyak sekali rumah adat di Indonesia, masing-masing memiliki model dan daya tarik yang berbeda

Lifestyle
Lifestyle 11 Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital Terbaik

Hidup di era teknologi saat ini membuat segalanya terasa mudah, termasuk dalam hal finansial. Pins

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia