Menilik Lagi Elang Sulawesi yang Semakin Langka

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 23 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Elang Sulawesi – Elang Sulawesi merupakan salah satu jenis burung pemangsa di Indonesia. Sama halnya dengan jenis alap-alap dan jenis burung hantu dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus. 

Burung yang memiliki nama Nisaetus lanceolatus atau Sulawesi Hawk-eagle dalam bahasa inggris ini, juga termasuk salah satu jenis burung Endemik Indonesia.

Seperti namanya, Elang Sulawesi ini terdistribusi di hutan hujan Sulawesi dan pulau-pulau lainnya antara lain, Muna, Buton, Kepulauan Sula dan kepulauan banggai.

Sayangnya, saat ini keberadaan Elang Sulawesi hampir terancam punah. Hal ini disebabkan karena banyaknya para pemburu yang memperjualbelikan burung pemangsa ini, atau bahkan untuk peliharaan pribadi.

Pada artikel ini, kami akan menilik kembali tentang Elang Sulawesi yang semakin langka, mulai dari sejarah Elang Sulawesi, ciri-ciri Elang Sulawesi, makanan Elang Sulawesi hingga harganya.

Sejarah Elang Sulawesi

Secara tradisional, Elang ini dikelompokkan ke dalam genus Spizaetus, tetapi studi molekuler baru-baru ini oleh Helbig et al. (2005) menunjukkan bahwa spesies Elang Asia mewakili garis keturunan yang berbeda dari spesies Elang Dunia Baru dan karenanya harus dikelompokkan ke genus baru yang tersedia nama Nisaetus Hodgson 1836.

Kesimpulan yang sama dicapai secara independen oleh Lerner dan Mindell (2005), yang juga menemukan bahwa N. cirrhatus dan N. lanceolatus adalah spesies saudara, berdasarkan pada urutan molekuler dari satu gen nuklir dan dua mitokondria.

Gamauf et al. (2005b) dan Haring et al. (2007) juga menegaskan bahwa spesies Spizaetus Asia (Nisaetus) adalah monofiletik dan didistribusikan dalam dua sub-clades, yang salah satunya terdiri dari N. cirrhatus, N. philippensis, N. pinskeri, dan N. lanceolatus.

Ciri-ciri Elang Sulawesi

burung elang sulawesi

Spesies burung Elang ini termsuk jenis Elang berukuran sedang dengang panjang tubuh sekitar 56 sampai 64 cm dengan rentang sayap sekitar 110 sampai 135 cm.

Elang Sulawesi dewasa memiliki bulu-bulu coklat tua, dan bulu-bulu di kepala, sayap-sayap coklat gelap dan putih-hitam di bawahnya. Yang muda memiliki kepala putih dan bagian bawah

Pesebaran Elang sulawesi

Sebagai endemik Indonesia, Elang ini didistribusikan di hutan hujan Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya seperti Muna, Butung, Taman Nasional Dumago-Bone National Park, Banggai , dan Sula.

Baca juga : Elang Flores, Flores Hawk-eagle (Nisaetus Floris)

Habitat dan Kebiasaan Elang Sulawesi

Mendiami hutan primer dan hutan sekunder tua yang berbatasan dengan daerah terbuka pada ketinggian 250-2000 m. Bertengger di dahan yang tersembunyi menunggu mangsa, kemudian menukik cepat untuk menyerang mangsa. Lebih suka berburu di padang rumput terbuka sekitar hutan.

Makananan Elang Sulawesi

Mengingat bahwa Elang Sulawesi juga termasuk dari jenis burung pemangsa. Makanan utama Elang Sulawesi ini terdiri dari burung, kadal, ular, dan mamalia. Hampir sama halnya dengan burung pemangsa lain seperti, Burung Hantu, dan sebagainya.

Populasi Elang Sulawesi

Seperti semua Elang hutan di Asia Tenggara, jenis elang ini menderita kehilangan habitat di banyak daerah, dan sering ditembak oleh petani karena memangsa ayam dan hewan peliharaan serta perburuan liar untuk dijual belikan secara ilegal sehingga elang ini rentan kepunahan.

Musim Kawin Elang Sulawesi

Sedikit informasi tentang sarang Elang ini, satu sarang ada di ketinggian sekitar 20 m di atas permukaan tanah yang berukuran besar (Ferguson-Lees dan Christie 2001).

Anakan Elang, baru-baru ini telah dilaporkan pada bulan Agustus, sehingga ada kesimpulan bahwa spesies elang ini berkembang biak dari Mei hingga Agustus. Ukuran kopling mungkin 1 telur. Masa inkubasi dan nestling tidak direkam.

Harga Elang Sulawesi

Sedangkan untuk harga Elang, kamu bisa cek di daftar harga elang terbaru. Namun yang perlu diperhatikan bahwa spesies burung ini termasuk salah satu jenis burung yang dilindungi Indonesia.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia