Elang ekor panjang, Long-tailed Honey-buzzard (Henicopernis Longicauda)

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ March 4, 2022 ∙ 4 menit membaca

Elang ekor panjang merupakan salah satu jenis elang dari keluarga Accipitridae dan Genus Henicopernis yang dapat dijumpai di Indonesia. Elang ekor panjang tergolong burung endemik indonesia, kususnya Pulau Papua.

Pinhome – Elang yang memiliki nama ilmiah Henicopernis longicauda atau Long-tailed Honey-buzzard dalam bahasa inggris dapat dijumpai di daratan papua di hutan dan ditepi hutan.

Baca Juga:

Ciri-ciri ekor panjang, Long-tailed Honey-buzzard (Henicopernis Longicauda)

elang ekor panjang
(Kibridspdr.org)

Elang ekor panjang tergolong ke jenis burung pemangsa berukukan sedang dengan panjang tubuh dari ujung paruh sampai ujung ekor sekitar 50 sampai 61 cm. Berat tubuh elang jantan sekitar 447 630 gram dan elang betina sekitar 570 sampai 730 gran dengan rentang sayap sekitar 105 sampai 140 cm.

Dibagian ekor dengan tiga palang hitam yang jelas. Perhatikan bayangannya yang khas ketika melambung tinggi di atas hutan: kepala kecil, ekor bundar panjang, dan sayap bundar panjang ke arah depan. Perhatikan sayap yang berpalanga sangat banyak; coret halus di dada dan sisi tubuh. Jika dari dekat, iris kuning dan coret putih di muka, mahkota, dan pipi. Iris kuning, paruh hitam dengan sera abu-abu, tarsus telanjang, kaki abu-abu.

Baca Juga:

Penyebaran dan Jenis elang ekor panjang:

Di seluruh Papua, kelompok pulau Papua Barat, P. Aru, dan P. Yapen, dari ketinggian permukaan laut sampai 3000 m. Rand dan Gilliard (1967) mengakui tiga subspesies, didistribusikan sebagai berikut:

  • H. l. longicauda (Garnot): Salawati, Batanta, dan seluruh New Guinea,
  • H.l. fraterculus (Stresemann dan Paludan): Pulau Japen, dan
  • H. l. minimus (Junge): Pulau Aru, Pulau Misol, Waigeu, dan Biak.

Mereka mencatat bahwa fraterculus diragukan berbeda dari mencalonkan longicauda, ​​tetapi pengobatan ini diikuti oleh Stresemann dan Amadon (1979). Namun, perbedaan yang dianggap berasal dari populasi ini sekarang dinilai untuk mencerminkan variasi klise, dengan burung yang lebih kecil di dataran rendah pesisir dan lebih besar di dataran tinggi (Debus 1994), dan otoritas baru-baru ini telah memperlakukan spesies sebagai monotypic.

Habitat Elang ekor panjang

Sering kali ditemukan di hutan dan di tepi hutan dan mencari makan di atas kanopi dan hutan tingkat menengah (Beehler 1978, Coates 1985). Rand dan Gilliard (1967) berpikir bahwa kanopi hutan adalah habitat “normal” dari spesies ini, dan biasanya terlihat melonjak di atas kanopi pada ketinggian sedang. Itu terjadi secara tunggal, berpasangan, atau bertiga (Diamond 1972)

Gilliard melihat seseorang terbang perlahan melewati ngarai berdinding curam, bermanuver seperti seekor harrier ke dalam 2-3 ft (<1 m) dari tanah di atas tempat tidur ubi jalar yang ditata dengan tajam (Mayr dan Gilliard 1954).

Diamond (1972) melihatnya secara teratur di Dataran Tinggi Timur di atas area yang ditebangi dan hutan, biasanya melonjak tanpa mengepak, tetapi kadang-kadang bergantian melonjak dan mengepak. Sekitar setengah dari pengamatannya adalah pasangan atau kelompok tiga burung.

Beehler dkk. (1986) menganggapnya sebagai belukar hutan dan hutan yang paling umum, sering terlihat menjulang tinggi secara tunggal, atau berpasangan, tinggi di atas bukit atau hutan pegunungan.

Baca Juga:

Makanan Elang ekor panjang

(Wikimedia)

Makanan yang sering di mangsa dapat berupa serangga, termasuk tawon dan larva, semut, dan belalang, dan juga pada kadal pohon, burung, dan telur burung (Coates 1985, Beehler et al. 1986). Terkadang terlihat melayang rendah di atas kanopi saat berburu; berburu selama siang hari dan juga pada senja (Coates op cit.). Ketika berburu di dalam hutan, ia bergerak dari hinggap ke hinggap, bertengger di dekat batang dan mengintip, mencari mangsa (Coates op cit.).

Di Mt. Albert, Edward, Bell (1971) biasanya melihat spesies ini menjajakan serangga yang rendah di atas hutan, tetapi pada satu kesempatan, dia mengamati seekor burung terbang ke padang rumput, mengambil barang mangsa, dan kembali ke hutan. Thomas Gilliard juga melihat satu terbang rendah (ca. 1 m) gaya harrier di atas lahan pertanian di lereng yang curam (Mayr dan Gilliard 1954).

Baca Juga:

Featured Image Source: Correcto.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia